Cari

Catat! Pertanyaan Yang Sering Muncul Saat Wawancara Beasiswa


Sesi wawancara sendiri dianggap sesi yang paling penting dan menentukan apakah kamu akan berhasil atau tidak. Beragam pertanyaan bisa saja muncul tanpa diprediksi pertanyaan mana yang mungkin akan diajukan.


Nah, beberapa pertanyaan beasiswa di bawah ini bisa menjadi gambaran kamu, simak yuk!


1. Ceritakan Tentang Dirimu


Para pelamar diminta untuk menceritakan tentang personality-mu secara jelas dan tegas. Bukan seperti yang kamu tulis di dalam CV, melainkan kepribadianmu yang unikserta kelebihan yang kamu punya.


Bila kamu aktif di media sosial, Kamu bisa menceritakan tentang blog atau channel Youtube yang kamu miliki. Kamu juga bisa menceritakan tentang hobimu yang unik seperti berpetualang, atau mungkin bakatmu dalam olahraga tertentu. Sebisa mungkin buatlah hal ini menarik, namun tetap relevan dengan kebutuhan beasiswa.


2. Jelaskan Tentang Kelebihan dan Kekuranganmu


Pewawancara biasanya akan menanyakan pertanyaan ini untuk menguji seberapa kamu paham akan dirimu sendiri. Jelaskanlah kelebihan dan kekurangmu secara jujur. Namun hati-hati saat menjelaskan kekurangan, kamu juga harus memberi gagasan atas solusi yang biasa kamu lakukan untuk mengatasinya.


3. Bidang Apa yang Kamu Sukai


Jika kamu mendaftar dalam program beasiswa terkait akademik, pertanyaan ini biasanya adalah salah satu yang ditanyakan saat wawancara. Tujuannya adalah untuk melihat kecocokanmu dengan bidang yang akan kamu ambil saat menggunakan beasiswa yang diberikan. Hal ini dilakukan untuk melihat apakah kamu cocok dengan bidang tersebut atau malah salah jurusan.


4. Kegiatanmu Di Luar Sekolah


Ceritakan mengenai klub, organisasi atau komunitas yang kamu ikuti dan bagaimana keterlibatanmu di dalamnya. Misalnya jika kamu memegang posisi atau jabatan tertentu, pengalaman yang kamu dapatkan atau manfaat kegiatan tersebut untuk dirimu.


5. Prestasi Yang Kamu Capai di Sekolah


Sebutkan pencapaianmu misalnya seperti menjadi juara kelas atau mewakili sekolah dalam ajang olimpiade tertentu. Kamu juga dapat menyebutkan pencapaian non-akademis seperti menjadi perwakilan sekolah sebagai paskibra tingkat nasional, atau dipercaya memegang jabatan tertentu seperti menjadi ketua organisasi atau komunitas.


6. Kegagalan dan Kesalahan yang Pernah Kamu Hadapi


Ceritakan tentang kesalahan yang pernah kamu perbuat atau kegagalanmu dalam sesuatu. Hal ini bisa seperti pernah gagal menjadi juara kelas atau kalah dalam pertandingan olimpiade mewakili sekolah. Kamu juga bisa menceritakan kesalahan yang kamu perbuat misalnya seperti bergabung ke dalam klub yang tidak sesuai dengan bakat dan minat karena mengikuti teman. Jangan lupa ceritakan juga bagaimana kamu memperbaiki kesalahan atau menghadapi kegagalan yang terjadi dan apa yang kamu pelajari dari hal tersebut.


7. Apa Rencanamu dalam 10 Tahun ke Depan


Kamu bisa mulai dari bagaimana kamu tertarik dengan suatu bidang dan berniat mendalami bidang tersebut. Selanjutnya kamu perlu menjabarkan apa cita-cita kamu dalam bidang tersebut. Misalnya, ingin menjadi pengusaha atau profesional dalam bidang tertentu sehingga kamu memutuskan untuk mendalami bidang tersebut dan mencari beasiswa.


8. Kenapa Kamu Layak Mendapat Beasiswa Ini


Pertanyaan ini adalah pertanyaan penutup yang paling penting dalam wawancara. Nyatakan kembali bahwa kamu memiliki kriteria serta visi dan misi yang sama dengan pemberi beasiswa. Selain itu sampaikan pula hal lain yang akan membuatmu dinilai lebih seperti kesediaanmu untuk ikut aktif dalam mengikuti segala kegiatan terkait seperti menjadi duta atau relawan.


Nah, sudah siap untuk wawancara beasiswa? Persiapkan dirimu dan semoga berhasil, ya!




Follow media sosial kami

  • Kukche Languages
  • @kukchelanguages
  • Kukche Languages

Informasi Beasiswa:

  • Beasiswa_MEXT
  • Beasiswa_KGSP

Kukche Mitra Sukses CV.

Jl. Jend. A.Yani No.124 Kelurahan Tanah Sereal, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor 16151 Indonesia

Telp. 0251-8574880

©2021 Kukche Languages. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.