Cari

Mau Jadi Mahasiswa di Jepang? Persiapkan Diri Kalian untuk Ujian Berikut

Diperbarui: Feb 14


Jepang merupakan suatu negara tujuan para pemburu beasiswa, Jepang sangat memperhatikan kualitas pendidikan di negaranya. Terbukti dengan banyaknya universitas di Jepang yang terus berbenah diri dan memperbaiki sistem pendidikan mereka. Masing-masing bidang ilmu berkembang sangat serius, kajian riset yang dilakukan mendalam dan unik. Penelitian terus dikembangkan baik dalam berbagai bidang, dapat dilakukan di berbagai Universitas. Akan tetapi untuk menjadi mahasiswa di Jepang kalian harus melalui berbagai macam ujian. Berikut ini adalah beberapa tes dan ujian yang akan kamu hadapi sebelum menjadi mahasiswa di Jepang.


EJU (Examination for Japanese University Admission for International Students)


Sebagian besar universitas negeri maupun swasta di Jepang mewajibkan calon mahasiswa asing di Jepang untuk lulus di ujian ini. EJU diadakan 2 kali dalam setahun serentak baik Jepang maupun negara-negara lain di Asia. EJU biasanya diadakan pada bulan Juni dan November setiap tahunnya.

Mata pelajaran yang akan diujikan yaitu Bahasa Jepang, “Jepang dan Dunia”, Matematika, dan Sains. Calon mahasiswa fakultas jurusan IPS akan mengikuti ujian Bahasa Jepang, “Jepang dan Dunia”, dan Matematika 1. Sedangkan jurusan IPA akan mengikuti ujian Bahasa Jepang, Matematika 2, dan Sains. Akan tetapi kalian jangan hanya terfokus pada tiga mata pelajaran tersebut, karena beberapa jurusan di jepang akan menguji pada mata pelajaran lain. Maka dari itu kalian harus mencari tahu lebih lengkap mengenai jurusan yang akan kalian incar di Jepang nanti.


Tes Kemampuan Bahasa Jepang


Walaupun EJU sudah sudah ada mata ujian Bahasa Jepang, ada beberapa universitas yang mewajibkan calon mahasiswanya memiliki sertifikat kemampuan Bahasa Jepang yaitu JLPT (Japanese Language Proficiency Test), untuk sertifikat bahasa jepang ini kamu bisa melakukannya di Indonesia. JLPT dilakukan dua kali dalam satu tahun yaitu pada saat pertengahan dan akhir tahun di beberapa lembaga yang telah ditunjuk oleh keduataan Jepang.


Tes Bahasa Inggris

Beberapa universitas juga mewajibkan calon mahasiswanya untuk punya sertifikat kemampuan Bahasa Inggris, terutama universitas yang memiliki kelas international di dalamnya.

Sertifikat Bahasa Inggris yang bisa dipakai biasanya TOEFL, TOEIC, IELTS, atau Cambridge ESOL yang bisa kalian dapatkan dari lembaga-lembaga terkait. Namun ada juga universitas yang menyiapkan ujian kemampuan Bahasa Inggrisnya sendiri, jadi kuncinya adalah kalian harusa cari tahu mengenai universitas atau jurusan yang akan kalian ambil.


Tiga tes di atas hanyalah gambaran besar dari ujian yang akan kalian tempuh untuk menjadi seorang mahasiswa di Jepang. Kalian harus rajin rajin buka situs resmi universitas dan jurusan yang kalian incar dan cari informasi sebanyak banyaknya mengenai jurusan tersebut.


Follow media sosial kami

  • Kukche Languages
  • @kukchelanguages
  • Kukche Languages

Informasi Beasiswa:

  • Beasiswa_MEXT
  • Beasiswa_KGSP

Kukche Mitra Sukses CV.

Jl. Jend. A.Yani No.124 Kelurahan Tanah Sereal, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor 16151 Indonesia

Telp. 0251-8574880

©2021 Kukche Languages. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.