top of page
Cari

Universitas Meiji, Universitas Tertua di Jepang


Sumber gambar: fun-japan.jp


Universitas Meiji (明治 大学, Meiji Daigaku), disingkat Meiji (明治) atau Meidai (明 大), adalah universitas riset swasta yang terletak di jantung kota Tokyo, Kota Chiyoda. Didirikan pada tahun 1881 sebagai Sekolah Hukum Meiji (明治 法律 学校, Meiji Hōritsu Gakkō) oleh tiga pengacara era Meiji, Kishimoto Tatsuo, Miyagi Kōzō, dan Yashiro Misao. Universitas Meiji adalah salah satu institusi pendidikan tinggi tertua dan paling bergengsi di Jepang.


Universitas ini memiliki total sekitar 33.000 siswa di keempat kampus di sekitar Greater Tokyo Area: Surugadai, Izumi, Ikuta, dan Nakano. Meiji dibagi menjadi 10 sarjana, 12 pascasarjana, 4 jurusan S3 dan mengoperasikan 15 pusat penelitian kelas dunia dan sebuah museum. Selain itu juga mereka juga memulai perjanjian mitra pertamanya pada tahun 1986 dengan York University, dan saat ini bermitra dengan 363 universitas dan institusi di 56 negara. Beberapa mitra universitas antara lain: Universitas Stanford, Universitas Columbia, Universitas Oxford, Universitas Cambridge, Universitas Nasional Singapura, dan Universitas Hong Kong.


Meiji adalah bagian dari Top Global University Project oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Sains dan Teknologi Jepang. Universitas ini adalah pusat olahraga dengan mengikuti keanggotaan di asosiasi dan lomba atletik antar perguruan tinggi tingkat atas di Jepang, secara konsisten memenangkan kompetisi nasional. Hingga 2021, 270 alumni Meiji telah berkompetisi di olimpiade dan mengumpulkan 40 medali, 14 emas, 13 perak, dan 13 perunggu.


Sejak didirikan, mereka telah meluluskan 570.000 lulusan di seluruh dunia, dengan alumni di berbagai bidang seperti politik dunia, bisnis, budaya, hiburan, olahraga, dan media massa. Alumni Universitas Meiji termasuk pengacara wanita pertama Jepang, 2 perdana menteri Jepang, 48 politisi nasional, 380 atlet profesional, 115 presiden perusahaan, dan 264 seniman.


Dulunya adalah sekolah hukum

Universitas Meiji awalnya didirikan pada Januari 1881 sebagai Sekolah Hukum Meiji oleh sekelompok pengacara muda yang baru berusia 30-an yaitu Tatsuo Kishimoto, Kozo Miyagi, dan Misao Yashiro. Hal ini dikarenakan pada era itu, kebutuhan mendesak Jepang untuk berkembang sebagai negara modern. Ketiganya mendirikan Sekolah Hukum Meiji dengan harapan kuat untuk "membina pemuda berkemampuan cemerlang yang akan memimpin masyarakat sipil modern di Jepang".


Universitas Meiji saat ini terdiri dari 10 sekolah sarjana, 12 sekolah pascasarjana dan empat sekolah pascasarjana profesional. Selain Kampus Surugadai, Universitas Meiji juga terdiri dari Kampus Izumi, Kampus Ikuta, dan Kampus Nakano yang baru dibuka pada bulan April 2013.


Dibangun oleh tiga pengacara muda

Universitas Meiji didirikan pada tahun 1881 oleh tiga pengacara muda yaitu Tatsuo Kishimoto, Kozo Miyagi, dan Misao Yashiro. Tujuannya adalah untuk mengajarkan hukum Perancis untuk menegakkan hak-hak individu dan mencapai masyarakat bebas pada saat Jepang berubah dari feodalisme menjadi masyarakat modern.


Berdasarkan prinsip dasar “hak, kebebasan, kemerdekaan, dan pemerintahan sendiri,” tradisi pendidikan yang didirikan di atas pembentukan “individu” yang kuat telah diturunkan tak terputus selama lebih dari 130 tahun.


Memiliki perpustakaan yang terus berkembang.

Perpustakaan di masing-masing kampus menampung sekitar 2,4 juta buku. Perpustakaan baru dibuka pada Mei 2012 di kampus Izumi di mana sebagian besar mahasiswa tahun pertama dan kedua mempelajari seni. Disini menampilkan banyak kursi baca yang dapat digunakan siswa sesuai dengan tujuan spesifik mereka, menjadikan ruang individual tersebut untuk digunakan dalam rentang waktu yang lama.


Universitas Meiji juga sedang mempersiapkan "Perpustakaan Manga Internasional Tokyo" yang akan menjadi arsip lengkap komik, animasi, dan game. Pendahuluannya, "Perpustakaan Peringatan Manga dan Subkultur Yoshihiro Yonezawa," dibuka pada tahun 2009 dengan banyak koleksi yang disumbangkan oleh almarhum Yoshihiro Yonezawa, seorang alumni Meiji dan kritikus manga.


Merupakan universitas yang mengikuti banyak acara olahraga.


Sekitar 330 klub olahraga dan budaya universitas yang dibentuk dan dijalankan sendiri oleh mahasiswa terlibat dalam berbagai kegiatan dan perlombaan. Meiji terkenal karena telah lama mempromosikan kekuatan tim olahraganya yang sangat aktif dalam acara atletik. Banyak mahasiswa dan alumni berkumpul untuk mendukung acara resmi seperti turnamen bisbol Tokyo Big Six Tournament, Hakone Ekiden, dan pertandingan rugby Waseda vs. Meiji.


Festival universitas juga diadakan setiap musim gugur di kampus Izumi dan Ikuta, dengan berbagai proyek yang dipresentasikan di mana siswa memamerkan keterampilan dan bakat mereka. Dengan cara ini, Universitas Meiji lebih dari sekedar kelas dan penelitian saja, melainkan penuh dengan acara yang menunjukkan karakter universitas.


Salah satu universitas populer di Jepang.

Universitas Meiji adalah salah satu universitas swasta terkemuka di Jepang. Mereka memiliki penerimaan yang sangat selektif, dengan tingkat penerimaan rata-rata sekitar 15%. Meiji pun dikenal sebagai universitas paling populer di Jepang dengan pendaftaran melebihi 100.000 setiap tahun, dan pada tahun 2020, dinobatkan sebagai institusi teratas untuk kursus dan mata pelajaran yang menarik.


Meiji adalah universitas paling populer di Jepang seperti yang terlihat dari penghargaan tinggi yang dianut oleh siswa sekolah menengah. Hal ini ditunjukkan oleh Meiji yang menduduki peringkat teratas dalam jumlah pelamar untuk ujian masuk umum empat tahun berturut-turut dan mendapatkan lebih dari 100.000 pelamar selama tujuh tahun berturut-turut.


Itulah beberapa fakta tentang Universitas Meiji. Apakah universitas ini adalah universitas impianmu? Tulis di komentar ya!

Mau tahu info tentang universitas di Jepang? Terus kepoin web www.kukchelanguages.com ya!


Postingan Terkait

Lihat Semua

Comments


bottom of page