Cari

6 Metode Belajar Bahasa Asing yang Perlu Kamu Tau

Diperbarui: 26 Des 2020

Ada beberapa metode cara belajar bahasa asing yang dapat kalian pakai untuk menguasai dan mahir dalam bahasa asing. Dan beberapa metode ini bisa jadi referensi kalian yang mungkin sedang mengejar akan mengikuti tes bahasa asing seperti IELTS atau yang lainnya ataupun sedang mencari karir pekerjaan yang lebih bagus di luar negeri.


Jadi, metode cara belajar bahasa asing seperti apa yang mudah dipelajari?


Sumber gambar: sehatq.com



Metode cara belajar bahasa asing pertama adalah metode hafalan. Metode ini menitikberatkan pada penghafalan beberapa kosa kata di setiap pembelajarannya. Metode ini juga dituntut untuk bisa menghafal kosa kata dengan jumlah tertentu.


Cara belajar bahasa asing menggunakan metode ini, adalah kalian harus menargetkan sekiranya ada 10 kosa kata yang kalian hafalkan dalam satu hari. Jika kiranya hafal, maka di hari keduanya di hafalan lagi dan ditambah beberapa kosa kata lainnya yang kalian buat untuk hari ke dua, dan seterusnya. Adapun metode cara belajar bahasa asing lainnya:


1. Cara belajar bahasa asing dengan menggunakan metode audio


Sumber gambar: blog.ruangguru.com


Metode ini biasanya ditemui saat kalian menghadapi ujian di sekolah, baik ujian sekolah, try out, maupun ujian nasional dengan mata pelajaran bahasa inggris. Cara belajar bahasa asing menggunakan metode audio, menitikberatkan pada ketajaman dalam mendengar beberapa kalimat yang dilontarkan melalui audio, entah itu rekaman, lagu, ataupun lainnya.

Secara tidak langsung, metode ini menuntut kalian untuk lebih berhati-hati dalam mendengarkan kalimat yang dilontarkan oleh seseorang dalam rekaman yang sudah dibuat sedemikian rupa untuk cara belajar bahasa asing kalian.


2. Cara belajar bahasa asing dengan menggunakan metode visual



Sumber gambar: mommyasia.id


Metode visual lebih menitikberatkan pada pembelajaran menggunakan media yang menampilkan gambar dan gerak dengan tujuan agar kita dapat lebih paham dengan materi pembelajaran cara belajar bahasa asing yang diperoleh.

Cara belajar bahasa asing menggunakan metode ini, biasanya di lakukan dengan cara menampilkan gambar yang menarik, sehingga kita lebih mudah dalam mengingat kosa kata ataupun kalimat yang di ajarkan. Seperti misalnya memberikan visual gambar buah-buahan, atau interaksi seseorang melalui gambar foto.


3. Cara belajar bahasa asing dengan menggunakan metode audio visual


Sumber gambar: portaflix.com


Metode cara belajar bahasa asing ini menyatukan antara metode visual dan audio. Jadi kita tidak hanya disuguhkan dengan visual dari beberapa gambar yang mendefinisikan sebuah kosa kata ataupun interaksi seseorang dengan orang lain, namun kita juga dibantu dalam masalah mencerna beberapa hal menggunakan suara, entah percakapan atau penjelasan mengenai bahasa yang dipelajari.


Seperti misalnya kita menonton film bahasa asing, di mana mereka mengusung kedua hal ini dengan tujuan penonton dapat lebih paham mengenai isi dari film yang dibuat serta pesan yang disampaikan.


4. Cara belajar bahasa asing menggunakan metode berbicara dengan orang yang lain


Sumber gambar: kincet.com


Metode cara belajar bahasa asing ini, lebih menitikberatkan pada seseorang untuk terbiasa dalam mengucapkan sebuah kalimat bahasa asing dengan orang lain, entah dalam bentuk percakapan, diskusi, dan sebagainya.


Untuk metode cara belajar bahasa asing yang satu ini, kalian diharapkan jangan dulu berpikir soal masalah grammar yang digunakan sudah baik atau belum. Mengingat metode ini hanya untuk melatih kalian membiasakan berbicara dengan orang lain lewat bahasa asing yang kalian pelajari. Jika sudah lancar, baru kalian revisi dan benarkan sesuai dengan grammar bahasa asing yang kalian pelajari.


5. Cara belajar bahasa asing menggunakan metode public speaking


Sumber gambar: donnisitorus.com


Hampir sama dengan sebelumnya, hanya saja cara belajar bahasa asing yang satu ini, lebih menitikberatkan pada kalian yang mencoba untuk berbicara di depan orang dengan jumlah lebih dari 2 orang dengan tujuan agar kalian lebih paham mengenai tata bahasa yang dipakai.

Jika ada beberapa kata yang salah, biasanya orang-orang yang menyaksikan akan membenarkan kalian secara tidak langsung. Dari hal tersebut, diharapkan kalian bisa lebih mengerti di mana letak kesalahan kalian, baik dalam pengucapan, pelafalan, dan sebagainya di metode cara belajar bahasa asing kalian.


6. Cara belajar bahasa asing menggunakan metode membaca di depan orang lain


Sumber gambar: hec1pare.com


Kita sering bukan disuruh oleh guru kita untuk membaca sebuah bacaan pada jam pelajaran? Cara belajar bahasa asing yang satu ini juga bisa kalian terapkan untuk cara belajar bahasa asing kalian. Cara belajar ini menitikberatkan pada kelancaran kalian dalam membaca setiap kalimat dari bahasa asing yang dipelajari.


Cara belajar bahasa asing ini, dilakukan dengan cara kalian dan teman kalian saling menyimak suatu bacaan bersama, dan salah satu dari kalian membaca wacana tersebut dan yang lainnya mengoreksi, begitu juga sebaliknya. Namun jika kalian masih kebingungan mengenai metode apa yang tepat dalam belajar bahasa asing, kalian bisa konsultasi dengan kami untuk informasi akuratnya. Sekian.


3 tampilan0 komentar

Follow media sosial kami

  • Kukche Languages
  • @kukchelanguages
  • Kukche Languages

Informasi Beasiswa:

  • Beasiswa_MEXT
  • Beasiswa_KGSP

Kukche Mitra Sukses CV.

Jl. Jend. A.Yani No.124 Kelurahan Tanah Sereal, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor 16151 Indonesia

Telp. 0251-8574880

©2021 Kukche Languages. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.