Cari

Sistem Pendidikan di Korea

Diperbarui: sehari yang lalu


Pendidikan merupakan unsur penting dalam kemajuan suatu bangsa. Nah, Korea Selatan merupakan negara yang sangat menomorsatukan pendidikan nih. Kalau kalian nonton drama atau film Korea dengan latar belakang cerita anak sekolah, seperti Sky Castle, kalian bakal melihat betapa kerasnya para pelajar Korea belajar demi mendapatkan nilai yang cemerlang. Nah, seperti apa sih sistem pendidikan di Korea? Di postingan kali ini Kukche Languages bakal sharing ke teman-teman mengenai sistem pendidikan di Negeri Ginseng ini.


초등학교 (Chodeung hakkyo/Tingkat Sekolah Dasar)

Sebelum memasuki Sekolah Dasar, banyak orang tua yang menyekolahkan anaknya ke Taman Kanak-Kanak atau playgroup terlebih dahulu sejak umur 3 tahun. Begitu anak bermur 6 atau 7 tahun, mereka akan didaftarkan ke Sekolah Dasar. Pendidikan di tingkat ini berlangsung selama 6 tahun. Nah, kalau di Korea lebih banyak Sekolah Dasar negeri daripada swasta. Namun, dalam pelaksanaan kurikulum, hampir tidak ada perbedaan antara negeri dan swasta.


중학교 (Junghakkyo/Sekolah Menengah Pertama)

Sekolah Menengah Pertama dimulai pada umur sekitar 14 tahun (umur Korea). Pendidikan pada tingkat ini berlangsung selama 3 tahun. Persentase jumlah sekolah swasta jenjang SMP lebih banyak daripada SD, namun kurikulum antara negeri dan swasta tidak ada perbedaan yang signifikan.


고등학교 (Godeung hakkyo/Sekolah Menengah Atas)



Sekolah Menengah Atas di Korea dibagi ke dalam beberapa kategori, yaitu SMA umum, dan SMA khusus (seperti SMA khusus studi bahasa, seni, science). Pendidikan Sekolah Menengah Atas menjadi tingkatan yang membuat deg-degan banyak orang, baik murid, orang tua, bahkan guru. Hal ini dikarenakan usaha apa yang murid tanam selama tiga tahun di SMA, itulah yang akan menentukan perguruan tinggi mana yang akan dimasuki. Terutama untuk para murid kelas 3 SMA (고삼/gosam) yang harus belajar mati-matian, bahkan sampai pulang dini hari karena belajar di tempat les (학원/hakwon). Semua ini dilakukan agar diterima di top university, yang tentu saja akan menjadi nilai plus buat si murid, keluarga, bahkan di mata masyarakat.


대학교 (Daehakkyo/Universitas)


Pelajar Korea akan memasuki jenjang perkuliahan sekitar umur 19 tahun. Mereka harus melewati tes masuk perguruan tinggi terlebih dahulu, atau lebih sering disebut sebagai 수능 (Suneung). Masa pendidikan ini sekitar 4 tahun. Di Korea, kebanyakan universitas adalah swasta. Namun, top 10 univeristy di Korea sudah merupakan gabungan dari universitas nasional dan swasta, jadi tidak ada perbedaan yang mutlak antara negeri dan swasta. Oh ya, sama seperti di Indonesia, almamater universitas juga kerap kali menjadi indikator yang dicari dalam rekruitmen pekerjaan loh.


Wah, ternyata sistem pendidikan dan lama waktu tempuh per jenjangnya sama yaa seperti di Indonesia! Nah, karena pendidikan Korea terkenal sangat bagus di mancanegara, apakah kalian tertarik untuk melanjutkan studi di sana?

Buat kalian yang ingin mencari informasi seputar Korea, jangan lupa klik website kami www.kukchelanguages.com ya! See you in another post!







Follow media sosial kami

  • Kukche Languages
  • @kukchelanguages
  • Kukche Languages

Informasi Beasiswa:

  • Beasiswa_MEXT
  • Beasiswa_KGSP

Kukche Mitra Sukses CV.

Jl. Jend. A.Yani No.124 Kelurahan Tanah Sereal, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor 16151 Indonesia

Telp. 0251-8574880

©2021 Kukche Languages. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.