Cari

Rekomendasi Oleh-Oleh Khas Jepang


Jepang memiliki segudang barang barang yang unik yang memiliki kegunaanya yang seringkali menarik mata, tak jarang banyak wisatawan yang mengunjungi Jepang pun membeli barang khas Jepang sebagai oleh oleh untuk kerabat maupun teman terdekat. Tapi tahukah kamu bahwa terdapat berbagai jenis barang unik yang dapat kita beli sebagai oleh oleh.


Di artikel Kukche Languages ini akan memberitahumu oleh-oleh khas Jepang. Berikut ini adalah oleh-oleh yang dapat kita beli selama di Jepang.


Tokyo Banana

Sumber gambar: tripjepang.co.id


Tokyo banana adalah kue bolu yang memiliki bentuk seperti pisang dengan tekstur krim pisang asli yang lembut dan empuk di dalamnya. Kue ini pun tersedia berbagai macam varian rasa, mulai dari original (krim pisang), coklat, madu, hingga krim kacang almond. Sponge cake ini merupakan cemilan paling dicari di Jepang yang sering dibawa pulang untuk oleh-oleh oleh wisatawan asing karena bentuknya yang simpel sekaligus enak.


Untuk membeli Tokyo banana kita dapat menemukannya di toko Tokyo Banana yang terletak berbagai stasiun kereta seperti stasiun Shinjuku, stasiun Ueno, dan stasiun Shinagawa maupun di bandara Narita dan Haneda.


Nama Chocolate

Sumber gambar: livejapan.com


Nama Chocolate adalah cemilan coklat dalam bentuk kotak yang ditaburi coklat bubuk diatasnya. Coklat ini merupakan cemilan legendaris di Jepang. Diproduksi oleh perusahaan Royce, Nama Chocolate terbuat dari 25% fresh cream yang bersumber dari peternakan sapi di Hokkaido serta coklat. Coklat ini pun memiliki tekstur yang lembut dan dan lumer di mulut saat digigit, cocok untuk oleh-oleh untuk keluarga.


Untuk mendapatkannya, kita dapat mencarinya di toko coklat yang terletak di Hokkaido Dosanko Plaza maupun di bandara Haneda.


Maneki Neko


Maneki Neko merupakan patung kucing dengan lengan kanan yang dapat bergerak, barang ini oleh penduduk Jepang diyakini sebagai simbol pembawa rezeki dan hal ini membuat banyak wisatawan membeli patung ini untuk mendatangkan rezeki mereka serta banyak diburu wisatawan karena bentuknya yang imut. Patung kucing ini biasa ditempatkan di toko-toko atau rumah makan Jepang dengan keyakinan membawa keberuntungan dalam hal pendapatan.


Di sisi lain Maneki Neko menarik perhatian turis karena lucu dan menggemaskan hingga seringkali diminta banyak orang sebagai oleh-oleh. Kita dapat membeli patung kucing ini salah satunya di Nekoemon Café di Yanaka dan Koide Shoten di Asakusa.


Kokeshi


Kokeshi adalah boneka tradisional khas Jepang yang terbuat dari kayu berbentuk seorang figur perempuan yang mengenakan kimono. Boneka ini memiliki ukuran kepala yang lebih besar dibanding badannya serta mata yang kecil, sehingga dilihat dari sudut manapun terlihat unik dan lucu. Kokeshi pun sering dijadikan sebagai oleh-oleh khas Jepang untuk anak maupun koleksi pribadi karena bentuknya yang menarik. Banyak juga yang sengaja membeli Kokeshi untuk sekadar koleksi pajangan di rumah.


Untuk membeli kokeshi, kita dapat mengunjungi Usaburo Kokeshi di Gunma serta di pasar Asakusa yang biasanya menjual kokeshi dengan corak dan bentuk yang menarik sekaligus unik.


Kanzashi

Sumber gambar: maikocraftjapan.com


Kanzashi adalah aksesoris yang digunakan untuk menata rambut ala tradisional Jepang berbentuk anyaman berbagai macam bunga seperti bunga sakura, mawar, krisan dan lainnya. Hiasan ini pun sering dipakai oleh para pengantin tradisional Jepang dan pemakai kimono profesional seperti Geisha. Penggunaan Kanzashi memberikan kesan formal nan elegan pada wajah dan penampilan pemakainya karena corak warna dan bunga yang berkesinambungan dengan mereka.


Untuk dapat membawa pulang oleh-oleh khas Jepang ini sebagai souvenir pita rambut kita dapat membelinya di toko Kanzashiya di Harajuku dan Kanameya shop di Ginza.


Tenugui

Sumber gambar: guidable.co


Tenugui merupakan handuk tradisional Jepang yang memiliki bentuk multifungsi yang terbuat dari kain katun dan berbentuk persegi panjang dengan beragam motif unik. Handuk kecil ini biasa dipakai untuk mengelap tangan atau tubuh serta mengusap keringat. Di situasi tertentu Tenugui juga punya banyak kegunaan, seperti menjadi syal saat di musim dingin hingga penutup kepala kala diterpa teriknya sinar matahari. Kita dapat membeli Tenugui salah satunya di Kamawanu Daikanyama Store di Shibuya dan Chidoriya di Nihonbashi.


Itulah beberapa oleh-oleh khas Jepang yang bisa kamu beli untuk teman maupun keluarga setelah kamu pulang dari Jepang.


Suka artikel seperti ini? Temukan info tentang Jepang dan negara lainnya di www.kukchelanguages.com! Sampai jumpa di artikel berikutnya!

Follow media sosial kami

  • Kukche Languages
  • @kukchelanguages
  • Kukche Languages

Informasi Beasiswa:

  • Beasiswa_MEXT
  • Beasiswa_KGSP

Kukche Mitra Sukses CV.

Jl. Jend. A.Yani No.124 Kelurahan Tanah Sereal, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor 16151 Indonesia

Telp. 0251-8574880

©2021 Kukche Languages. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.