top of page
Cari

Rekomendasi S2 Jurusan Sistem Informasi di Jepang


Sistem Informasi adalah bidang yang menggabungkan ilmu komputer dengan bisnis dan manajemen. Di jurusan ini akan belajar bagaimana mengidentifikasi kebutuhan dan proses bisnis perusahaan berdasarkan data-data yang dimiliki perusahan, kemudian merancang sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Jadi selain belajar teknik pemrograman, juga dituntut untuk mempelajari proses bisnis yang ada di perusahaan. Saat ini, teknologi informasi mendominasi kebutuhan manusia, SDM yang ahli di bidang ini sudah pasti juga sangat dicari. Salah satu bidang ilmu tersebut adalah sistem informasi yang mempelajari cara membuat dan mengoperasikan perangkat keras dan lunak tertentu untuk berinteraksi dengan data. Sistem informasi juga meliputi studi tentang mengumpulkan, menyaring, dan mendistribusikan data.


Sistem informasi adalah bidang yang relatif baru yang meneliti bagaimana sistem informasi berbasis TI dapat diterapkan pada bisnis. Ada banyak masalah untuk mengatasi di bidang manajemen bisnis. Ilmu informasi manajemen mengatasi masalah ini dengan berfokus pada upaya untuk mengembangkan pemrosesan informasi dan teknologi komunikasi dengan mengembangkan solusi (perangkat lunak) teknologi TI. Penelitian di bidang ilmu informasi manajemen berusaha untuk mengidentifikasi informasi yang dibutuhkan untuk pengelolaan bisnis, di mana dapat ditemukan, dan bagaimana dapat diterapkan terhadap kegiatan pengembangan bisnis. Penelitian semacam itu dapat dianggap sebagai penerapan informasi, dan tidak hanya mencakup data keras yang dihasilkan oleh komputer, tetapi juga mencakup kepekaan dan pengalaman manajer dalam mempertimbangkan proses pengambilan keputusan berbasis manusia juga.Hal ini pun menarik perhatian siswa internasional untuk belajar sistem informasi di Jepang, di artikel Kukche Languages ini adalah beberapa universitas yang menawarkan jurusan S2 sistem informasi yang dapat kita pertimbangkan.


Osaka Institute of Technology



Jurusan Sistem Informasi menawarkan kesempatan untuk mempelajari dan mengeksplorasi teknologi yang diperlukan untuk membuat dan mengelola sistem informasi, dan perangkat lunak yang memungkinkan infrastruktur sosial. Dalam masyarakat kontemporer, jaringan sosial dan industri diciptakan dan dipelihara oleh berbagai sistem informasi yang memanfaatkan Teknologi Komunikasi Informasi (TIK). Sistem seperti itu benar-benar berfungsi sepanjang waktu, secara efektif menopang masyarakat yang sehat di mana orang dapat menjalani kehidupan yang kreatif dan memuaskan. Dalam perjalanan perkembangan ini, sebagai persyaratan sosial menjadi semakin maju dan beragam, dan lingkungan mengalami perubahan yang cepat, solusi baru harus ditemukan untuk mengatasi masalah mendesak. Menanggapi kebutuhan sosial ini, program yang ditawarkan oleh Departemen Sistem Informasi bertujuan untuk mengembangkan insinyur terkemuka untuk generasi mendatang, dengan berfokus pada pendidikan teknik yang membahas sistem informasi, dan mempromosikan R&D sistem informasi yang pada akhirnya akan menciptakan solusi efektif untuk kontemporer masalah.


Jurusan Sistem Informasi berfokus pada pendidikan teknologi dasar, untuk mengembangkan insinyur sistem informasi yang dapat membuat dan mengelola sistem yang kompleks ini. Di antara bidang teknologi dasar yang termasuk dalam jajaran mata pelajaran khusus Departemen adalah database, jaringan, rekayasa perangkat lunak, rekayasa sistem, dan perencanaan sistem informasi, serta latihan laboratorium dalam pemrograman C, pemrograman Java, dan pengoperasian sistem informasi yang digunakan. dalam berlatih dan menguasai teknologi tersebut.


Selama seminar informasi tahun ketiga dan seminar penelitian tesis tahun keempat, mahasiswa memperdalam pengetahuan mereka tentang rekayasa perangkat lunak, dan merancang dan mengimplementasikan sistem konkret seperti sistem terdistribusi otonom, sistem sosial, sistem manajemen, sistem basis data, aplikasi web, dan sistem informasi terdistribusi. Dengan demikian, siswa didorong untuk mengembangkan kemampuan mereka untuk mengusulkan, mengklarifikasi, dan memecahkan masalah atas inisiatif mereka sendiri, sehingga memperoleh keahlian dan teknik yang akan berguna saat bekerja di sektor industri, sosial, publik, dan lainnya.


Kyoto University



Informatika adalah studi tentang informasi dalam sistem alami dan buatan. Sekolah Pascasarjana Informatika Universitas Kyoto mendekati lapangan dari tiga bidang berikut: 1) antarmuka dengan manusia dan masyarakat, 2) pemodelan dan simulasi matematika, dan 3) sistem informasi. Studinya mencakup aspek informasi manusia, sosial, biologi, linguistik, komputasi, algoritmik, teori kontrol, matematika dan mekanik, serta ilmu komputer, ilmu sistem dan teknik komunikasi. Sekolah Pascasarjana Informatika ini terdiri dari 6 departemen dan saat ini memiliki 130 departemen anggota fakultas penuh waktu, 75 anggota staf dan 583 mahasiswa pascasarjana, termasuk 11 anggota fakultas internasional dan 110 mahasiswa internasional.


