• Rima Wahyu Arianti

Cara Menguasai Bahasa Asing Dengan Mudah

Diperbarui: 26 Des 2020

Era industri 4.0 seperti sekarang, merupakan salah satu era dimana orang dituntut untuk lebih keras dalam persaingan mendapatkan sebuah pekerjaan, dan prestasi akademik. Salah satu indikator mereka dapat bersaing adalah, dengan cara menguasai bahasa asing untuk bekal mereka. Maka tidak heran, berbagai metode belajar bahasa asing pun mereka tempuh untuk bisa menguasai bahasa asing, termasuk metode yang lebih mudah sekalipun.

Jadi, bagaimana cara menguasai bahasa asing dengan mudah?



sumber gambar: pixabay.com


Yang paling sering menjadi cara menguasai bahasa asing dengan mudah, ialah dengan mendengarkan lagu dari bahasa asing tersebut. Kalian bisa mendengar sambal melihat lirik lagu bahasa asing yang kalian dengarkan. Seperti misalnya kalian belajar bahasa Korea, kalian bisa mendengarkan lagu bahasa Korea dari beberapa idol Korea yang ada.

Dengarkan dan lihat lirik lagunya. Dengar pengucapan dari setiap kata dari lirik lagu yang kalian dengar. Jika sudah paham, cobalah untuk mengucapkannya, atau ikut bernyanyi dengan panduan dari liri lagu tersebut. Adapun cara menguasai bahasa asing dengan mudah lainnya:


1. Cara menguasai bahasa asing dengan berlatih berbicara di depan cermin



sumber gambar: pixabay.com


Jangan ragu untuk memulai cara menguasai bahasa asing yang satu ini. Hal ini dapat membantu kalian saat berbincang dengan orang lain menggunakan bahasa asing yang kalian pakai. Anggaplah cermin yang ada di depan kalian adalah orang yang sedang berbicara dengan kalian. Lalu mulailah untuk berlatih berbicara dengan kalimat yang sederhana terlebih dahulu.


Jika sudah, lakukan cara menguasai bahasa asing tersebut setiap hari, atau di sela waktu istirahat kalian setelah belajar, atau hari libur kerja. Cara ini juga menjadi alternatif kalian yang mungkin malu untuk berbicara bahasa asing dengan orang yang kalian kenal, seperti sahabat, keluarga, dan sebagainya.


2. Cara menguasai bahasa asing dengan berlatih bersama orang lain



sumber gambar: pixabay.com

Seperti misalnya dengan teman kalian melakukan dialog bahasa inggris bersama. Atau jika rasanya tidak pas kalian bisa ke tempat les bahasa asing untuk memudahkan kalian dalam berlatih mengucapkan bahasa asing, baik bahasa sehari-hari, formal, dan lainnya. Cara menguasai bahasa asing ini dianggap efektif apabila kalian memang memiliki lingkungan yang mendukung untuk berlatih berinteraksi menggunakan bahasa asing.


Atau kalian bisa meminta bantuan guru kalian untuk membantu memperdalam bahasa asing yang kalian pelajari. Biasanya pihak guru akan dengan senang hati untuk melatih kalian agar lebih baik dalam belajar bahasa asing.


3. Cara menguasai bahasa asing dengan menghafal kosa kata yang hampir sama


sumber gambar: pixabay.com


Contohnya adalah kosa kata bahasa inggris now, dan know. Dua kata yang pengucapannya hampir sama namun memiliki arti yang berbeda. Ada juga kosa kata lain seperti eat dengan meet. Adapun kosa kata find dan blind. Di sarankan kalian harus benar-benar memahami kosa kata tersebut agar nantinya tidak keliru saat menghafalnya.

Cara menguasai bahasa asing yang satu ini bisa membuat kalian lebih teliti dalam mendalami beberapa kosa kata. Kalian juga dapat lebih memahami mengenai penempatan kosa kata tersebut dengan baik.


4. Cara menguasai bahasa asing dengan menonton film tanpa subtitle


sumber gambar: pixabay.com


Untuk cara menguasai bahasa asing yang satu ini kalian harus tahu betul mengenai dasar dari aturan grammar di setiap bahasa asing yang kalian pelajari. Misalnya bahasa inggris yang memiliki beberapa aturan dalam pembuatan kalimatnya, yakni ada present tense, past tense, future tense, dan sebagainya.

Hal ini akan memudahkan kalian dalam menangkap makna dari setiap dialog yang ada di film tersebut. Jika ada beberapa kata yang mungkin masih bingung, kalian dapat mencatatnya di buku atau di catatan ponsel kalian, untuk mengingatkan bahwa ada beberapa kosakata yang belum kalian pahami.


5. Cara menguasai bahasa asing dengan berlatih membaca artikel berbahasa asing


sumber gambar: pixabay.com

Cara menguasai bahasa asing yang satu ini juga bisa kalian lakukan. Coba kalian berlatih membaca per kalimat atau per paragrafnya secara rutin. Jika sudah bisa, coba latihan memaknai kalimat yang ada di artikel tersebut.

Disarankan untuk tidak memaknai per kata. Hal ini ditakutkan dapat mengubah arti dari makna per kalimat tersebut. Jika kalian kesulitan, kalian dapat meminta tolong orang terdekat untuk mengoreksi apakah sudah benar pemaknaan dari artikel tersebut versi kalian atau belum.


6. Cara menguasai bahasa asing dengan berlatih menulis bahasa asing


sumber gambar: pixabay.com

Kita ketahui bahwa bahasa tulisan sangat berbeda dengan bahasa keseharian. Bahasa tulisan sangat memperhatikan aturan grammar dari bahasa yang dipelajari, sedangkan bahasa sehari-hari, kadang tidak menghiraukan hal tersebut. Jadi, cara menguasai bahasa asing ini bisa kalian lakukan agar dapat memahami juga bahasa tulisan dari bahasa asing yang kalian pelajari.


Hal ini juga memudahkan kalian dalam pemaknaan beberapa bacaan bahasa asing yang memiliki banyak paragraf, dan membutuhkan pemikiran yang lebih cepat dan simpel. Jika kalian masih bingung, kalian dapat konsultasi dengan kami untuk lebih lengkapnya. Sekian.



1 tampilan0 komentar

Kukche Languages

Jl. A.Yani No.124 Tanah Sareal Bogor 16161

Telp/Whatsapp. 0817-60000-95

Jam Operasional:

Sekretariat Kursus: Senin s/d Sabtu

Senin-Jumat 10.00-18.00, Sabtu 09.00-17.00, 

Minggu dan Hari Libur Nasional TUTUP

Operasional KBM Kelas: Senin s/d Minggu

Senin-Jumat 10.00-20.30, Sabtu 09.00-19.00, Minggu 09.00-17.00

Hari Libur Nasional TUTUP

©2020 Kukche Languages / CV.Kukche Mitra Sukses