Cari

Makanan Jepang dengan Rasa Sakura



Jepang dikenal sebagai pencipta rasa makanan yang unik, contohnya rasa bunga sakura yang notabene adalah sebuah bunga.


Kita dapat melihat terutama di musim semi berbagai jenis makanan serta minuman dengan rasa Sakura ramai muncul untuk menyemarakan suasana musim semi. Tak jarang orang yang berusaha mencoba ingin mencoba makanan dan minuman berbahan sakura tersebut.


Di artikel Kukche Languages ini akan dijabarkan contoh-contoh makanan rasa Sakura. Berikut ini adalah beberapa makanan yang berbahan dasar sakura yang patut kita coba saat berada di Jepang.


Sakura Mochi

sumber gambar: cookingwithdog.com


Sakura mochi merupakan salah satu wagashi yang wajib didalam makanan khas musim semi, makanan ini biasanya dihidangkan saat hanami. Sakura mochi sendiri terbuat dari tepung beras yang diberi warna pink dari kacang merah yang dihaluskan dengan rasa sakura lalu diisi dengan pasta kacang merah dan dibentuk sedemikian rupa agar mirip seperti bunga sakura lalu dibungkus dengan daun sakura yang telah diasinkan.


Terdapat dua jenis Sakura Mochi di Jepang, yaitu model Kansai dan Kanto. Model Kansai terbuat dari beras ketan lengket dan model mochinya tertutup dengan bentuk bulat. Sementara model Kanto, mochi terbuat dari tepung beras dan bentuknya agak terbuka berbentuk lonjong. Sehingga kita masih bisa mengintip pasta kacang merah yang terlihat di dalamnya. Walaupun berbeda bentuk, keduanya sama-sama dibungkus oleh daun sakura dan berwarna pink.


Kitkat Sakura

sumber gambar: matcha-jp.com


Kitkat sakura sendiri merupakan salah satu produk seasonal yang hanya muncul saat musim semi. Kitkat Sakura sendiri memiliki beberapa rasa salah satunya sake sakura yang berwarna putih, sakura matcha dengan warna hijau dan rasa khas teh hijau sakura, dan sakura yang berwarna pink dengan serpihan sakura untuk menambah cita rasa, dan rasa mochi sakura.


Bungkusnya yang tampak cantik dan berbeda dengan kitkat biasanya juga membuat masyarakat maupun turis di Jepang membelinya untuk sebagai camilan maupun oleh oleh bagi sanak keluarga mereka.


Starbuck Sakura

sumber gambar: timeout.com


Starbuck yang merupakan produk kopi tak kalah ketinggalan untuk meluncurkan minuman berbahan dasar sakura yang hanya tersedia selama musim semi.


Untuk tahun ini, menu minuman Starbucks sakura adalah “Sakuraful Milk Latte” dan “Sakuraful Frappuccino” yaitu produk minuman warna pink yang memadukan rasa yaitu bunga sakura, kopi, susu dan buah stroberi yang menciptakan nuansa musim semi yang dihidangkan dalam gelas kertas dan plastik bermotif bunga sakura yang indah.


Selain minuman juga terdapat berbagai jenis gelas, tas, tumblr serta buku agenda bertema bunga sakura dan musim semi yang dapat dikoleksi dengan desain berbeda di setiap tahunnya.


Teh Sakura

sumber gambar: jansfoodsteps.com

Tak cukup dengan makanan, masyarakat Jepang juga memiliki teh yang hanya ada disaat musim semi karena bahan dasarnya adalah bunga sakura.


Bunga sakura yang telah ditaruh dalam larutan larutan cuka plum dan garam serta dikeringkan pun disajikan didalam gelas teh serta dikonsumsi pada saat Hanami maupun pesta pernikahan pada musim semi karena memiliki makna 'lembaran hidup baru' bagi masyarakat Jepang.


Adapun salah satu teh sakura terbaik adalah Lipton’s Sakura Tea Latte, Royal milk tea dan Tea Boutique's Sweet Sakura Tea yang bisa dibeli untuk diberikan sebagai oleh oleh kepada rekan dan keluarga.


Semuanya kelihatannya unik dan enak ya! Kamu mau coba yang mana? Atau kamu pernah mencoba makanan dengan rasa Sakura? Tulis di komentar ya!


Suka dengan artikel tentang fakta unik Jepang dan negara lainnya? Terus kepoin web www.kukchelanguages.com ya! Nantikan fakta unik lainnya di artikel berikutnya!


Follow media sosial kami

  • Kukche Languages
  • @kukchelanguages
  • Kukche Languages

Informasi Beasiswa:

  • Beasiswa_MEXT
  • Beasiswa_KGSP

Kukche Mitra Sukses CV.

Jl. Jend. A.Yani No.124 Kelurahan Tanah Sereal, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor 16151 Indonesia

Telp. 0251-8574880

©2021 Kukche Languages. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.