Cari

Rekomendasi Kampus Jurusan Kimia di Jepang



Kimia merupakan salah satu jurusan saintek yang diperhitungkan oleh calon mahasiswa, Di program studi Kimia kita akan mempelajari struktur, komposisi, dan sifat materi dari skala atom hingga molekul, dan bagaimana semua ini membentuk materi yang bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Para mahasiswa dapat memperdalam kimia organik, kimia anorganik, biokimia, dan manajemen laboratorium selama kuliah. Pilihan profesi dan karir jurusan kimia ini pun sangat beragam. Mereka dapat bekerja di industri makanan, kosmetika, manufaktur, konstruksi hingga kesehatan. Lulusan jurusan ini dapat bekerja sebagai spesialis kontrol kualitas, peneliti, maupun research and development division.


Jepang sendiri merupakan salah satu negara yang memiliki perkembangan yang pesat dibidang kimia karena mereka sendiri memiliki beberapa perusahaan kimia yang memiliki teknologi yang terpadu, tak jarang hal ini juga membuat banyak orang menjadi tertarik untuk mempelajari kimia di universitas di Jepang.


Kamu tertarik kuliah di jurusan kimia? Artikel Kukche Languages ini akan mengupas universitas mana saja di Jepang yang memiliki jurusan tersebut! Berikut ini adalah beberapa universitas di Jepang yang menawarkan jurusan kimia yang bisa kita lihat di bawah ini.


Waseda University



Sejarah jurusan sains dan teknik di universitas ini dimulai pada tahun 1908 sebagai rencana fase kedua penciptaan jurusan Universitas Waseda. Pembentukan divisi di universitas ini merupakan salah satu tujuan utama universitas sejak awal. Pada tahun 2007, sekolah tersebut direorganisasi sebagai jurusan Sains dan Teknik. Sejak saat itu, “Material”, “Life,” dan “System” adalah kata kunci dari sekolah ini. Tujuannya adalah peningkatan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta terciptanya bidang baru lintas disiplin ilmu, yang keduanya bertumpu pada ilmu pengetahuan alam.


Setelah berkontribusi besar di bidang teknik, departemen kimia pun mulai berdiri sendiri dimulai pada tahun 1973 dengan tujuan untuk memajukan ilmu kimia. Pada tahun 2007, departemen ini pun diperluas menjadi “Departemen Kimia dan Biokimia”. Tujuan jurusan ini adalah mempelajari pemahaman mendasar tentang sintesis, struktur, dan dinamika semua material yaitu atom, molekul, dan rakitannya, yang meliputi penyusun organisme hidup. sarjana, dan mahasiswa harus mempresentasikan hasil penelitiannya sebelum mendapatkan gelar BS, MS, dan PhD.


Jurusan Kimia adalah bidang ilmu yang melibatkan studi tentang sintesis, reaksi, dan fungsi zat dan bahan dari sudut pandang atom dan molekuler. Kurikulum dari jurusan ini memberikan siswa latar belakang yang luas dalam sains dan teknik dengan fokus pada kimia dan teknik kimia. Disini juga memberikan pilihan mengambil mata pelajaran khusus tentang kimia dalam dalam bahasa Jepang. Dengan demikian, Jurusan Kimia membuka jalan untuk menjadi seorang ahli terkait kimia seperti ahli kimia dalam ilmu lingkungan, bioteknologi, nanoteknologi, dan teknik kimia melalui penelitian program pascasarjana.


Departemen Kimia di universitas ini pun juga menawarkan program akademik yang mengarah ke gelar sarjana, magister, dan doktor kimia. Penelitian untuk mahasiswa yang dapat dipelajari mencakup berbagai bidang di bidang berikut yaitu inorganic chemistry, polymer chemistry, catalysis chemistry, applied biochemistry, chemical engineering, synthetic organic chemistry, dan applied physical chemistry. Program sarjana jurusan Kimia dirancang untuk memberikan pendidikan yang memberi siswa pengetahuan dasar kimia. Selain itu, program sarjana ini terdiri dari kelas dan kursus laboratorium yang ditawarkan oleh Departemen dan yang tersedia untuk semua siswa jurusan kimia yang berada di universitas ini.


