top of page
Cari

Fakta Unik Sauna Korea yang Perlu Kamu Ketahui

Sauna atau dalam bahasa Korea bernama 찜질방 (jjimjilbang) merupakan sebuah tempat pemandian umum khas Korea. Sauna adalah salah satu tempat otentik yang bisa kamu temukan di Korea karena masyarakat Korea sangat suka dengan sauna. Namun, sauna bukan salah satu tempat yang banyak dikunjungi oleh turis, jadi kalau kamu mau berkunjung ke salah satu sauna di Korea kamu harus tau beberapa fakta unik sauna!

Sauna di Korea mempunyai banyak ruangan sauna panas dan dingin, di sana kamu bisa tiduran sambil merasakan badan kamu berkeringat karena suhu panas ruangan. Sauna pada umumnya tidak dipisah antara perempuan dan laki-laki. Selain itu kamu biasanya harus menggunakan baju khusus yang disediakan sauna tersebut ketika masuk. Nah selain ada ruangan-ruangan khusus yang bisa kamu nikmati, ada juga bagian pemandian air panas. bagian ini dipisah berdasarkan jenis kelamin karena kamu harus benar-benar telanjang ketika masuk ke bagian ini. Eits jangan kaget teman-teman, memang budayanya seperti itu, jadi semua orang di pemandian pasti akan melepas baju karena sudah peraturan dan tradisinya seperti itu.


Hal unik lainnya adalah sebelum masuk ke dalam bak pemandian, kita harus menggosok tubuh kita hingga bersih dulu. Kamu bisa menggosok tubuh sendiri atau ada juga pekerja-pekerja yang akan membantu kita menggosok tubuh hingga bersih, tentunya dengan biaya tambahan. Kegiatan menggosok tubuh ini sangat penting, selain untuk membersihkan diri kegiatan ini ditujukan untuk menjaga kebersihan kolam pemandian. Kolam pemandian yang ada di sauna Korea terdiri dari kolam panas, dingin dan biasa.


Selain bisa menikmati fasilitas di atas, di sauna kita juga bisa menikmati jajanan khas sauna seperti sikhye dan telur rebus. Sikhye adalah minuman khas Korea yang berasal dari beras. Selain jajanan khas, berbagai snack juga dijual di sauna seperti es krim dan ciki-ciki. Kerennya lagi, sauna di Korea umumnya buka selama 24 jam, sehingga kamu bisa bermalam di sini lho!

Gimana nih, apakah kamu tertarik mengunjungi sauna kalau ke Korea? Jangan lupa untuk menjaga etika dan tetap mematuhi peraturan ya kalau datang ke sauna ala Korea! Kalau kamu mau tau informasi lainnya tentang Korea dan pengen belajar Bahasa Korea, pantengin terus website Kukche di www.kuchelanguages.com ya!


247 tampilan0 komentar

Postingan Terkait

Lihat Semua
bottom of page