Cari

Rekomendasi Restoran Halal di Tokyo


Seorang muslim harus mengonsumsi makanan yang halal. Salah satu hal yang membuat seorang muslim ragu untuk pergi atau tinggal di luar negeri adalah apakah negara tersebut memiliki makanan halal, apalagi untuk negara yang penduduknya kebanyakan bukan muslim.


Namun, tenang saja! Karena Jepang memiliki turis dari berbagai negara, ras, maupun agama, Jepang sudah mulai membuat fasilitas-fasilitas yang ramah bagi muslim supaya para muslim bisa tetap nyaman berada di Jepang.


Tokyo adalah salah satu kota di Jepang yang sudah memiliki banyak fasilitas ramah bagi muslim, seperti restorannya. Restoran di Jepang sudah banyak menyediakan makanan halal yang bisa dimakan oleh para muslim.


Kira-kira restoran apa saja ya yang menyediakan makanan halal di Tokyo? Langsung saja scroll terus artikel Kukche Languages ini!


Curry House CoCo Ichibanya

Sumber gambar: happycow.net


Restoran ini merupakan Jaringan restoran kari Coco Ichibanya yang sudah mengantongi banyak cabang terutama di Indonesia, mereka pun juga menginjak membuka gerai halal perdana di Jepang. sebagai upaya mencapai pasar yang kian berkembang, CoCo Ichi buka cabang eksklusif halal di Tokyo mulai 25 September. Karena restoran CoCo Ichi ini bersertifikat halal jadi makanan, bumbu sampai perlengkapan sudah sesuai aturan Islam.


Selain bergerak membuktikannya dengan tidak ada alkohol dan babi dalam olahannya, mereka juga memisahkan bahan memasak maupun peralatan makan antara untuk konsumen muslim maupun bukan. Seperti konsep CoCo Ichi pada umumnya, konsumen bisa memilih kari Jepang sesuai keinginan. Dalam menu terdapat 9 macam kari berbeda. Lalu terdapat preferensi ukuran nasi, tingkat kepedasan dan topping. Diantara menunya terdapat Chicken Keema Curry dengan topping Chicken Cutlet.


Adapun outlet yang mendapatkan label halal yaitu outlet Akihabara dan Shinjuku. Outlet di Akihabara buka pada September 2017 lalu, sementara outlet Shinjuku baru saja dibuka ambang tahun 2018.Keduanya memercayai sertifikasi dari Nippon Asia Halal Association (NAHA).

  • Outlet Akihabara:

Kontak: +81 3-6260-8667

Jam operasional: 11.00 s.d 22.00 setiap hari

Alamat: 1 chome-6, 1F Kanda Matsunagacho, Chiyoda-ku, Tokyo 101-0023

  • Outlet Shinjuku:

Kontak: +81 3-6457-3782

Jam operasional: 11.00 s.d 22.30 setiap hari

Alamat: Kabukicho Shotengai Shinkou Kumiai Building B1, 1 Chome-19-3 Kabukicho, Shinjuku-ku, Tokyo 160-0021


Honolu Ebisu

Sumber gambar: japanect.com


Jika sedang berkunjung ke Shibuya, jangan lupa untuk mencicipi aneka ramen ayam di Honolu Ebisu, karena akan menggugah selera makan. Honolu Ramen juga sangat populer di kalangan wisatawan Muslim karena kualitas yang halal. Lokasinya yang strategis juga menjadi salah satu alasan mengapa banyak wisatawan mengunjungi Honolu, dimana kita bisa mencoba ramen ayam manis dan pedas dengan kecap atau ayam goreng. Kuahnya yang kental akan membuat pelanggan ketagihan. Selain ramen, kamu juga bisa memesan jajanan lezat seperti gyoza dan takoyaki. Honolu juga menyediakan ruang sholat bagi yang ingin beribadah.


Kontak: +81 3-5734-1667

Jam operasional:

Makan siang – 11.30 s.d 14.30 setiap hari

Makan malam – 17.00 s.d 22.00 setiap hari

Alamat: 1 Chome-23-1 Shibuya, Ebisuminami, Tokyo 150-0022, Jepang


Shinjuku Gyoen Ramen Ouka

Sumber gambar: favy-jp.com


Restoran ini menyajikan ramen yang tidak biasa dan menarik karena dilengkapi dengan semangkuk nasi yang bisa disantap dengan kuah ramen. Porsinya besar dan bisa dipasangkan dengan ayam panggang dan yakitori Jepang. Untuk memuaskan cita rasa ramen ini secara maksimal, silahkan datang ke restoran dalam keadaan lapar. Namun, jika tidak terlalu lapar, kamu juga bisa memilih porsi yang lebih kecil. Untuk mencapai Shinjuku Gyoen Ramen Ouka, kita bisa berjalan kaki selama 8 menit dari Stasiun Shinjuku yang terhubung dengan berbagai rute kereta. Apalagi pemiliknya beragama Islam, jadi jaminan kualitas ramennya halal.


Kontak: +81 3-5925-8426

Jam operasional:

Senin sampai Kamis – 14.00 s.d 22.00

Jumat – 18.00 s.d 22.00

Sabtu, Minggu, dan Hari Libur Nasional – 13.00 s.d 22.00

Alamat: 1 Chome-11-7 Shinjuku, Tokyo 160-0022, Jepang


Gyumon

Sumber gambar: tripadvisor.com


Gyumon adalah restoran yakiniku halal otentik yang terletak di Shibuya. Memesannya mudah, kita bisa memilih daging yang kita inginkan, dan pelayan akan mengantarkannya ke meja. Daging yang disajikan hanya direndam dengan sedikit merica dan garam, sehingga kamu tetap bisa menikmati kelembutan dan rasa asli dari daging tersebut. Selain itu, di sini kita bisa menikmati nikmatnya makan sambil di panggang di atas bara api yang pastinya akan lebih menunjang cita rasa daging. Jangan lupa untuk mencoba tenderloinnya, karena rasanya yang enak dan juga ada pilihan ayamnya disini. Jangan lupa untuk memesan lewat telepon, agar kamu terhindar dari antrian panjang karena restoran ini tidak punya banyak tempat.


