Cari

Apa Benar Kuliah di Jerman Gratis? Ini dia faktanya!


Sejak tahun 2014, 16 negara bagian di Jerman menghapus biaya kuliah untuk program gelar sarjana di semua universitas negeri di Jerman. Ini artinya baik mahasiswa program sarjana dari dalam dan luar negeri di universitas-universitas negeri di Jerman, bisa kuliah tanpa biaya.


Namun, faktanya ada beberapa biaya yang harus kamu bayar, loh. Hah? Apa aja sih? Yuk cari tahu!


1. Biaya Administrasi


Meskipun tidak ada biaya kuliah di universitas-universitas negeri di Jerman, kamu masih harus membayar biaya hidup dan uang Kontribusi per Semester (Einschreibung), yang berjumlah 250 Euro. Kontribusi ini diberikan untuk kantin, asrama, fasilitas olahraga dan administratif lainnya.




2. Asuransi Kesehatan


Selain Kontribusi per Semester, kamu juga harus membayar Asuransi Kesehatan, penyedia jasa asuransi publik menawarkan kebijakan kepada mahasiswa sekitar 80 Euro/bulan bila kamu masih di bawah 30 tahun, dan belum kuliah selama lebih dari 14 semester. Setelah itu, premi asuransi naik menjadi 160 Euro/bulan.





Namun, kamu bisa menentukan bagaimana kamu akan membiayai kehidupan kuliahmu. Bayak pilihan yang tersedia seperti beasiswa, pinjaman, atau biaya pribadi. Saat kamu kuliah di Jerman, kamu diperbolehkan juga loh bekerja paruh waktu 20 jam seminggu. Kalau kamu ingin kuliah dengan biaya pribadi, kamu harus menunjukkan dokumen bukti keuangan.


Follow media sosial kami

  • Kukche Languages
  • @kukchelanguages
  • Kukche Languages

Informasi Beasiswa:

  • Beasiswa_MEXT
  • Beasiswa_KGSP

Kukche Mitra Sukses CV.

Jl. Jend. A.Yani No.124 Kelurahan Tanah Sereal, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor 16151 Indonesia

Telp. 0251-8574880

©2021 Kukche Languages. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.