Sekolah ini dibedakan oleh kekuatannya dalam penelitian dan kualitas kurikulumnya. Sekolah pascasarjana sekarang menawarkan tiga program gelar internasional yang diajarkan dan dikelola sepenuhnya dalam bahasa Inggris. Program Pascasarjana Kolaborasi dalam Desain diluncurkan pada April 2013 oleh Sekolah Pascasarjana Informatika bekerja sama dengan Sekolah Pascasarjana Teknik, Pendidikan, dan Manajemen. Program ini bertujuan untuk menumbuhkan orang-orang yang yang dapat bekerja sama dengan orang-orang di luar bidang spesialisasi mereka untuk menghasilkan hasil yang inovatif dan kreatif. Melalui program ini dan inisiatif lainnya, sekolah berupaya memperkuat keterampilan kepemimpinan siswa dan memberi mereka kesempatan untuk membangun jaringan internasional.


Waseda University



Sekolah Pascasarjana Informasi, Produksi, dan Sistem (IPS) Universitas Waseda adalah sekolah pascasarjana yang tidak memiliki departemen sarjana terkait yang didirikan di area Taman Sains dan Penelitian Kitakyushu pada tahun 2003 sebagai basis Universitas Waseda untuk memperluas kehadirannya di Asia. Dengan tiga bidang studi, yaitu Arsitektur Informasi, Sistem Produksi, dan Sistem Terpadu, IPS melakukan penelitian akademis di bidang teknologi yang dibutuhkan masyarakat saat ini, dan berupaya mewujudkan masyarakat yang berkelanjutan melalui pemanfaatan teknologi.


Setelah segera menerapkan perkuliahan baik dalam bahasa Jepang dan Inggris untuk semua mata kuliah pada saat pendiriannya, IPS telah menciptakan lingkungan di mana mahasiswa internasional yang unggul juga dapat belajar bersama dengan mahasiswa Jepang. IPS aktif melakukan berbagai proyek penelitian bersama dengan berbagai organisasi domestik dan internasional, seperti perusahaan dan universitas, dan berpartisipasi dalam banyak proyek publik.


Ada beragam pemberi kerja, baik domestik maupun internasional, di bidang-bidang seperti manufaktur listrik, semikonduktor dan mobil, serta layanan telekomunikasi informasi. Dalam lingkungan tanpa batas ini di mana siswa berkumpul dari berbagai negara, kelompok usia, dan latar belakang, mereka yang cukup termotivasi akan menemukan peluang untuk memperoleh pengetahuan teknik dan perspektif global yang dibutuhkan oleh masyarakat.


Ritsumeikan University



Fokus utama pendidikan di Information Systems Science and Engineering Course (ISSE) adalah untuk melatih orang-orang yang dapat bekerja di dunia teknis yang berkembang pesat ini, sebagai anggota tim, sebagai inovator, dan sebagai pemimpin. Siswa dalam program ini mengembangkan keterampilan teknik sistem informasi yang diperlukan untuk bekerja di mana saja di dunia dan membawa imajinasi dan kompetensi teknis ke setiap jenis proyek dan organisasi, sambil juga mempertahankan manfaat kuat dari kepribadian dan budaya unik mereka sendiri.


Selama tahun pertama, siswa belajar tentang siklus hidup proyek di mana kursus Pembelajaran Berbasis Proyek dibingkai. Setelah berkenalan dengan proyek dan laboratorium, serta mendapatkan dasar-dasar ilmu informasi, di tahun kedua mereka, siswa mulai bekerja sebagai anggota tim. Pada saat yang sama, dan memasuki tahun ketiga mereka, para siswa memperoleh kompetensi dalam mata kuliah pilihan lanjutan. Pada akhir tahun ketiga, siswa siap untuk meluncurkan proyek mereka sendiri, yang dapat diintegrasikan dengan proyek lain tetapi merupakan inovasi siswa sendiri. Penyelesaian tahun keempat dan kelulusan meluncurkan siswa ke dunia baru di mana mereka dapat terus bekerja pada proyek-proyek sebagai akademisi, pengembang produk dan sistem, manajer proyek internasional, pengusaha, dan karir sukses lainnya.


Siklus hidup sistem informasi menunjukkan jalur semua sistem yang sukses. Proyek dalam inisiatif pembelajaran berbasis proyek ISSE mengikuti rute yang sama. Siswa belajar membawa proyek dari konsep ke kenyataan dan juga bagaimana mempertahankan dan membangun proyek dan konsep sebelumnya. Pembelajaran berbasis proyek memungkinkan siswa untuk membangun kompetensi dan kepercayaan diri dalam membangun sistem yang bekerja dengan baik dengan setiap orang lain dan bagian dari proses pengembangan, oleh karena itu memiliki peluang yang jauh lebih baik untuk berhasil dan mengarah ke proyek sukses lainnya.


Itulah kampus dengan jurusan S2 sistem informasi di Jepang. Kalau ingin melanjutkan pendidikan bidang tersebut di Jepang, bisa banget pilih salah satu kampus tersebut.

Mau tahu tentang perkuliahan di Jepang? Terus jelajahi web www.kukchelanguages.com!


Postingan Terkait

Lihat Semua

Comments


bottom of page