Cari

Trik Agar Biaya Hidup di Jepang Tidak Membengkak

Diperbarui: Feb 19


Jepang merupakan salah satu negara maju yang menjadi tujuan para pemburu beasiswa atau para pemburu kerja, dengan diiming-imingi gaji yang besar atau uang bulanan beasiswa yang besar. Akan tetapi apakah kalian tau uang yang akan kalian dapatkan akan sebanding dengan biaya hidup di Jepang. Jepang merupakan negara yang memiliki biaya hidup paling mahal se-Asia. Semua yang ingin tinggal di Jepang pasti berpikir ulang sebelum melakukan niatnya. Namun, ternyata ada trik yang bisa Kukche Languages berikan agar biaya hidup di Jepang tidak terlalu besar yang bisa kalian aplikasikan.


1. Tinggal di Asrama Kampus


Biasanya kampus-kampus di Jepang menyediakan asrama untuk mahasiswanya. Ada yang gratis, ada juga yang bayar. Kalaupun bayar, asrama akan menawarkan hargayang ramah untuk kantong mahasiswa. Belum lagi biasanya asrama berada di dalam lingkungan kampus yang notabene biaya hidupnya juga terjangkau untuk mahasiswa. Selain itu ketika tinggal di asrama kalian akan lebih mengenal dengan mahasiswa lain.


2. Tinggal di Share House atau Apartemen yang Dekat Stasiun atau Kampus

Share House adalah rumah yang ditinggali lebih dari satu orang. Semua yang menempati rumah tersebut membagi biaya sewa rumah sehingga tidak terlalu mahal. Selain itu kalian juga akan mendapatkan teman baru dari berbagai negara. Selain itu kalian juga bisa juga memilih apartemen atau Share House yang dekat dengan stasiun atau kampus agar meringankan biaya transportasi kalian. Pilihlah lokasi tempat tinggal yang bisa kalian jangkau dengan berjalan kaki.


3. Beli Makanan Saat Toko Mau Tutup

Kenapa harus beli saat toko mau tutup? Jepang sangat mengutamakan kesegaran dan kualitas dari makanan yang mereka makan. Jepang merupakan negara yang memiliki mobilitas cukup tinggi, maka dari itu Convenient store biasanya menyediakan makanan siap saji. Mulai dari sandwich dan onigiri sampai makanan lengkap denganhidangan penutupnya. Demi menjaga kesegaran dan kualitas makanan yang mereka jual, Convenient store akan mengganti makanan yang mereka jual dengan makanan yang baru keesokan harinya. Bagaimana dengan makanan yang tidak laku terjual pada hari yang sama? Nah disinilah waktu yang kita tunggu-tunggu, saat Convenient store akan tutup mereka akan mendiskon makanan maupun bahan makanan yang akan menurun kualitasnya jika dijual keesokan harinya. Pada saat tersebutlah biasanya kalian akan makan enak dengan harga yang murah.


4. Cari Komunitas Orang Indonesia

Ketika kalian tinggal di negara asing tanpa keluarga atau teman, orang-orang Indonesia di sana otomatis akan menjadi keluarga kalian. Carilah komunitas-komunitas Indonesia atau keagamaan, selain kalian akan mendapatkan kenalan- kenalan baru kalian juga akan mendapatkan keluarga baru. Selain bisa saling curhat dengan sesama orang Indonesia, teman-teman bisa ikutan acara komunitasnya. Biasanya pada saat acara komunitas berlangsung dibarengi dengan acara makan-makan juga. Lumayan kalian bisa hemat uang makan saat acara berlangsung.


5. Part Time Job

Melakukan pekerjaan paruh waktu atau orang jepang biasa menyebut dengan arubaito sudah menjadi hal yang biasa untuk pelajar maupun mahasiswa di Jepang. Pemerintah Jepang mengeluarkan peraturan mahasiswa asing boleh melakukan arubaito maksimal 28 jam per minggunya. Gaji arubaito akan cukup untuk biaya sewa apartemen dan biaya hidup sehari-hari setiap bulannya. Pendapatan yang akan kamu terima tergantung dari kemampuan bahasa jepang yang kamu miliki, semakin baik kemampuan bahasa jepangmu maka kamu akan mendapatkan arubaito dengan rate gaji yang semakin tinggi pula.


6. Beli Buku di Toko Secondhand

Sebagai mahasiswa pasti banyak buku yang akan kamu butuhkan. Kalian bisa mencari buku buku yang kalian butuhkan di toko bekas, atau kalian bisa memanfaatkan jaringan kalian untuk meminjam bahkan membeli buku dari senior kalian. Ada banyak buku bekas dan murah namun kualitasnya masih bagus yang bisa dibeli di toko buku.


So, kalau kamu bisa hidup hemat dan memanfaatkan kesempatan kesempatan di atas, walaupun biaya hidup di Jepang sangatlah tinggi kamu akan tetap bisa bertahan dengan melakukan beberapa trik di atas tanpa harus mengesampingkan kuliahmu. Untuk tips belajar bahasa asing lainnya, jangan lupa kunjungi blog www.kukchelanguages.com


Follow media sosial kami

  • Kukche Languages
  • @kukchelanguages
  • Kukche Languages

Informasi Beasiswa:

  • Beasiswa_MEXT
  • Beasiswa_KGSP

Kukche Mitra Sukses CV.

Jl. Jend. A.Yani No.124 Kelurahan Tanah Sereal, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor 16151 Indonesia

Telp. 0251-8574880

©2021 Kukche Languages. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.