Cari

Mau Tinggal di Jepang? Kamu Harus Tahu Tentang “My Number”


Sumber gambar: jpsmart-club.com


Jika ingin tinggal dalam jangka waktu lama di Jepang, salah satu yang harus diketahui adalah tentang “My Number”. Mengetahui soal ini akan membantu kita dalam menjaga informasi kependudukan kita di Jepang dan data pribadi lainnya. Di artikel Kukche Languages ini akan dijelaskan tentang sistem “My Number”.


Apa Itu My Number?

Sumber: gogonihon.com


"My Number" adalah sebuah sistem yang berbentuk sebuah kartu yang diluncurkan oleh pemerintah Jepang yang memiliki fungsi untuk mengkonfirmasi informasi penduduk (data rumah tangga, pajak, jaminan sosial, dll), yang berlaku untuk semua orang yang tinggal di Jepang termasuk orang asing yang saat ini tinggal di Jepang.


Nomor di dalam kartu tersebut berisi informasi penting pribadi kita, termasuk prosedur tentang pajak di tempat kerja, prosedur di kantor pemerintah, prosedur pengiriman uang internasional di bank. Jadi pastikan untuk tidak memberitahu siapapun tentang 12-digit didalam “My Number” kecuali untuk kepentingan kasus yang ditentukan oleh undang-undang untuk menghindari penyalahgunaan oleh pihak tak bertanggung jawab, sebagaimana disebutkan oleh The Japan Agency for Local Authority Information Systems. Selain itu, kita akan menggunakan nomor yang sama selama sisa hidup kita, bahkan jika kita meninggalkan Jepang dan kemudian memutuskan kembali untuk menetap lagi.


Bagaimana Cara Mendapatkannya?


Sumber gambar: gogonihon.com


Kartu dan nomor “My Number” baru dapat diperoleh jika kita pindah ke Jepang dengan status resmi penduduk dengan jangka waktu lebih dari 3 bulan dan mendaftarkan tempat tinggal kita ke balai kota. Kemudian, kita akan memiliki 12 digit “My Number” yang diterbitkan saat membuat sertifikat penduduk. Setelah 2-3 minggu, kita akan mendapatkan pemberitahuan untuk melanjutkan dengan kartu My Number. Biasanya, kita akan diminta untuk datang ke balai kota dengan pemberitahuan dan menyerahkan dokumen identitas seperti paspor dan kartu zairyu untuk mendaftarkan kata sandi bagi mengakses "Maina Portal" (マ イ ナ ー ポ ー タ ル). yang membuat kita bisa melakukan pencarian dan aplikasi online, juga mendapatkan info mengenai pemberitahuan dari layanan administrasi balai kota, seperti penitipan anak, dll. Selain itu, kita dapat menerbitkan sertifikat kependudukan dan dokumen terkait kependudukan lainnya di toko swalayan dengan mudah.


Untuk orang asing yang tinggal di Jepang, masa berlaku kartu My Number sama dengan visa dan kita perlu memperbarui kartu. Ketika masa perpanjangan semakin dekat, pemberitahuan akan dikirimkan ke alamat terdaftar didalam “My Number”. Kita dapat memilih cara memperbaharuinya melalui pos atau hanya dari internet. Untuk lewat internet, baca kode QR atau ketikkan tautan yang disebutkan dalam email pemberitahuan dan ikuti petunjuknya. Dalam satu langkah, kita akan diminta untuk mengambil foto diri kita untuk dicetak di kartu. Namun, jika Anda mengenakan jilbab atau yang menutupi kepala / wajah kita, kita mungkin diminta untuk menelepon balai kota terlebih dahulu sebelum melakukan pembaharuan. Jadi, dimohon baca pemberitahuan dengan teliti sebelum membuat pernyataan pembaharuan.


Setelah mengirim pernyataan pembaharuan, kita akan diinfokan lagi pemberitahuan untuk langkah selanjutnya dalam kurun sekitar 3-4 minggu. Lalu kita akan diminta lagi untuk datang ke balai kota untuk melanjutkan proses pembaharuan dengan dokumen maupun surat pemberitahuan yang baru. Prosedur ini akan memakan waktu sekitar 20 menit jika di balai kota tidak terlalu padat. Kita akan diminta untuk menulis permohonan yang menyebutkan nama dan alamat kita, dan memasukkan kata sandi ke panel yang ditunjuk. Pembaharuan untuk kartu pun akan siap dengan lengkap yang dikirimkan secara online.


Sangat penting seseorang untuk memiliki “My Number” jika tinggal di Jepang, termasuk orang asing.

Sampai jumpa di artikel selanjutnya! Terus kepoin www.kukchelanguages.com kalua kamu tidak mau ketinggalan informasi penting soal Jepang maupun negara lainnya!

Follow media sosial kami

  • Kukche Languages
  • @kukchelanguages
  • Kukche Languages

Informasi Beasiswa:

  • Beasiswa_MEXT
  • Beasiswa_KGSP

Kukche Mitra Sukses CV.

Jl. Jend. A.Yani No.124 Kelurahan Tanah Sereal, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor 16151 Indonesia

Telp. 0251-8574880

©2021 Kukche Languages. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.