Cari

Strategi Capai Skor IELTS Tinggi Agar Lolos Beasiswa


Membuktikan nilai bahasa Inggris yang tinggi bukanlah perkara mudah. Banyak peserta beasiswa urung mengikuti kompetisi disebabkan nilai bahasa Inggris mereka masih kurang dari standar. Bahkan, impian-impian untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri lebih sering dikubur dalam-dalam karena momok ujian bahasa Inggris yang begitu mengerikan. Padahal impian ke luar negeri bisa terwujud apabila segalanya dipersiapkan jauh-jauh hari dengan strategi yang tepat.


Sederhananya begini, apabila pada syarat beasiswa tertentu menentukan syarat minimal TOEFL adalah 550, maka bijaknya kita harus memiliki nilai setidaknya 600 untuk bisa merasa aman. Bisa dibayangkan berapa banyak jumlah peserta yang bertaruh pada beasiswa tersebut, dengan begitu kamu akan membuka peluang lebih besar untuk lolos mendapat beasiswa yang kamu idamkan. Tentu saja segalanya butuh persiapan yang tidak mudah, kamu bisa memulai dengan meninggalkan metode menghafal dan mengingat kosakata dengan mati-matian, dan menggantinya dengan metode berbeda, di antaranya adalah:


1. Rekam suara saat berbicara Bahasa Inggris


Orang-orang yang tinggal di negara berbahasa Inggris tentu sudah bisa berkomunikasi menggunakan bahasa Inggris sejak kecil, sama halnya dengan orang Indonesia yang fasih berbahasa Indonesia. Namun, perlu digarisbawahi bahwa bahasa sehari-hari tentu tidak memenuhi standar kaidah yang benar. Untuk itu, hal perlu kamu lakukan adalah dengan merekam suaramu saat berbicara bahasa Inggris setiap hari, jadikan itu kebiasaan yang berulang hingga akhirnya kamu tidak sadar kalau kemampuan speaking-mu membaik dan kamu berbicara secara jelas.



2. Dengarkan Lagu berbahasa Inggris


Apabila kamu tipe orang yang tidak suka mendengarkan materi listening, alangkah baiknya kamu mencari cara yang lebih asyik yaitu dengan mendengarkan lagu berbahasa Inggris yang kamu sukai, kamu bisa menganalisis grammar, noun phrase, dan verb dari lagu tersebut yang juga akan menambah kumpulan listening-mu.




3. Lakukan Tanya Jawab Sendiri


Kamu perlu bertindak seolah-olah kamu sedang ditanyai suatu pertanyaan, maka pada saat itu juga harus menjawabnya dalam bahasa Inggris. Kamu bisa menjawab dengan story telling, atau bisa minta bantuan teman untuk bertanya hal-hal mendadak padamu, dan kamu harus segera menjawabnya. Latihan jenis ini akan membantu mengurangi kata ”ee..“ dalam speaking.




4. Analisis Artikel Panjang


Perbanyak membaca artikel panjang dijamin ampuh menambah kosakatamu, karena tentu saja di dalamnya banyak sekali verb, dan kata sambung yang mungkin saja baru kamu temui. Targetkanlah kamu bisa menganalisis 1 artikel perharinya, lalu nantinya kamu bisa melatih diri untuk mengartikan dan memahami isi teks tanpa bantuan kamus. Kamu bisa memulai dari artikel The Jakarta Post karena bahasanya pun mudah dipahami.




Nah, metode sederhana ini bisa kamu gunakan untuk melatih skor EILTS-mu agar lebih baik dan mendapat nilai tinggi. Percayakan diri dan terus berlatih ya....

6 tampilan0 komentar

Follow media sosial kami

  • Kukche Languages
  • @kukchelanguages
  • Kukche Languages

Informasi Beasiswa:

  • Beasiswa_MEXT
  • Beasiswa_KGSP

Kukche Mitra Sukses CV.

Jl. Jend. A.Yani No.124 Kelurahan Tanah Sereal, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor 16151 Indonesia

Telp. 0251-8574880

©2021 Kukche Languages. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.