Cari

3 Film Korea Berdasarkan Kisah Nyata Yang Tidak Boleh Kamu Lewatkan


Selain drama dan musik, Korea juga terkenal akan film-filmnya. Bahkan penyebarannya pun sudah tingkat mancanegara. Selain asyik menikmati filmnya, kalian juga bisa belajar Bahasa Korea lewat percakapan dalam film. Nah, buat kalian yang hobi banget nonton film, Kukche Languages mau kasih rekomendasi film nih. Tapi film-film berikut merupakan adaptasi dari kisah nyata!


SILENCED (2011)



Buat kalian para penggemar Gong Yoo, pasti sudah tidak asing dengan film Silenced. Film yang dirilis pada tahun 2011 ini ternyata diangkat dari kisah nyata berupa pelecehan seksual yang terjadi di sebuah sekolah tunarungu bernama Gwangju Inhwa School. Menurut beberapa sumber, berdasarkan investigasi yang dilakukan tahun 2005, didapatkan fakta bahwa telah terjadi pelecehan seksual oleh guru kepada muridnya yang berlangsung sejak tahun 2000. Mirisnya adalah para pelaku hanya dijatuhi hukuman selama 2 tahun penjara, yang tentu saja tidak berkeadilan untuk para korban. Gara-gara film ini muncul dan memenangkan banyak award, kasus tersebut ditengok lagi dan sekolah Gwangju Inhwa School akhirnya ditutup.


THE ADMIRAL: ROARING CURRENTS (2014)


Ada yang suka film berbau sejarah?? Nah, film berjudul The Admiral: Roaring Currents ini bisa banget masuk ke dalam watching list kalian! Film yang dibintangi oleh aktor papan atas seperti Choi Minsik, Ryu Seungryong, dan juga Park Bogum ini diangkat dari kisah nyata pada zaman Dinasti Joseon, yaitu pertempuran maritim antara Joseon (Korea) dan Jepang pada tahun 1597. Pertempuran ini dikenal sebagai Pertempuran Myeongnyang (Myeongnyang: sebuah selat). Yang paling menakjubkan dari pertempuran ini adalah perbandingan jumlah kapal kedua kubu: Joseon yang dipimpin oleh Laksamana Yi Sun Shin hanya membawa 12 kapal, sementara pasukan Jepang datang dengan 300 kapal! Dengan kecerdikan Laksamana Yi Sun Shin yang memanfaatkan arus pasang surut di Selat Myeongnyang, pasukan Joseon memenangkan pertempuran, ditandai dengan matinya Laksamana Kurushima Michifusa (pemimpin pasukan Jepang. Keahlian Laksamana Yi Sun Shin dalam dunia maritim membuatnya sangat disegani di Korea hingga dibuatkan monumen patung di daerah Gwanghwamun, Seoul. Keren ya!


A TAXI DRIVER (2017)



Masih berbau sejarah nih, tapi film yang satu ini sudah masuk ke dalam sejarah modern atau kontemporer. Dibintangi oleh aktor papan atas, seperti Song Kang Ho, Thomas Kretschmann, dan Ryu Junyeol, film ini berhasil masuk ke jajaran film terlaris di Korea. A Taxi Driver mengangkat kisah nyata dari peristiwa Gwangju Uprising pada tahun 1980. Ketika itu, keadaan politik Korea sedang sangat genting, mengingat beberapa bulan sebelumnya Presiden Korea, Park Chung Hee, mati terbunuh. Kekosongan pemerintahan ini pada akhirnya dimanfaatkan pihak militer yang dipimpin oleh Chun Doo Hwan untuk melakukan kudeta. Ia menjanjikan akan mengubah sistem pemerintahan yang tidak otoriter, namun pada kenyataannya justru banyak propaganda dan ketidakbebasan media atau pers. Kejadian ini memicu protes masyarakat dan mahasiswa di Kota Gwangju, tapi apa yang diberitakan di media tidak sesuai dengan kenyataan. Nah, inilah yang membuat seorang wartawan asal Jerman, Jurgen Hinzpeter, tergerak untuk menguak kejadian asli di Kota Gwangju. Dengan dibantu oleh seorang supir taksi Seoul, Kim, mereka bergerak ke Gwangju dan berhasil membuat liputan yang disebarkan secara global.


Wah, ternyata melalui film kita juga bisa tahu sejarah atau kisah nyata di baliknya! Nah, apakah kalian tertarik menonton ketiga film tersebut? Oh ya, untuk informasi penting lainnya mengenai Korea atau negara lain, kalian bisa kepoin di www.kukchelanguages.com ya! See you in another post!

Follow media sosial kami

  • Kukche Languages
  • @kukchelanguages
  • Kukche Languages

Informasi Beasiswa:

  • Beasiswa_MEXT
  • Beasiswa_KGSP

Kukche Mitra Sukses CV.

Jl. Jend. A.Yani No.124 Kelurahan Tanah Sereal, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor 16151 Indonesia

Telp. 0251-8574880

©2021 Kukche Languages. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.