• Rima Wahyu Arianti

Sedang Mempersiapkan Diri Untuk Tes IELTS? Ini Langkah yang Harus Kamu Lakukan!



The International English Language Testing System (IELTS) adalah sebuah tes yang dibuat untuk menguji kemampuan seseorang dalam berbicara, mendengar, membaca, dan menulis bahasa Inggris. Tes ini memang sangat berguna untuk kamu yang akan mendaftar beasiswa ke luar negeri ataupun ketika melamar kerja di perusahaan.

Tes IELTS ini dibagi ke dalam empat sesi berbeda; dari mulai tes menulis, sampai membaca peta dan diagram. Meski tes IELTS memang terlihat sulit, tetapi dengan latihan dan persiapan yang matang kamu bisa memperoleh skor tinggi supaya kamu lolos tes tersebut. Di bawah ini kami jelaskan lima langkah yang bisa kamu lakukan dalam mempersiapkan diri mengikuti tes IELTS.


1. Memahami rangkaian tes

Seperti yang tadi sudah disebutkan, tes ini terdiri dari empat sesi. Kamu harus paham bagaimana kondisi ketika tes listening dilakukan. Rekaman saat listening test (tes mendengar) hanya diputar satu kali. Aksen dari audionya pun juga dari berabagai negara seperti dari Amerika, Australia, dan Inggris. Penting bagi kamu untuk memahami bahasa Inggris dengan berbagai aksen. Dalam writing test (tes menulis), kamu juga harus memperhatikan jumlah kata yang disyaratkan di setiap tugasnya. Jika tidak memenuhi syarat minimum kata, kamu akan kehilangan nilai.


2. Terus berlatih

Apakah kamu tahu jika waktu listening test hanya 40 menit, dengan 10 menit terakhir digunakan untuk menyalin jawaban? Selama latihan, belajarlah untuk mengatur waktu sesuai dengan tes sebenarnya. Selain dapat mengestimasi waktu, kamu juga bisa mengidentifikasi kelemahan dan kelebihan kamu. Jika memiliki kesulitan saat tes membaca, kamu harus lebih banyak mencurahkan waktu untuk berlatih tes membaca dan memperkaya kosa kata baru.


3. Buat strategi

Dengan membuat strategi yang tepat, kamu dapat mengefektifkan waktu sebaik mungkin ketika melakukan tes IELTS. Dalam tes mendengarkan, kamu bisa menemukan kata kunci yang diucapkan untuk bisa menolong kamu fokus kepada hal-hal penting. Untuk menghemat waktu ketika tes membaca, kamu bisa langsung melihat daftar pertanyaan. Setiap orang memiliki strategi yang berbeda-beda, jadi pastikan kamu mengetahui strategi yang paling tepat untuk diri kamu sendiri.


4. Menulis dengan Benar

Membaca dan menulis tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Biasakan diri kamu untuk membaca berbagai topik; dari mulai membaca buku panduan, iklan, majalah, artikel, esai, laporan tentang budaya, ilmu pengetahuan, dan sebagainya. Setelah itu, tulis kalimat dari kosa kata yang baru kamu temukan di bacaan tersebut. Ketika sudah terbiasa menulis kalimat lengkap, kamu bisa berlatih menulis paragraf dan menyusunnya dengan baik.

Mengikuti Kursus Persiapan IELTS


Cara yang paling mudah untuk membantu kamu mempersiapkan diri untuk test IELTS adalah dengan mengikuti lembaga kursus yang mempunyai program khusus untuk tes ini. Melalui lembaga kursus kamu akan semakin terarahkan dan diajar langsung oleh tenaga pengajar yang memang sudah berpengalaman.


Seperti salah satunya yang dimiliki oleh lembaga kursus bahasa asing Kukche Languages. Kursus ini memiliki program khusus persiapan IELTS dan siap membantumu menyusun strategi supaya lolos dalam rangkaian tes tersebut. Tenaga pengajarnya sudah terbukti membuat para siswanya lolos tes ini karena latar belakangnya yang kredibel dan profesional. Selain itu, kamu akan mendapatkan banyak materi dan latihan soal yang bisa meningkatkan kesiapan diri kamu dalam mengikut tes IELTS. Waktu belajarnya yang efektif dan kelasnya yang kondusif juga bisa membantumu semakin fokus dalam mempersiapkan diri untuk tes IELTS. Jadi daripada menunggu lama, langsung saja kamu cari informasi selanjutnya di sini.

2 tampilan

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Kukche Languages

Jl. A.Yani No.124 Tanah Sareal Bogor 16161

Telp/Whatsapp. 0817-60000-95

Jam Operasional:

Sekretariat Kursus: Senin s/d Sabtu

Senin-Jumat 10.00-18.00, Sabtu 09.00-17.00, 

Minggu dan Hari Libur Nasional TUTUP

Operasional KBM Kelas: Senin s/d Minggu

Senin-Jumat 10.00-20.30, Sabtu 09.00-19.00, Minggu 09.00-17.00

Hari Libur Nasional TUTUP

©2020 Kukche Languages / CV.Kukche Mitra Sukses