Cari

Hanami Saat Pandemi COVID-19


Musim semi sudah datang di Jepang. Bunga-bunga Sakura pun mekar dengan indahnya. Orang Jepang memiliki tradisi di musim semi yang disebut Hanami. Hanami sendiri adalah salah satu budaya Jepang dimana orang Jepang akan duduk dibawah sakura untuk menikmati musim semi bersama keluarga dan rekannya. Hanami sendiri bagi penduduk Jepang memiliki makna keindahan yang semu, seolah mengingatkan mereka bahwa hidup mereka hanya sekali.


Larangan Melakukan Hanami Akibat COVID-19

sumber gambar: savvytokyo.com


COVID 19 yang sudah berlangsung selama setahun menghambat masyarakat untuk beraktivitas secara leluasa. Hal ini dikarenakan COVID-19 menyebar dengan cepat terutama di keramaian. Masyarakat Jepang pun mau tidak mau harus mengurangi kegiatan mereka di luar rumah, salah satunya adalah Hanami yang setiap tahun rutin mereka lakukan.


Meskipun begitu, orang Jepang tak ingin menyempatkan kesempatan Hanami tahun ini begitu saja, Hanami tahun ini terasa berbeda karena pada tahun ini mereka hanya bisa melihat bunga sakura yang mekar tanpa bisa duduk dibawah pohon maupun piknik dengan keluarga mereka.


Tak hanya itu Perdana Menteri yaitu Shinzo Abe pun melarang adanya kegiatan publik olahraga seperti Olympic yang seharusnya diadakan tahun lalu yang terpaksa ditunda karena adanya COVID 19. Selain itu pemerintah juga menutup sekolah di Jepang menerapkan belajar dari rumah karena dikhawatirkan siswa akan tertular COVID 19 apabila mereka masih melakukannya.


Cara Unik Masyarakat Jepang Melakukan Hanami


sumber gambar: okinawa.stripes.com


Walaupun begitu, masyarakat Jepang pun memiliki cara agar mereka masih dapat melakukan Hanami dengan ide cemerlang. Mereka pun melakukan Hanami virtual di rumah masing masing baik dengan mendekor rumah dengan pohon imitasi sakura maupun dengan melihat gambar bunga sakura melalui internet.


Tak hanya itu aplikasi permainan virtual seperti Animal Crossing juga menyediakan lokasi yang dipenuhi bunga sakura serta memiliki tantangan dengan hadiah yang menarik perhatian untuk memenuhi keinginan warga Jepang untuk tetap melakukan Hanami walaupun mereka berada dirumah sekalipun.


Wah, seperti Hanami di Indonesia ya! Karena di Indonesia tidak ada pohon Sakura, jadi saat ingin melakukan Hanami, ya hanya bisa memakai pohon Sakura imitasi atau gambar Sakura dari internet.


Suka dengan artikel tentang fakta unik Jepang dan negara lainnya? Terus kepoin web www.kukchelanguages.com ya! Nantikan fakta unik lainnya di artikel berikutnya!

Follow media sosial kami

  • Kukche Languages
  • @kukchelanguages
  • Kukche Languages

Informasi Beasiswa:

  • Beasiswa_MEXT
  • Beasiswa_KGSP

Kukche Mitra Sukses CV.

Jl. Jend. A.Yani No.124 Kelurahan Tanah Sereal, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor 16151 Indonesia

Telp. 0251-8574880

©2021 Kukche Languages. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.