Cari

Keuntungan Belajar Bahasa Asing Dari Sekarang

Diperbarui: Feb 12

Mengingat era sekarang begitu ketat persaingannya baik dalam mencari pekerjaan ataupun dalam bidang akademik, belajar bahasa asing online menjadi salah satu keuntungan kalian untuk bisa mendapatkan salah satu, atau keduanya. Karena pada dasarnya, kita sudah tidak lagi bersaing dengan orang sendiri, namun banyak orang luar negeri sana yang siap untuk bersaing dengan kita dalam kedua aspek tersebut.


Jadi, apa keuntungannya jika kita belajar bahasa asing online?


1. Bisa traveling ke negara manapun tanpa khawatir soal bahasa


sumber gambar: pixabay.com


Belajar bahasa asing online, seperti kita ibaratkan sedang belajar bahasa Indonesia. Dengan bahasa Indonesia kita bisa pergi ke wilayah Indonesia manapun tanpa khawatir adanya kendala bahasa. Karena semua orang bisa berbahasa Indonesia selain bahasa dari daerah tempat tinggal masing-masing. Begitu juga dengan bahasa asing seperti bahasa Inggris misalnya.

Kita tidak akan kelabakan soal bahasa karena kita sudah bisa menguasai bahasa globalnya. Kalian bisa dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru setelah belajar bahasa asing online sebelumnya.


2. Mendapatkan pekerjaan di luar negeri lebih mudah


sumber gambar: pixabay.com

Kita sadari betul bahwa pekerjaan di luar negeri memiliki kebijakan tersendiri dalam penentuan gaji para pekerjanya, baik untuk warga negaranya, maupun warga asing yang bekerja di negara tersebut. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk belajar bahasa asing online, agar keinginan kalian untuk bisa bekerja di luar negeri dapat terwujud.


Dalam hal ini, belajar bahasa asing online juga membantu kalian dalam persaingan di sana. Orang dari luar negara biasanya dituntut lebih keras dalam perjuangannya mendapatkan pekerjaan. Biasanya diragukan dalam masalah adaptasi, dan sebagainya. Jadi, belajar bahasa asing bisa menjadi bekal pertama kalian saat akan mencoba pekerjaan di lua negeri.


3. Mengikuti program transferan dari sekolah


sumber gambar: pixabay.com


Salah satu syarat untuk bisa mengikuti program ini, rata-rata adalah menguasai bahasa asing, entah satu atau lebih bahasa asing. Biasanya ada tes yang mengidentifikasi bahwa kalian memang mahir dalam bahasa asing, jika bahasa Inggris menggunakan TOEFL, dan lainnya.

Biasanya untuk murid transferan, mereka akan ditanggung masalah biaya sekolah dari pihak sekolahnya di Indonesia. Untuk masalah tempat tinggal, jarang yang bisa menanggung biaya hidup siswanya di sana. Dan yang lebih penting adalah, kalian bisa dengan mudah beradaptasi dengan belajar bahasa asing online saat kalian sudah berada di negara tujuan kalian.


4. Menjadi tour guide warga negara asing di tempat wisata


sumber gambar: forbes.com

Biasanya pekerjaan ini sering dilakukan oleh para mahasiswa untuk mendapatkan penghasilan tambahan mereka. Kunci dari pekerjaan ini juga kalian dituntut untuk bisa bahasa asing. Maka sangat di sarankan untuk belajar bahasa asing online agar kalian lebih cepat dalam menguasai bahasa tersebut.


Pekerjaan ini terbilang mudah. Kalian hanya cukup memandu beberapa traveller yang membutuhkan informasi mengenai suatu tempat, namun dengan bahasa asing entah bahasa dari negara mereka, atau bahasa Inggris. Untuk gajinya, biasanya ada TIP tambahan dari traveller, karena mereka menganggap kita telah membantu banyak di pihak mereka.


5. Menjadi diri yang lebih fleksibel dengan budaya asing


sumber gambar: ekrut.com



Di Indonesia, sebuah ucapan sangat kental dengan adat istiadat yang ada. Contohnya adalah pengucapan salam saat masuk ke rumah, mengucapkan terima kasih setelah dibantu oleh orang lain, pesanan makanan yang sudah di antar oleh waiters jika kita di restoran atau tempat makan, dan sebagainya. Begitu juga dengan belajar bahasa asing online.


Secara tidak sadar, kita juga belajar mengenai budayanya. Otomatis kita berubah menjadi orang yang memiliki sikap yang fleksibel dalam menanggapi sebuah budaya baru dari luar negara. Seperti misalnya mengucapkan kosakata bahasa Korea “annyeong” pada orang lain dengan di barengi menundukkan kepala pada lawan bicara kita.


6. Membantu meningkatkan rasa percaya diri


sumber gambar: halodoc.com


Hal ini dikarenakan kita percaya bahwa kita mampu dalam menguasai bahasa asing, entah menggunakan metode belajar bahasa asing online, ataupun lainnya. Sehingga alam bawah sadar kita juga akan berpendapat bahwa kita juga bisa bersaing dengan yang lainnya.

Entah dalam aspek pekerjaan atau karir, dan karir akademik kita. Belajar bahasa asing online sangat penting dan memiliki keuntungan yang banyak bagi mereka yang mau belajar.


Nah, jika kalian masih bingung bagaimana caranya agar bisa mencapai beberapa keuntungan yang sudah diulas, kalian bisa konsultasi dengan kami lebih lanjut. Sekian, semoga bermanfaat.


Follow media sosial kami

  • Kukche Languages
  • @kukchelanguages
  • Kukche Languages

Informasi Beasiswa:

  • Beasiswa_MEXT
  • Beasiswa_KGSP

Kukche Mitra Sukses CV.

Jl. Jend. A.Yani No.124 Kelurahan Tanah Sereal, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor 16151 Indonesia

Telp. 0251-8574880

©2021 Kukche Languages. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.