Cari

Tips Menghafalkan Kosa Kata Korea


Kosa kata merupakan salah satu hal yang paling penting dalam sebuah bahasa. Tapi, jadi hal yang gampang-gampang susah juga buat dihafalin. Apakah teman-teman ada yang masih suka lupa kosa kata Bahasa Korea padahal udah sering dipelajari? Nah, dalam postingan kali ini Kukche Languages bakal bagi-bagi tips menghafalkan kosa kata Bahasa Korea yang efektif nih! So, scroll ke bawah yaaa!


Hafalkan Kosa Kata Sedikit Demi Sedikit

Banyak banget orang yang ingin cepat-cepat bisa, sehingga mereka ngafalin kosa kata seabrek sekaligus. Wah, tentu ini enggak efektif ya, guys! Malahan kalian bisa cepat lupa kosa kata yang udah dihafalkan. Rugi dong? Nah, ada baiknya kalian menghafalkan kosa kata sedikit demi sedikit, pelan-pelan tapi pasti. Kalian bisa batasi kosa kata perharinya yang harus dihafalkan, misalnya hanya sebanyak lima atau sepuluh kosa kata.


Buat List Kosa Kata Sesuai Tema

Masih banyak orang yang menghafalkan kosa kata secara random, apapun kosa katanya yang penting jumlahnya sesuai target mereka. Eits, tapi ini kurang efektif loh ternyata! Kalian cenderung bisa gampang lupa. Nah, akan lebih baik kalau kalian membuat list kosa kata berdasarkan tema. Misalnya kalian membuat lima sampai sepuluh kosa kata dengan tema cuaca. Pembuatan list kosa kata sesuai tema ini akan sangat memudahkan kalian dalam menghafal loh, karena apa yang kalian hafalkan ada di dalam konteks yang sama.


Liat Kosa Kata dalam Contoh Kalimat

Ternyata ngafalin kosa kata satu per satu aja tuh enggak cukup. Untuk lebih benar-benar paham dengan kosa kata yang kalian pelajari, kalian juga harus mencari tahu bagaimana kosa kata tersebut diaplikasikan dalam sebuah kalimat. Ini penting banget loh, mengingat Bahasa Korea merupakan bahasa yang pemakaian kosa katanya sering berubah atau disesuaikan dengan konteks dan situasi. Nah, di mana kalian bisa mencari contoh kalimat? Kalian bisa cek lewat kamus online, seperti Naver atau krdict.korean.go.kr/ind/ (untuk versi Bahasa Indonesia).


Praktekkin Kosa Kata Yang Kalian Hafalkan

Proses menghafalkan akan semakin efektif ketika kalian juga mempraktikkan kosa kata tersebut. Hal ini dilakukan agar kalian hafal di luar kepala. Kalian bisa mempraktikkan kosa kata yang telah dihafal dalam situasi-situasi tertentu, misalnya saat makan. Coba sebutkan kosa kata yang berkaitan dengan makan, seperti alat makan, serta makanan atau minuman yang akan kalian santap. Nantinya kalian akan terbiasa dengan kosa kata setiap kali berada dalam kegiatan tersebut.


Tempel Kosa Kata di Tempat Yang Terlihat

Ini bisa jadi salah satu alternatif yang bagus untuk menghafalkan kosa kata loh! Kalian bisa menggunakan sticky note yang sudah diisi sekitar lima kosa kata, kemudian tempel di tempat yang setiap hari enggak lepas dari pandangan kalian. Contoh: tembok sebelah tempat tidur, meja belajar, dinding, bahkan pintu kamar. Sesuatu yang terlihat oleh mata kita secara teratur, membuat otak kita semakin mengenal objek tersebut. Nah dengan cara ini kalian bakal cepat kenal dan terbiasa dengan kosa kata yang kalian list.


Gimana nih teman-teman tips menghafalkan kosa kata di atas? Apakah kalian pernah mencoba salah satu cara? Beri komentar di bawah ya! Oh ya, teman-teman juga bisa cari tahu tentang metode lain untuk memperlancar Bahasa Korea loh.. Cek info pentingnya di www.kukchelanguages.com ya!

Follow media sosial kami

  • Kukche Languages
  • @kukchelanguages
  • Kukche Languages

Informasi Beasiswa:

  • Beasiswa_MEXT
  • Beasiswa_KGSP

Kukche Mitra Sukses CV.

Jl. Jend. A.Yani No.124 Kelurahan Tanah Sereal, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor 16151 Indonesia

Telp. 0251-8574880

©2021 Kukche Languages. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.