• Rima Wahyu Arianti

Kelebihan dan Kekurangan Kursus Bahasa Asing Online Dan Offline

Ada banyak orang yang memilih untuk menggunakan salah satu cara agar mereka bisa memahami suatu hal, entah autodidak atau mencari mentor/pengajar yang bisa membantu mereka. Begitu juga dengan belajar bahasa asing, di mana ada banyak orang yang lebih memilih untuk belajar secara offline atau autodidak, namun tidak sedikit pula yang memilih untuk kursus bahasa asing online.


Tapi, apa kelebihan dan kekurangan dari kursus bahasa asing online dan offline?


Sumber gambar: news.detik.com


Apalagi di masa pandemic seperti ini, banyak orang yang memilih untuk kursus bahasa online dengan alasan agar mengikuti protokol dari Pemerintah untuk tidak boleh keluar rumah jika tidak terlalu urgent, dan jika masih bisa diakali dengan cara lain, maka disarankan untuk menggunakan cara alternatif tersebut.


Makanya kursus bahasa asing online dianggap lebih fleksibel untuk masalah pengaturan waktu. Selain itu, pelajar dapat melakukan beberapa pekerjaan rumah lain selama menunggu waktu pembelajaran dimulai. Adapun kelebihan kursus bahasa online lainnya:


1. Pengeluaran sehari-hari lebih hemat

Sumber gambar: kompasiana.com


Dimana biasanya kita harus memikirkan biaya transportasi untuk kursus, namun dengan kursus bahasa asing online kita tidak perlu merogoh kocek soal biaya perjalanan dari rumah ke tempat les. Yang terpenting adalah fasilitas yang memadai seperti smartphone, atau perangkat lain seperti PC misalnya.

Atau yang sering menggunakan transportasi online yang sekarang lumayan mahal karena efek pandemic. Kalian pasti harus memikirkan biaya berangkat dan pulang untuk setiap harinya. Nah, dengan pembelajaran kursus bahasa asing online ini, kalian tidak perlu lagi mengkhawatirkan hal tersebut.


2. Materi yang di dapat dapat di pelajari kembali tanpa harus khawatir materi akan hilang.


Sumber gambar: gizmologi.id


Mengingat materi yang di pakai akan di ganti dengan format dokumen yang bisa di akses oleh berbagai perangkat yang ada, entah PC, smartphone, dan sebagainya. Jadi kalian tidak perlu khawatir soal materi kursus bahasa asing online kalian akan hilang dan sebagainya. Terkecuali kalian tidak sengaja menghapus materi tersebut.

Namun jika demikian pun, kalian masih bisa meminta teman kalian untuk mengirim materi kursus bahasa asing online dengan cepat dan mudah. Jadi kalian bisa menyimpannya lebih baik dibandingkan sebelumnya.


3. Sistem pembelajaran yang sangat praktis


Sumber gambar: tirto.id


Seperti misalnya kita bisa video call dengan guru kita sambal kita berada di tempat tidur, atau melakukan hal lain yang juga membuat kita bisa lebih nyaman dan enak dalam menerima pelajaran yang disampaikan oleh guru kursus bahasa asing online.

Untuk pengumpulan tugasnya pun demikian. Menggunakan sistem kursus bahasa asing online, lebih toleransi dalam mengumpulkan tugas setiap hari. Seperti kebanyakan pengumpulan tugas pada hari tersebut, namun jam pengumpulan dibuat lebih lama.


Kekurangan kursus bahasa asing online





Sumber gambar: tirto.id

Yang paling dirasakan adalah biaya untuk kuota internet yang sangat mahal setiap bulannya. Kadang kita harus membudget biaya untuk kuota saja bisa lebih dari 100 ribu per bulannya. Dan hal tersebut mau tidak mau harus dilakukan agar kita tidak tertinggal dari pembelajaran kursus bahasa asing online.

Begitu juga dengan masalah lain seperti sering mengalami miss komunikasi jika kita tidak teliti dalam memperhatikan penjelasan dari guru kursus bahasa asing online kita. Sehingga apa yang harusnya kita bisa memahaminya dengan mudah dan cepat, malah berujung dengan pemaknaan yang salah, dan membutuhkan waktu lagi agar bisa diskusi dengan baik.


Kelebihan kursus bahasa asing offline



Sumber gambar: hantologie.com

Yang lebih terlihat adalah dalam masalah pemahaman dari materi yang disampaikan oleh guru kursus bahasa asing online kita. Kita lebih mengerti secara lebih dalam mengenai materi yang disampaikan, entah dalam grammar, masalah pemaknaan bacaan, dan sebagainya. Adapun kelebihan lainnya:


1. Tidak membutuhkan waktu yang lama dalam pengumpulan tugas



Sumber gambar: news.okezone.com

Mengingat kita sudah paham mengenai beberapa materi yang disampaikan, otomatis kita bisa lebih cepat dalam menyelesaikan tugas harian yang diberikan kepada kita, entah nanti harus dikerjakan di tempat kursus bahasa asing online, ataupun di rumah.


2. Berinteraksi dengan teman dan lingkungan sosial tempat kursus bahasa asing online


Sumber gambar: ayobogor.com

Seperti berinteraksi dengan teman satu kelas, karyawan tempat kursus bahasa asing online, dan sebagainya. Secara tidak langsung juga kita mendapatkan lingkungan sosial baru, dan mulai beradaptasi di lingkungan baru, serta kita juga mendapatkan suasana baru juga saat pembelajaran dimulai.


3. Materi yang di dapat lebih banyak dan mendalam


Sumber gambar: journal.sociolla.com


Seperti pada umumnya, teknik mengajar yang biasa dipakai oleh guru adalah ceramah, praktek, dan sebagainya. Namun dari hal tersebut, kita bisa mendapatkan pelajaran baru lebih banyak dan jelas di tempat kursus belajar bahasa asing online. Meski begitu, masalah budget seperti uang pulang-pergi harus benar-benar dipikirkan dengan matang.

Pada dasarnya kedua metode kursus bahasa asing online dan offline itu baik, dan bisa dijadikan metode kalian dalam mempelajari bahasa asing. Namun kembali kepada diri kalian dalam mencari mana yang cocok dengan kalian, apakah metode kursus online, maupun offline. Jadi, untuk konsultasi lebih lanjut, kalian bisa langsung hubungi kami di website resmi, ataupun media sosial kami untuk solusi lebih mudah. Sekian.


1 tampilan0 komentar

Kukche Languages

Jl. A.Yani No.124 Tanah Sareal Bogor 16161

Telp/Whatsapp. 0817-60000-95

Jam Operasional:

Sekretariat Kursus: Senin s/d Sabtu

Senin-Jumat 10.00-18.00, Sabtu 09.00-17.00, 

Minggu dan Hari Libur Nasional TUTUP

Operasional KBM Kelas: Senin s/d Minggu

Senin-Jumat 10.00-20.30, Sabtu 09.00-19.00, Minggu 09.00-17.00

Hari Libur Nasional TUTUP

©2020 Kukche Languages / CV.Kukche Mitra Sukses