• Rima Wahyu Arianti

7 Hal Yang Harus Dihindari Saat Belajar Bahasa Asing

Diperbarui: 26 Des 2020

Mengingat bahasa asing menjadi salah satu kriteria dalam persaingan pekerjaan maupun di bidang akademik, tidak heran banyak orang yang langsung mencari cara cepat belajar bahasa asing untuk bisa menguasainya. Tapi hal ini tidak semulus yang diperkirakan. Banyak juga yang masih saja melakukan banyak kesalahan dalam proses belajar bahasa asing sehingga menjadi penghambat untuk bisa lebih cepat dalam menguasai bahasa baru. Untuk itu, perlu untuk kita membahas tentang apa saja hal-hal yang harus dihindari saat sedang mempelajari bahasa asing agar tidak menjadi penghambat proses pembelajaran.

sumber gambar: pixabay.com


Yang paling sering adalah belajar dengan menggunakan google translate untuk memahami sebuah kalimat, padahal cara cepat belajar bahasa asing yang demikian merupakan cara belajar yang harus benar-benar dihindari.


Memang menggunakan google translate bisa memudahkan kita, namun terkadang google translate juga memberikan arti atau makna yang salah pada kalimat yang kita ketik, sehingga saat digabungkan dengan beberapa kalimat lain menjadi rancu. Adapun kesalahan cara cepat belajar bahasa asing lain:


1. Takut dalam melafalkan kosa kata bahasa inggris


sumber gambar: anakrantau.id


Kesalahan dalam cara cepat belajar bahasa asing selanjutnya, adalah kalian suka merasa takut untuk melafalkan kosa kata dari bahasa asing yang kalian pelajari. Padahal dengan berlatih melafalkan kosakata dari bahasa asing tersebut, lidah kalian dapat terbiasa mengucapkan kalimat dari bahasa yang kalian pelajari.

Jika kalian malu untuk melakukan cara cepat belajar bahasa asing tersebut, kalian dapat mencari beberapa alternatif cara seperti berlatih berbicara di depan cermin, atau kalian coba merekam video kalian dan coba berbicara menggunakan bahasa tersebut agar nantinya kalian bisa terbiasa dalam pengucapannya.


2. Selalu menjadi editor grammar sendiri

sumber gambar: edukasi.kompas.com


Cara cepat belajar bahasa asing yang satu ini juga harus di hindari. Jika kalian terus menerus memikirkan apakah grammar yang dipakai sudah pas atau belum, maka jatuhnya kalian membuang-buang waktu hanya menjadi editor saja, dan tidak mencoba berlatih mengucapkannya.


Untuk percakapan sehari-hari biasanya kebanyakan orang tidak terlalu memperdulikan grammar, asal kita tahu apa maksud dari perbincangan yang sedang berlangsung. Mengingat terkadang orang akan mengerti dengan apa yang kita maksud dengan di bantu bahasa tubuh kita. Jadi, cara cepat belajar bahasa asing ini harus benar-benar dihindari ya.


3. Cepat merasa bosan belajar bahasa asing


sumber gambar: minangkini.com


Merasa bosan bukan hanya dirasakan saat melakukan cara cepat belajar bahasa asing saja. Namun hal ini juga harus dihindari oleh kalian jika ingin bisa menguasai dan mahir dalam berbahasa asing. Malas akan semakin menjadi jika kalian meladeni rasa tersebut.


Cara cepat belajar bahasa asing yang kalian tempuh tidak akan pernah selesai, dan kalian otomatis akan tertinggal jauh dengan yang lain. Jadi pikirkan kembali untuk hal ini. Jika rasanya yang membuat malas dari diri kalian adalah metode yang kalian pilih, maka cari metode lain dan dicoba. Atau jika kalian tidak suka dengan tempat les kalian, kalian bisa pindah dan mencari tempat les bahasa asing yang lebih kredibel, dan sebagainya.


4. Tidak suka menonton film bahasa asing tanpa subtitle


sumber gambar: bangka.tribunnews.com


Alasannya adalah tidak bisa memaknai dengan benar jalan cerita dari film tersebut dan pesan yang dapat diambil dari film tersebut. Hal ini sebenarnya lumrah saat mencoba melakukan cara cepat belajar bahasa asing yang satu ini. Tapi jika kalian tidak mau terus, dampak yang akan didapatkan juga serius.


Apalagi dengan semakin hari semakin banyak orang mahir dalam pelafalan serta cara cepat belajar bahasa asing, memaknai sebuah kalimat, kalian secara otomatis akan tertinggal jauh jika tidak mau menchallege diri kalian untuk belajar berbahasa asing dengan berbagai metode, termasuk metode belajar dengan menonton film bahasa asing tanpa subtitle ini.


5. Malas untuk baca artikel bahasa asing



sumber gambar: loop.co.id


Alasannya? Sulit untuk memahami arti dari kata dari bahasa tersebut. Padahal alasan mengapa disarankan untuk belajar membaca bahasa asing dari beberapa sumber seperti artikel dan sebagainya, adalah agar kita dapat lebih cepat paham memaknai bacaan bahasa asing tersebut. Cara cepat belajar bahasa asing ini juga membantu kalian dalam memaknai per kalimat atau per paragraph, bukan per kata.


Di awal kalian pasti akan mengalami hal ini, namun seiring dengan kalian terus berlatih cara cepat belajar bahasa asing yang satu ini, kalian akan terbiasa untuk memahami sebuah bacaan secara utuh, termasuk dengan perbincangan yang ada dengan menggunakan bahasa asing yang kalian pelajari.


6. Tidak mau bertanya pada orang yang kompeten di bahasa asing yang sedang dipelajari


sumber gambar: kajianpustaka.com


Kenapa? Biasanya alasan yang paling klasik dalam melakukan cara cepat belajar bahasa asing ini adalah, malu. Malu bertanya, atau tidak terlalu kenal dengan orang yang sebenarnya bisa membantu kalian dalam kebingungan dalam memahami bahasa asing yang kalian pelajari.


Oleh karena itu, sangat disarankan untuk kalian bisa mencari lingkungan yang mendukung kalian agar bisa memahami bahasa yang sedang kalian pelajari seperti tempat kursus bahasa asing misalnya. Untuk memahami mengenai cara cepat belajar bahasa asing yang cepat, kalian bisa langsung kontak kami untuk konsultasi lebih lanjut. Sekian.


1 tampilan0 komentar

Kukche Languages

Jl. A.Yani No.124 Tanah Sareal Bogor 16161

Telp/Whatsapp. 0817-60000-95

Jam Operasional:

Sekretariat Kursus: Senin s/d Sabtu

Senin-Jumat 10.00-18.00, Sabtu 09.00-17.00, 

Minggu dan Hari Libur Nasional TUTUP

Operasional KBM Kelas: Senin s/d Minggu

Senin-Jumat 10.00-20.30, Sabtu 09.00-19.00, Minggu 09.00-17.00

Hari Libur Nasional TUTUP

©2020 Kukche Languages / CV.Kukche Mitra Sukses