Cari

3 Tips latihan pronunciation bahasa Inggris

Diperbarui: Feb 14


Kemampuan bahasa asing sangat dibutuhkan baik untuk pengembangan bisnis, pekerjaan, maupun kebutuhan untuk melanjutkan Studi. Bahasa inggris merupakan bahasa international, dimana sebagian besar negara negara besar di dunia menggunakannya sebagai bahasa kedua atau ketiga. Salah satunya di Indonesia menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa tambahan di setiap sekolah. Bahasa inggris sudah di wajibkan pada kurikulum SD, bahkan telah di perkenalkan pada tingkat Play Group. Akan tetapi masih banyak yang masih ragu dengan pengucapan bahkan dalam penggunaan kata yang tepat. Kukche Languages punya tips nih supaya kamu PD (percaya diri) dan bisa memperlancar pengucapan bahasa inggris kamu.


1. Latihan membaca bersuara


Kalau selama ini kamu hanya baca teks berbahasa inggris dalam hati, coba bacalah dengan bersuara keras. Tidak harus teriak, tapi disuarakan. Membaca bersuara membantu banget, lho untuk melatih pengucapan kamu. tidak hanya pengucapan, kamu juga berlatih listening juga loh dengan metode ini. Kamu juga bisa berlatih di depan cermin, jangan ragu untuk membuka mulutmu untuk merenggangkan pita suara.

Kamu juga bisa minta tolong orang lain untuk mengoreksi pengucapan kamu saat membaca. Dengan begini, latihan kamu jauh lebih efektif, karena kamu bisa dapet feedback langsung, mana aja yang kurang tepat pengucapannya. Jangan lupa dilakukan sesering mungkin ya.


2. Perbanyak mendengar Podcast


Media berbentuk podcast nih lagi hype banget. Nah, kamu manfaatkan sebaik mungkin. Cari podcast yang kamu suka dari seorang native speaker. Coba dengarkan sesering mungkin. Kenapa?

Karena, semakin sering kamu mendengar native speaker berbicara, otak kamu akan terbiasa dengan pengucapan-pengucapan bahasanya. Secara gak langsung kamu akan menghasilkan pengucapan bahasa yang lebih baik dan jelas juga. Metode ini juga sangat berpengaruh ke metode pertama tado loh. Jadi, segera dengarkan podcast dengan tema favorit kamu, ya.


3. Melakukan imitasi


Kamu bisa mengimitasi seorang native speaker dengan cara menirukan intonasi, gaya dan kalimat yang diucapkannya. Caranya, pilih satu karakter dari film favorit kamu yang dialognya bagus atau keren banget. Lalu, kamu bisa mulai mengimitasi gaya dan intonasi sang aktor saat mengucapkan dialognya.

Misalnya, kamu suka banget sama karakter nya Cameron Diaz di Film “The Other Women”. Lalu dialog favorit kamu “you screw me, I screw you, I’m a lady like that”. Nah kamu bisa mulai menjiplak kalimat itu dengan gaya, intonasi dan pengucapan persis seperti Cameron Diaz.

Mudah banget kan tips latihannya.


Itulah ketiga tips untuk meningkatkan kemampuan pronunciation kamu. Tips nomor berapa nih yang belum pernah kamu terapkan sebelumnya? Semakin sering kamu mengaplikasikan dan berlatih tips di atas, semakin cepat juga kemampuan pronunciation kamu meningkat. Metode ini juga bisa kamu aplikasikan ke bahasa lain juga loh.



Follow media sosial kami

  • Kukche Languages
  • @kukchelanguages
  • Kukche Languages

Informasi Beasiswa:

  • Beasiswa_MEXT
  • Beasiswa_KGSP

Kukche Mitra Sukses CV.

Jl. Jend. A.Yani No.124 Kelurahan Tanah Sereal, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor 16151 Indonesia

Telp. 0251-8574880

©2021 Kukche Languages. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.