Tokyo Institute of Technology


Jurusan sains di universitas ini mendalami prinsip-prinsip kimia didalam kehidupan. Prinsip kimia yang dipelajari siswa adalah tentang atom, molekul, elektron, bahan nano, kehidupan, dan bahkan ruang. Di jurusan Kimia, siswa mempelajari prinsip-prinsip dasar kimia, menemukan materi baru, dan memperoleh kemampuan untuk berkontribusi pada kimia mutakhir yang akan sangat bermanfaat bagi masyarakat. Kurikulum di universitas ini mengharuskan siswa untuk mengambil kursus tentang dasar-dasar kimia fisik, kimia anorganik dan analitik, dan kimia organik untuk memperoleh pengetahuan khusus dalam berbagai bidang penelitian. Berdasarkan hal ini, siswa tidak hanya memperoleh pengetahuan khusus tingkat lanjut, keterampilan memecahkan masalah, keterampilan analitis, dan wawasan, tetapi mereka juga menjadi sumber daya manusia yang berharga yang terus berkontribusi pada masyarakat yang sejahtera.


Pihak kampus juga membantu siswa memperoleh pengetahuan dasar dan keterampilan teknis eksperimental yang diperlukan untuk memahami fenomena yang secara luas terkait dengan kimia materi dan energi. Melalui penanaman daya cipta dan kreativitas dengan pengalaman penelitian mutakhir, mereka akan mampu menghadapi masalah baru secara mandiri dan dengan demikian berkontribusi pada pembangunan masyarakat yang sejahtera.


Kampus juga bertujuan untuk membina individu yang tidak berhenti hanya belajar, tetapi juga berbagi tanggung jawab untuk pengembangan kimia dan menggunakan kekuatan kimia untuk berkontribusi membangun masyarakat yang sejahtera. Mahasiswa akan memperoleh pengetahuan kimia dasar, dan keterampilan analitis serta wawasan yang didukung oleh pengetahuan itu. Lebih lanjut, berdasarkan ini, siswa akan mengembangkan keterampilan akademis tingkat lanjut yang terspesialisasi dengan pemikiran fleksibel dan kemampuan untuk belajar dan berpikir sendiri, memungkinkan mereka untuk bekerja secara mandiri pada tugas-tugas baru. Di jurusan Kimia juga terdapat serangkaian ceramah dan eksperimen yang terstruktur memberi mahasiswanya pendidikan ketat yang diperlukan bagi mereka untuk menjadi ahli kimia yang mahir dalam membuat, menganalisis, dan memanfaatkan zat.


Mereka juga menyediakan laboratorium yang menangani penelitian keragaman zat kimia. Ketika siswa berada ke tahun keempat, mereka dapat bergabung dengan laboratorium ini untuk melakukan penelitian mereka sendiri di bidang sains mutakhir. Mereka akan melakukan eksperimen dan menganalisis data berulang kali untuk mencari prinsip dan substansi baru. Universalitas prinsip-prinsip ini dan kegunaan zat ini kemudian ditentukan melalui diskusi dengan anggota fakultas. Siswa kemudian dapat menyebarkan temuan mereka ke dunia melalui jurnal ilmiah dan konferensi domestik dan internasional.


Sebagian besar siswa yang menyelesaikan program sarjana mereka di jurusan Kimia melanjutkan ke studi pascasarjana. Mereka juga dapat menjadi peneliti yang bekerja di berbagai bidang. Jalur karir yang terbuka untuk siswa ini sangat luas. Beberapa siswa menikmati karir yang bermanfaat di universitas dan lembaga penelitian sementara yang lain menemukan kesuksesan dalam industri termasuk kimia, farmasi, energi, otomotif, elektronik, industri informasi, dan sebagainya dan juga menjadi ahli kimia yang mampu mengatasi berbagai tantangan global saat ini di berbagai bidang kimia seperti makanan, energi, dan lingkungan.


Tokyo University



Dua tujuan yang menggarisbawahi Departemen Kimia di universitas ini adalah memahami dan menemukan fenomena baru di alam serta mengembangkan material baru untuk melindungi alam dan kehidupan masyarakat yang lebih baik. Mahasiswa pascasarjana di Departemen terlibat dalam penelitian lanjutan dan pengajaran siswa yang lebih muda, sehingga mengembangkan keterampilan untuk melakukan penelitian perbatasan di masa depan dan mendidik generasi ilmuwan baru. Interaksi yang kuat - berbagi muatan emosional penjelasan dan penemuan - antara pengajar dan mahasiswa merupakan inti dari lingkungan pendidikan kuliah.


Jurusan Kimia juga menawarkan program-program yang giat baik di tingkat sarjana maupun pascasarjana. Siswa dihadapkan pada peluang besar untuk mempelajari konsep dasar tidak hanya kimia, tetapi juga disiplin ilmu penting lainnya seperti fisika, biologi, ilmu bumi. Semua program sarjana disediakan dalam bahasa Inggris (Lihat silabus mata kuliah School of Science untuk penjelasan rinci. Jurusan ini terbagi menjadi lima spesialis yaitu fisika, bahan anorganik analitik organik dan kimia biologi.


