Cari

Kampus Jurusan Pertanian di Jepang



Salah satu hal yang paling dibutuhkan untuk bertahan hidup adalah makanan. Selain berasal dari hewan, makanan juga berasal dari tumbuhan. Untuk itulah pertanian sangat dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan. Bisa dibilang, ilmu pertanian bisa meningkatkan kualitas makanan yang bisa dihasilkan.


Bagi kamu yang ingin mempelajari ilmu pertanian, berkuliah di jurusan pertanian di universitas di Jepang bisa menjadi salah satu jalan untuk menguasai ilmu pertanian. Di artikel Kukche Laguages ini akan dibahas kampus di Jepang mana saja yang memiliki jurusan pertanian. Ada beberapa universitas yang memiliki jurusan pertanian, antara lain:


1. Tokyo University


Fakultas pertanian di salah satu universitas terbaik di Jepang ini terbagi menjadi beberapa course. Pertama, Applied Life Science Course. Course ini terbagi menjadi beberapa ilmu. Ada Biological Chemistry and Biotechnology, Biologi Terapan, Forest Life Sciences, Animal Life Sciences, Bio-Based Materials Chemistry.


Kedua, ada Environmental and Resources Sciences Course. Course ini terbagi menjadi beberapa ilmu. Ada Landscape Ecology and Planning, Forest Environmental and Resources Science, Aquatic Production and Environmental Science, Wood Science and Timber Engineering, Agricultural and Resource Economics, Field Science, dan International Sustainable Agricultural Development.


Lalu, ada juga Veterinary Medical Science Course yang berfokus pada kedokteran hewan.


2. Okayama University


Fakultas Pertanian di Okayama University memiliki beberapa course, yaitu The Course of Agrochemical Bioscience, yang mempelajari tentang pengembangan makanan fermentasi, antibiotic, vitamin, immunosupressants, dan lainnya.


Lalu ada The Course of Applied Plant Science, yang fokus terhadap penelitian tentang analisis dan penggunaan manfaat tanaman dalam segi molekuler, mengembangkan gen tumbuhan, analisis molekuler interaksi antara tumbuhan dan organisme patogenik, mengendalikan pertumbuhan bunga, sayuran, dan buah-buahan, mengembangkan teknik baru untuk persawahan, dan fisiologi dan biochemistry dari buah-buahan setelah dipanen.


Setelah itu ada juga The Course of Applied Animal Science. Course ini mempelajari tentang reproduksi, nutrisi, dan sistem imun dari hewan ternak untuk produksi yang lebih efisien.


Selanjutnya ada The Course of Environmental Ecology yang mempelajari tentang ekologi lingkungan. Peluang untuk penelitian di berbagai lingkungan tersedia. Dalam kajian ekologi untuk pelestarian lingkungan, spesialisasi area penelitian meliputi, ekologi populasi, ekologi ekosistem, ekologi fisiologis, ekologi evolusioner, ekologi hutan, dan ekologi restorasi.


Pembagian beberapa course ini diharapkan bisa menghasilkan sumber daya manusia yang bisa merespon positif terhadap beragam masalah pertanian serta bisa mencegah kepunahan sumber daya alam.


3. Obihiro University of Agriculture and Veterinary Medicine


Fakultas Pertanian Obihiro University bertujuan untuk mengembangkan para profesional yang mampu memainkan peran utama dalam berbagai bidang pertanian dan peternakan. Universitas yang berada di Obihiro, Hokkaido ini selalu mempromosikan pendidikan ilmiah berdasarkan konsep "dari ladang ke meja makan", yang menggabungkan ilmu kehidupan, ilmu pangan, dan ilmu lingkungan, yang didasarkan pada kombinasi kedokteran hewan, pertanian, dan peternakan.


Di universitas ini, terdapat beberapa research department, antara lain Department of Agro-environmental Science, Department of Veterinary Medicine, Department of Life and Food Sciences, dan Department of Human Sciences.


4. Kagawa University


Fakultas Pertanian di universitas yang berada di Kagawa ini diatur dalam satu departemen, yaitu Departemen Ilmu Biologi Terapan. Perkuliahan S1 dilaksanakan oleh Departemen Ilmu Biologi Terapan yang bekerjasama dengan Pusat Penelitian Lingkungan Laut, Pusat Penelitian Genom Tumbuhan, Pusat Penelitian Gula Langka dan Penelitian Pertanian Universitas.


Lulusan jurusan ini akan mendapat gelar Bachelor of Science di lima bidang, antara lain:

1. Applied Life Science

2. Bioresource Production Science

3. Bioresource Chemistry & Functional Chemistry

4. Environmental Science Course

5. Food Science Course


Itulah beberapa universitas di Jepang yang memiliki jurusan gizi. Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di Jepang dalam bidang pertanian, bisa banget pilih salah satu universitas tersebut! Sudah menentukan mau pilih universitas mana?


Suka informasi tentang kampus-kampus di Jepang? Kepoin terus website www.kukchelanguages.com ya!

Follow media sosial kami

  • Kukche Languages
  • @kukchelanguages
  • Kukche Languages

Informasi Beasiswa:

  • Beasiswa_MEXT
  • Beasiswa_KGSP

Kukche Mitra Sukses CV.

Jl. Jend. A.Yani No.124 Kelurahan Tanah Sereal, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor 16151 Indonesia

Telp. 0251-8574880

©2021 Kukche Languages. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.