Cari

Standar Kecantikan Wanita Jepang


Sumber gambar: soompi.com


Memiliki wajah dan rupa yang cantik merupakan impian semua wanita. Bagaimana sih seseorang wanita bisa dikatakan cantik? Tentu saja jika memenuhi standar kecantikan, seorang wanita bisa dikatakan cantik. Setiap negara memiliki standar kecantikannya masing-masing. Misalnya di Indonesia, seorang wanita dikatakan cantik jika memiliki kulit mulus tanpa ada cacat. Nilai bonus jika warnanya cerah.


Sama seperti di Indonesia, ternyata kriteria wanita Jepang yang cantik adalah seseorang dengan kulit tanpa cacat dan wajah yang terlihat cantik dan manis. Hal ini berakar dari standar “Yamato Nadeshiko” maupun geisha Jepang yang menjadi standar kecantikan Jepang sejak dulu. Standar kecantikan Jepang lebih condong ke arah keindahan secara sederhana dan alami juga mengikuti standar tertentu, dimana wanita harus langsing dan mungil, kelopak mata ganda, kaki panjang, dan kepribadian yang tenang dan penurut.


Tak hanya itu, kulit putih telah lama dikaitkan dengan kecantikan di Jepang, sesuai dengan pepatah lama yang mengatakan, "kulit yang cerah menyembunyikan tujuh kekurangan". Meskipun "standar" tersebut terus berubah seiring waktu dan mungkin sebagian besar diabaikan oleh generasi jaman sekarang karena perubahan zaman.


Cantik Alami

Sumber gambar: cewekbanget.grid.id


Kecantikan alami yang sederhana dan natural adalah ciri khas standar kecantikan Jepang modern. Berbeda dengan industri kecantikan di negara lain, industri kecantikan Jepang pun lebih berfokus pada perawatan kesehatan dan kulit secara alami. Mereka percaya bahwa metode alami dan rutinitas yang dilakukan sejak dini akan mencegah terjadinya penuaan dan kerusakan pada wajah dan tubuh mereka di kemudian hari.


Oleh sebab itu mereka pun memilih untuk merawat wajah dan tubuh mereka seperti rutin mencuci muka mereka dengan air beras maupun minum secara rutin teh hijau yang kaya dengan antioksidan yang berguna bagi kulit mereka, beberapa wanita Jepang pun juga mendinginkan teh dan mengaplikasikannya sebagai toner.

Alternatif alami ini dapat memberikan kulit yang bersih bercahaya, sekaligus memperkecil pori-pori. Demi menjaga kulit mereka agar tetap terang, biasanya orang Jepang menghindari berjemur terlalu lama untuk menghindari kulit mereka menjadi gekap. Bahkan, mereka tidak sungkan untuk latihan pakai baju lengan panjang serta payung walaupun sedang musim panas, tujuannya agar terhindar dari sinar matahari.


Pengaruh Standar Kecantikan Bagi Anak Muda Jepang

Sumber gambar: tsunagujapan.com


Standar kecantikan di Jepang sekarang ini pun semakin kompleks, hal ini dipengaruhi oleh media sosial dan masa yang selalu menampilkan artis terkenal terutama wanita dengan kriteria wajah cantik dan proporsi bentuk badan yang langsing dan mungil.


Hal ini membuat banyak anak muda terutama wanita tertekan karena harus tampil prima dan menarik agar diterima di masyarakat. Sikap negatif ini juga mendorong banyak wanita untuk melakukan bedah kosmetik demi mendapatkan bentuk ideal. Hal ini mengakibatkan banyak wanita merasa tidak percaya diri, dengan penampilan tubuh mereka yang belum sempurna. Padahal kecantikan itu tidak hanya berasal dari luar saja, melainkan dari dalam, dan kedua hal ini harus seimbang agar kita tidak terjebak dengan perasaan tertekan karena tidak dapat memenuhi standar kecantikan yang ada.


Walaupun ada yang namanya “standar kecantikan”, tetapi kamu tidak perlu khawatir untuk mengikuti standar tersebut. Kenapa? Karena kamu sudah cantik apa adanya. Lihatlah ke cermin dan katakan bahwa dirimu cantik, maka kamu tidak perlu mengikuti standar kecantikan yang ada di sekelilingmu.


Follow media sosial kami

  • Kukche Languages
  • @kukchelanguages
  • Kukche Languages

Informasi Beasiswa:

  • Beasiswa_MEXT
  • Beasiswa_KGSP

Kukche Mitra Sukses CV.

Jl. Jend. A.Yani No.124 Kelurahan Tanah Sereal, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor 16151 Indonesia

Telp. 0251-8574880

©2021 Kukche Languages. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.