Siswa dapat memiliki kesempatan untuk penelitian dan pelatihan dalam kimia fisik, organik, dan anorganik dan analitik, serta bidang interdisipliner lainnya yang memiliki akses ke instrumentasi khusus yang canggih. Untuk mendorong mahasiswa menjadi peneliti internasional papan atas, semua perkuliahan diberikan dalam bahasa Inggris. Seminar dan simposium internasional untuk mahasiswa dan peneliti muda juga sering diadakan, dengan peserta termasuk peneliti dan mahasiswa dari luar negeri.


Lebih dari 90% mahasiswa di universitas ini juga melanjutkan studi mereka di sekolah pascasarjana (termasuk universitas lain atau bidang lain). Mahasiswa juga diharapkan menguasai ilmu pengetahuan yang lebih maju di bidang keahliannya melalui penelitian aktual dan menjadi pemain aktif di berbagai bidang, termasuk peneliti yang bekerja di universitas, instansi pemerintah atau perusahaan. Tentu saja, sebagian mahasiswa sarjana banyak bergabung dengan perusahaan atau instansi pemerintah segera setelah lulus.


Tohoku University


Jurusan Kimia di universitas ini didirikan pada bulan Juni 1907 dengan berdirinya Universitas Kekaisaran Tohoku, pendahulu dari Universitas Tohoku sekarang. Meliputi teknik kimia dan biomolekuler, jurusan Kimia bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia yang sangat kreatif yang mampu berinovasi sains dan teknologi di bidang kimia dan bidang terkait, berkontribusi pada kesejahteraan manusia dan perlindungan lingkungan global. Di sekolah pascasarjana, siswa belajar menerapkan teknik kimia untuk analisis struktur materi di tingkat atom dan molekuler, dan untuk pengembangan zat yang sangat fungsional berdasarkan desain molekuler, sintesis bahan baru, dan metode analisis sensitivitas tinggi. Di bidang kimia sumber daya dan energi, tujuan penelitian meliputi pengembangan teknologi perlindungan lingkungan.


Jurusan kimia dan bioteknologi disini berpusat pada penelitian yang dapat berkontribusi pada kesejahteraan manusia dan pelestarian ekosistem. Untuk itu, pihak universitas berupaya untuk mendorong pemahaman tentang bagaimana zat berubah dan informasi biologis dihasilkan dan disimpan melalui studi tentang atom dan molekul, bahan penyusun terkecil di dunia fisik. Tugas universitas adalah menanamkan pada siswa kemampuan untuk merancang zat secara bebas dengan fungsi yang diinginkan, dan untuk mengembangkan sistem yang diperlukan untuk membuat dan memproduksi zat tersebut. Pihak universitas dan mahasiswa juga secara serius dapat terlibat dengan masalah lingkungan yang telah muncul dalam beberapa tahun terakhir, melalui pengajaran pendidikan berbasis luas dan sistematis yang berfokus pada "kimia hijau", yang mengambil pendekatan komprehensif terhadap zat kimia yang mencakup pembuatan, pengelolaan, penggunaan , pembuangan dan daur ulang.


Untuk mencapai tujuan ini, universitas ini menerapkan Problem Based Learning (PBL) dan metode lain untuk membina insinyur dan peneliti kimia unggul yang mahir dalam menemukan dan memecahkan masalah. Di tahun keempat, siswa terlibat dalam proyek penelitian kelulusan yang membantu mereka memperoleh keterampilan komprehensif yang mereka butuhkan. Singkatnya, kurikulum ini dirancang untuk memoles kemampuan alami siswa menjadi insinyur yang dapat membawa teknologi kimia maju di abad ke-21.


Itulah beberapa universitas di Jepang yang memiliki jurusan kimia. Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di Jepang dalam bidang kimia, bisa banget pilih salah satu universitas tersebut! Sudah menentukan mau pilih universitas mana?


Suka informasi tentang kampus-kampus di Jepang? Kepoin terus website www.kukchelanguages.com ya!


Follow media sosial kami

  • Kukche Languages
  • @kukchelanguages
  • Kukche Languages

Informasi Beasiswa:

  • Beasiswa_MEXT
  • Beasiswa_KGSP

Kukche Mitra Sukses CV.

Jl. Jend. A.Yani No.124 Kelurahan Tanah Sereal, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor 16151 Indonesia

Telp. 0251-8574880

©2021 Kukche Languages. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.