Cari

5 Skill yang Harus di Kuasai agar Mudah Mendapatkan Beasiswa


Banyak faktor penentu seseorang dalam mendapatkan beasiswa, selain kemampuan dan status akademis ada hal lain yang nggak kalah krusial yaitu soft skill dan ada beberapa skill turunan dari soft skill tersebut. Apa saja nih kemampuan yang harus kamu punya untuk menang tembus beasiswa? Berikut Kukche Languages bagikan Soft skill yang harus kalian miliki sebelum apply beasiswa.


1. Komunikasi

Kamu harus bisa membuat orang lain memahami apa yang kamu sampaikan baik secara lisan maupun tulisan. Gaya menulis kamu harus akademik dan dapat dipertanggungjawabkan. Artinya, kamu tidak boleh plagiat dan bagaimana menyadur karya tulis orang lain dengan baik ke jurnal kamu. Gaya berbicara kamu juga harus ekspresif dengan nada, jeda, intonasi yang tepat. Hal ini sangat berguna ketika sesi wawancara beasiswa kamu.


2. Kemampuan Analisa

Kemampuan menganalisa dengan menjadikan masalah-masalah ke dalam pola-pola yang mudah dimengerti sangat dibutuhkan dalam pekerjaan dan tim penelitian. Analisa data penting untuk menentukan solusi dan langkah-langkah dalam mencapai goal. Latih kemampuan ini dengan mengasah logika kamu lewat catur atau permainan logika dan strategi.


3. Negosiasi

Manusia merupakan makhluk sosial, maka dari itu sangat penting bagi kita untuk bekerja sama dengan orang lain baik dalam lingkup pekerjaan atau sekolah. Kemampuan negosisasi ini juga berguna ketika kamu sedang me-lobby seseorang agar kamu bisa mengarahkan mereka sesuai dengan solusi yang kamu inginkan. Hal ini akan membuka jaringan relasi kamu sekaligus mempunyai hubungan dengan orang-orang penting yang bisa membantu kesuksesan kamu.


4. Problem Solving

Terkadang dalam hidup, kita mengalami masalah tidak terduga, disinilah kemampuan problem solving dibutuhkan. Kemampuan untuk menyelesaikan masalah secara efektif dan efisien. Inisiatif dalam menemukan jawaban dari semua permasalahan dan memikirkan mana solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah baik dalam tugas kuliah atau pekerjaan.


5. Adaptasi

Kamu harus mampu membiasakan diri dengan perubahan karena perubahan merupakan hal-hal yang pasti terjadi baik itu sistem, peraturan, manusia dan lain-lain. Jangan kaku dan harus mampu membaca situasi lalu ikuti sesuai dengan keadaan lingkungan. Peka terhadap perubahan digital dan teknologi juga dituntut pada seseorang beasiswa hunter.


Nah itu dia guys soft skill yang penting banget buat dikuasai kalau kamu mau berhasil dapat beasiswa, kalau kalian punya gagasan tambahan soal soft skill coba comment di bawah ya!!👍 Untuk info tips sukses mendapat beasiswa lainnya, kalian bisa mengunjungi blog kami di www.kukchelanguages.com


Follow media sosial kami

  • Kukche Languages
  • @kukchelanguages
  • Kukche Languages

Informasi Beasiswa:

  • Beasiswa_MEXT
  • Beasiswa_KGSP

Kukche Mitra Sukses CV.

Jl. Jend. A.Yani No.124 Kelurahan Tanah Sereal, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor 16151 Indonesia

Telp. 0251-8574880

©2021 Kukche Languages. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.