top of page
Cari

Rekomendasi Universitas Jurusan S2 Matematika di Jepang


Di jurusan matematika, mahasiswa akan dilatih seputar keterampilan pemodelan matematika dalam menyelesaikan masalah sehari-hari. Logika sangat berperan di sini, karena yang diperlukan bukan hanya menghapal rumus-rumus, tapi paham kenapa rumus itu ditulis seperti itu.


Jurusan Matematika fokus mempelajari berbagai teori matematika secara mendalam, seperti geometri, aljabar, hingga matematika diskrit. Jadi, kita akan bertemu dengan beragam konsep dalam matematika seperti mempelajari fitur lain dari angka, juga ruang multidimensi. Selain itu, ada juga lho matematika terapan untuk mempelajari aplikasi matematika di bidang lainnya.


Apabila kamu tertarik dengan dunia hitung menghitung dan punya kemampuan analisis yang kuat, jurusan Matematika bisa menjadi pilihan yang tepat buat kamu. Di jurusan matematika, kamu akan diajak untuk mengutak-atik dan membongkar serta membuktikan teorema-teorema matematika yang kita kenal selama ini.


Jepang merupakan negara dengan sistem pembelajaraan terbaik di Asia termasuk dalam Matematika. Oleh karena itu tak heran banyak orang termasuk orang Indonesia untuk memilih berkuliah disana. Selain, sistem pembelajaraan yang bagus dan fasilitas-fasilitas penunjang juga ramah untuk pelajar. Di artikel Kukche Languages ini, berikut adalah rekomendasi S2 Matematika bagi yang ingin meneruskan S2 disana.


Hokkaido University


Departemen Matematika, didirikan pada tahun 1930, memiliki sekitar 40 staf akademik, 150 mahasiswa sarjana (tahun ke-2-4), dan 100 mahasiswa pascasarjana master/doktoral. Mereka menyelenggarakan beberapa konferensi internasional dengan lebih dari 200 pengunjung setiap tahun. Jurusan ini mencakup berbagai bidang penelitian — dari pendekatan berbasis teori yang terutama berupaya mencapai kecanggihan teoretis hingga pendekatan yang lebih berorientasi empiris yang menggunakan komputer untuk perhitungan pada berbagai fenomena. Lebih khusus, bidang penelitian mereka meliputi pengaturan hyperplane, teori representasi, geometri diferensial, teori singularitas, persamaan diferensial parsial, fisika matematika, teori probabilitas, sistem dinamis, dan sebagainya. Mereka pun telah menerbitkan Jurnal Matematika Hokkaido sejak tahun 1972 dan bekerja sama dengan Perpustakaan Matematika, yang berisi sekitar 100.000 buku dan menerima sekitar 350 judul jurnal setiap tahunnya.


Waseda University



Jurusan Matematika di universitas ini bertujuan untuk memberikan pendidikan di berbagai bidang dalam matematika modern berdasarkan keterampilan matematika dasar yang diperoleh siswa di sekolah menengah atas, dan untuk membina sumber daya manusia yang dilengkapi dengan keterampilan matematika yang diperlukan untuk bekerja di berbagai bidang bidang dalam masyarakat. Kurikulumnya difokuskan pada kuliah inti dalam analisis matematika, aljabar, geometri dan matematika informasi, dan dirancang untuk memungkinkan siswa belajar tentang setiap bidang dengan cara yang sistematis. Selama dua tahun, di tahun ketiga dan keempat mereka, siswa memperdalam pembelajaran bidang spesialis mereka dalam seminar kelompok kecil. Jurusan ini memiliki dosen yang merupakan spesialis di bidang pendidikan matematika.


Tokyo University



Tujuan utama dari program pendidikan di Sekolah Pascasarjana adalah untuk mengajar siswa untuk menguasai keterampilan memperoleh pengetahuan secara sistematis dan untuk mengembangkan kemampuan penelitian lanjutan dalam matematika dan ilmu matematika. Mereka melatih mahasiswanya untuk menjadi peneliti aktif di garis depan semua bidang matematika dan ilmu matematika. Dengan memberikan pendidikan yang luas di bidang-bidang tersebut, mereka juga bertujuan untuk membina dan mengembangkan bakat-bakat anak muda yang berpotensi menjadi pemimpin masa depan di berbagai bidang masyarakat. Jurusan ini bertujuan untuk menumbuhkan budaya matematika dan ilmu matematika dari sudut pandang internasional, serta untuk berkontribusi pada pengembangan masyarakat secara keseluruhan. Universitas Tokyo selain melakukan kegiatan mengajar serta membimbing penelitian. Siswa melakukan penelitian di lingkungan mereka dengan tujuan setelah lulus mereka dapat aktif di universitas, pusat penelitian, semua tingkat pemerintahan, industri keuangan dan asuransi, bidang informasi, dan banyak bidang lainnya.


Kyushu University



Kyushu University menawarkan dua program internasional untuk mahasiswa internasional. Semua kuliah, tugas tesis dan bimbingan akan dilakukan dalam bahasa Inggris. Program ini telah ada sejak tanggal 1 Oktober 2010. Jurusan ini memiliki lebih dari tujuh puluh anggota staf akademik yang mencakup berbagai bidang matematika dan bidang terkait, dan merupakan salah satu pusat pendidikan dan penelitian matematika di Jepang.


Jurusan ini memiliki tradisi panjang dalam pencapaian yang mengesankan dalam pendidikan dan penelitian baik matematika terapan maupun matematika murni. Karakteristik lebih lanjut dari jurusan ini adalah penelitian tingkat lanjut yang mencakup kolaborasi dan pertukaran dengan industri swasta, dilengkapi dengan pengajaran dasar melalui hampir selusin seminar penelitian terbuka reguler, kolokium, dan berbagai kuliah intensif. Berbagai macam kuliah akan disampaikan, dengan topik mulai dari matematika murni seperti aljabar dan geometri, hingga matematika terapan seperti probabilitas, statistik, dan matematika komputasi. Dengan cara ini, kegiatan studi dan penelitian dalam program ini sepenuhnya diarahkan untuk mendukung siswa dari semua latar belakang dan minat.


Itulah beberapa kampus yang memiliki jurusan matematika untuk S2. Apakah kamu berminat melanjutkan Pendidikan S2 di salah satu kampus tersebut? Tulis di komentar ya!

Mau tahu info tentang perkuliahan di Jepang? Terus kepoin www.kukchelanguages.com ya!

Postingan Terkait

Lihat Semua

Comments


bottom of page