• Rima Wahyu Arianti

Cara Belajar Bahasa Korea Dengan Mudah Dan Cepat



Bahasa Korea adalah bahasa resmi yang harus kamu pelajari, jika ingin berpergian atau mengenali budaya di Korea Selatan dan Korea Utara. Dengan menguasai bahasa korea mampu membantu kamu dalam berkomunikasi, menonton film drama korea tanpa subtitle, bahkan mendaftarkan diri untuk melanjutkan study disana. Karena itulah banyak orang yang ingin mempelajari bahasa Korea.


Tapi mempelajari bahasa Korea memang tidak mudah, karena bukanlah bahasa sehari-hari. Tapi jangan menyerah! Meskipun bahasa Korea bukan yang paling gampang dipelajari, kami akan memberikan tips untuk cara cepat belajar bahasa asing yaitu korea.


1. Menonton Drama Korea

Tahukah kamu? Menonton film tidak hanya sebagai pengisi waktu luang, tetapi juga dapat membantu proses pembelajaran.

Dengan sering menonton film drama, kamu bisa mengasah kemampuan berbahasa korea, terutama untuk kemampuan berbicara dan mendengar pengucapan bahasa Korea dari penutur aslinya.

Tentunya menonton drama Korea untuk belajar akan berbeda dengan hanya sekedar hiburan.

Berikut tips untuk belajar bahasa asing dengan cara nonton drama Korea.

  • Nonton film yang sudah kamu ketahui

  • Gunakan subtitle atau terjemahan

  • Mulai dari skala kecil

  • Fokus pada satu jenis bahasa

2. Mendengarkan Podcast Dan Lagu K-Pop

Belajar bahasa Korea tidak hanya terpaku pada textbook. Kamu bisa cari alternatif lain supaya tidak bosan saat belajar, seperti mendengarkan podcast atau mendengarkan lagu. Mendengarkan podcast termasuk cara bahasa korea sendiri,. Nah, untuk mempermudah pembelajaran kamu, berikut adalah jajaran podcast yang bisa kamu dengarkan


  • Korean clas101.com

Korean clas101.com memiliki lebih dari 1.500 pelajaran audio dan video yang masing-masing berdurasi sekitar 15 menit, sehingga cocok untuk didengarkan saat beristirahat atau sebelum tidur.


  • Korean Listening Practice

Berbeda dengan koreanclass101.com, situs ini hadir dengan koleksi podcast yang memiliki durasi berjam-jam untuk latihan mendengarkan bahasa Korea dari penutur aslinya langsung

  • Talk To Me In Korea

Talk to Me in Korean. Adalah situs yang dapat kamu akses secara gratis ataupun membeli paket belajarnya. Talk to me in Korean bisa kamu akses di berbagai platform podcast, seperti: Spotify, iTunes, dan Soundcloud.


  • Let’s Learn Korean

Let’s Learn Korean adalah podcast yang dapat kamu akses secara gratis. Sayangnya, podcast ini memiliki kekurangan pada webnya yang tidak sebaik situs lainnya.


  • IYAGI: Korean Listening For Leaners

Jika kamu ingin memperdalam dan meningkatkan kemampuan dalam berbahasa korea, kamu harus mencoba Korean Listening For Leaners. Karena tujuannya adalah untuk meningkatkan keterampilan dalam mengikuti percakapan alami oleh penutur asli Korea.


3. Mengikuti Les Bahasa Korea

Mengikuti les menjadi pilihan banyak orang dalam menguasai bahasa Korea, selain pembelajaran yang telah tersusun dengan baik untuk mencapai target pembelajaran. Les juga menawarkan berbagai manfaat, dari pada belajar sendiri di rumah.

Berikut berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan saat mengikuti les bahasa Korea

  • Lebih Fokus ke Pembelajaran

Belajar memang bisa dimana saja. Namun, dengan mengikuti les kamu akan lebih fokus karena memang tujuan utamanya adalah belajar. Dengan lingkungan belajar yang mendukung, kamu akan lebih termotivasi.


  • Melatih Untuk Beradaptasi

Dengan mengikuti les, kamu akan bertemu teman-teman baru di dalam kelas. Proses belajar bersama-sama akan membantu kamu beradaptasi untuk memakai Bahasa Korea dalam keseharian.

Kamu akan bertemu teman dari latar belakang dan umur yang beragam. Hal tersebut akan membuat kamu menemukan hal baru dari lingkungan belajar.


  • Lancar Berbicara dan Menulis

Biasanya dengan mengikuti les bahasa Korea, kamu akan diminta dan diwajibkan untuk berbicara dengan Bahasa Korea.


  • Bebas Melakukan Konsultasi

Kelebihan dari les salah satunya adalah dapat berkonsultasi langsung dengan gurunya, dengan begitu kamu bisa konsultasi lebih efektif.


4. Menghafal Kosa Kata Korea Setiap Hari

Mempelajari Alfabet adalah adalah hal yang sangat krusial untuk belajar bahasa Korea, terutama jika kamu ingin untuk mahir dalam membaca dan menulis nantinya.

Dengan semakin banyak perbendaharaan kata yang kamu miliki, semakin mudah untuk dapat berbicara dengan lancar.


Berikut tips dan trik untuk mempelajari kosa kata bahasa Korea.

  • Ketika mendapatkan sebuah kata baru, coba untuk mencatat dan cari artinya. Hal ini akan sangat membantu bila menyimpan sebuah catatan kecil setiap saat.

  • Tempelkan beberapa label kecil pada benda-benda di sekitar kamu, seperti kaca, meja, dan mangkok

  • Pelajarilah 2 frasa dari ‘Korea ke Indonesia’ dan ‘Indonesia ke Korea.’ Dengan cara kamu akan lebih mengingat bagaimana mengucapkannya, tidak hanya sekadar mengetahuinya ketika mendengarnya.


5. Mencoba Berinteraksi Dengan Orang Lain Menggunakan Bahasa Korea

Setelah mempelajari dari kosa kata dan dasar percakapan. Coba untuk mempratekan dan mencoba bahasa yang sudah kita pelajari.

Kunci dalam pelajaran ini adalah adalah jangan takut membuat kesalahan, Karena akan banyak pembelajaran yang didapatkan dari kesalahan. Hal wajar, jika kita melakukan kesalah dalam bahasa korea, karena ini bukanlah bahasa sehari-hari.


6. Mengulang Cara Belajar Tersebut

Hal terpenting dalam setiap pembelajaran adalah konsistensi dengan apa yang telah kita rancang dan atur, hanya dengan 30 menit perhari secara terus menerus akan mampu membuat kamu lebih baik dalam berbahasa korea dari pada belajar kejar tayang.


Itulah keenam tips untuk mempelajari Bahasa Asing dengan lebih mudah. Tips nomor berapa nih yang belum pernah kamu terapkan sebelumnya?





2 tampilan0 komentar

Kukche Languages

Jl. A.Yani No.124 Tanah Sareal Bogor 16161

Telp/Whatsapp. 0817-60000-95

Jam Operasional:

Sekretariat Kursus: Senin s/d Sabtu

Senin-Jumat 10.00-18.00, Sabtu 09.00-17.00, 

Minggu dan Hari Libur Nasional TUTUP

Operasional KBM Kelas: Senin s/d Minggu

Senin-Jumat 10.00-20.30, Sabtu 09.00-19.00, Minggu 09.00-17.00

Hari Libur Nasional TUTUP

©2020 Kukche Languages / CV.Kukche Mitra Sukses