Kontak: +81 03-5469-2911

Jam operasional:

Senin sampai Sabtu – 12.00 s.d 04.00

Minggu – 12.00 s.d 00.00

Alamat: 3 Chome-14-5 Shibuya, Tokyo 150-0002, Jepang

Petunjuk arah: Keluar melalui pintu selatan stasiun Shibuya lalu berjalan sekitar 8 menit ke arah seberang jembatan layang.


Gyu-Kaku

Sumber gambar: zomato.com


Gyu-Kaku adalah salah satu restoran yakiniku terpopuler di Jepang, dengan cabang di Jepang dan negara lain termasuk Indonesia. Cabang Akasaka yang dibuka pada 17 April 2017 dan merupakan cabang Gyu-Kaku pertama yang menyediakan versi halal. Gyu-Kaku menawarkan paket hidangan ramah Muslim seharga US $ 41, sedangkan paket yang lebih mewah adalah hidangan Wagyu ramah Muslim (termasuk daging sapi, ayam, dan seafood). Kedua paket tersebut menawarkan berbagai pilihan sayuran dan daging, dan yang terpenting, keduanya tidak terkontaminasi atau dibuat oleh bahan babi atau alkohol!


Semua peralatan makan dan peralatan masak disiapkan secara khusus untuk membuat hidangan yang sesuai bagi umat Islam dan telah disertifikasi sebagai makanan halal oleh Islamic Center of Japan. Bahkan wadah saus dan minuman pun sudah bersertifikat halal. Untuk menjaga prinsip halal ini, semua piring, cangkir, dan peralatan masak yang digunakan untuk makanan halal harus dicuci dengan tangan secara terpisah dari peralatan makan yang digunakan oleh Gyu-Kaku untuk hidangan non-halal. Hidangan ramah Muslim ini hanya tersedia di cabang Akasaka. Jangan lupa untuk memesan setidaknya tiga hari sebelum datang. Bisa memesan melalui telepon, lho!


Kontak: +81 03-5545-5029

Jam operasional: Setiap hari mulai jam 11.30 s.d 03.00

Alamat: Akasaka 3 Chome-12-11, Central Akasaka Building 2nd Floor, Minato-ku, Tokyo 107-0052, Jepang.


Sekai Cafe

Sumber gambar: japantravel.com


Sekai Cafe merupakan restoran dengan harapan yaitu “melayani makanan untuk semua orang yang memiliki batasan makanan terkait agamanya ataupun alergi”. Selain itu “Sekai” yang dalam bahasa Jepang berarti “dunia” dalam bahasa Jepang.


Cafe nyaman yang terletak di Asakusa ini menyajikan berbagai makanan yang bisa dinikmati umat Muslim, vegetarian, orang dengan alergi karena mereka memiliki sertifikat halal dan juga vegetarian. Jika mengecek menunya, kamu akan melihat bagaimana kafe ini berbeda dari kafe lain. Terdapat tanda V menunjukkan bahwa makanan tersebut vegan dan tidak termasuk daging, ikan, susu, atau produk hewani lainnya.


Selain itu, semua makanan bersertifikat halal, tidak menggunakan produk yang mengandung babi atau perasa buatan, seperti MSG. Mereka menyediakan minuman beralkohol, tetapi hanya gelas terpisah, peralatan dapur, dan perlengkapan pembersih untuk penggunaan alkohol dan non-alkohol. Salah satu menu favorit di sini adalah daging domba dan pizza sayur yang laris manis. Selain itu, jika sedang mencari oleh-oleh, Kafe Sekai juga menawarkan berbagai oleh-oleh yang bisa dibeli wisatawan. Kafe ini juga menyediakan tempat sholat bagi umat Islam yang ingin beribadah.


Kontak: +81 3-6802-7300

Jam operasional:

Minggu sampai Kamis – 9.30 s.d 20.00

Jumat, Sabtu, dan malam sebelum hari libur nasional – 9.30 s.d 22.00

Tutup di setiap hari Rabu kedua setiap bulannya.

Alamat: 1 Chome-18-8 Asakusa, Taito, Tokyo 111-0032, Jepang

Petunjuk arah: Jika kamu menuju Sekai Café dari Senso-ji, berjalanlah sekitar 50 meter di Nakamise Street dari arah Kaminarimon, lalu belok kiri. Di situ kamu bisa menemukan tanda Sekai Café yang berwarna biru-hijau.


Itulah beberapa restoran di Tokyo yang menyediakan makanan halal. Kamu mau coba pergi ke restoran yang mana nih? Tulis di komentar, ya!

Mau tahu informasi lainnya tentang Jepang maupun negara lainnya? Kepoin aja web www.kukchelanguages.com yaa!

Follow media sosial kami

  • Kukche Languages
  • @kukchelanguages
  • Kukche Languages

Informasi Beasiswa:

  • Beasiswa_MEXT
  • Beasiswa_KGSP

Kukche Mitra Sukses CV.

Jl. Jend. A.Yani No.124 Kelurahan Tanah Sereal, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor 16151 Indonesia

Telp. 0251-8574880

©2021 Kukche Languages. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.