top of page
Cari

Rekomendasi S2 Jurusan Sastra Inggris, untuk yang Ingin Melanjutkan Pascasarjana di Jepang


Di Jepang, orang Jepang belajar bahasa Inggris di sekolah menengah pertama dan atas selama total enam tahun – kira-kira 630 jam. Dengan meningkatnya penekanan pada bahasa Inggris bisnis untuk pemulihan ekonomi, dan meningkatnya ketergantungan universitas terhadap ujian TOEIC dan TOEFL untuk menguji kemahiran, keadaan pengajaran sastra berbahasa Inggris saat ini dalam pendidikan tinggi di Jepang tampaknya merupakan situasi yang genting.


Menjadi guru bahasa Inggris di sekolah terus menjadi pekerjaan populer bagi lulusan bahasa Inggris, dan lulusan sastra adalah wajib untuk mendapatkan lisensi guru di Jepang. Ini sering menjadi satu-satunya alasan mengapa departemen bahasa terus menawarkan kursus sastra, dan paling tidak pada saat itu. Berikut ini adalah beberapa jurusan yang menawarkan jurusan S2 sastra Inggris yang patut dilihat sebagai daftar universitas idaman.


Senshu University


Universitas Senshu (専修大学, Senshū Daigaku) ​​adalah sebuah universitas swasta di Chiyoda, Tokyo, Jepang. Didirikan pada tahun 1880 sebagai Senshu College. Itu dibuka dengan departemen hukum dan ekonomi dan dioperasikan sebagai sekolah pelatihan khusus. Universitas ini didirikan pada tahun 1913 ketika Senshu College memperoleh status universitasnya. Sejak itu telah berganti nama, Universitas Senshu. Ini memiliki dua kampus: kampus utama, Kanda, dan kampus sekunder, Ikuta. Banyak jurusan ditawarkan di tingkat sarjana, pascasarjana dan profesional dan universitas juga memiliki 12 lembaga penelitian.


Program pascasarjana untuk bahasa Inggris dibagi menjadi lima bidang: Sastra Inggris, Sastra Amerika, Studi Inggris dan Amerika, Linguistik Inggris, dan Linguistik Terapan. Catatan khusus adalah staf spesialis di masing-masing dari lima bidang ini, sesuatu yang jarang terlihat di sekolah pascasarjana lain di Jepang, dan sesuatu yang jelas merupakan keunggulan mencolok yang ditawarkan oleh jurusan ini.


Masing-masing dari lima bidang dalam Jurusan Bahasa Inggris berfokus pada aspek bahasa Inggris yang berbeda. Bidang Sastra Inggris terbagi ke dalam genre puisi dan drama, sedangkan bidang Sastra Amerika mencakup sastra dari abad ke-19 hingga ke-21. Bidang Studi Inggris dan Amerika menawarkan mata pelajaran dalam studi budaya Inggris dan Amerika. Rentang mata pelajaran yang tercakup dalam bidang Linguistik Inggris luas, termasuk Bahasa Inggris Kuno dan Pertengahan, teori linguistik, dan fonetik. Bidang Linguistik Terapan menawarkan mata pelajaran studi komunikasi, TEFL/TESL, dan pelatihan guru. Mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris dapat mengejar minat penelitian mereka sendiri dengan tujuan menghasilkan tesis master, yang ditulis dalam bahasa Inggris atau Jepang. Lulusan yang telah menyelesaikan program magister dapat memulai karir sebagai guru sekolah, atau melanjutkan studi dan penelitian di program doktor.


Mereka juga mengatur pengaturan untuk belajar di luar negeri di sejumlah universitas asing. Dengan memanfaatkan kesempatan belajar di luar negeri ini, siswa dapat meningkatkan studi mereka dan meningkatkan kemampuan bahasa Inggris mereka. Program ini cocok tidak hanya untuk siswa yang ingin menjadi sarjana atau guru tetapi juga untuk anggota profesi guru saat ini yang ingin meningkatkan keterampilan mereka atau ingin memperluas kemampuan bahasa Inggris mereka secara umum.


Meiji University



Didirikan sebagai Sekolah Hukum Meiji pada tahun 1881, universitas ini didirikan di tengah perkembangan pesat Jepang menjadi negara industri modern pada abad ke-19, dan merupakan lembaga yang didirikan dengan tujuan mendidik para pemimpin masa depan Jepang. Pendirinya adalah tiga pengacara, Tatsuo Kishimoro, Kozo Miyagi dan Misao Yashiro, dan meskipun dimulai sebagai sebuah institusi kecil, sekarang menjadi salah satu universitas terbesar di negara ini. Universitas sekarang terdiri dari sepuluh sekolah akademik dan 16 sekolah pascasarjana, serta sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas. Di samping kampus utama yang dikenal sebagai Kampus Surugadai, ada tiga kampus kecil lainnya, yaitu Kampus Izumi, Kampus Nakano dan Kampus Ikuta, yang semuanya terletak di ibu kota Tokyo.


Program Magister Sastra Inggris terdiri dari empat program khusus: Sastra Inggris, Sastra Amerika, Bahasa Inggris, dan Pendidikan Bahasa Inggris. Sastra Inggris, sastra Amerika, dan kursus bahasa Inggris dirancang untuk membekali siswa dengan pengetahuan khusus di bidangnya untuk melanjutkan ke studi doktoral dan karir yang bermanfaat dalam penelitian. Selain itu, tujuan kursus pendidikan bahasa Inggris adalah untuk menghasilkan guru bahasa Inggris dengan keterampilan yang sangat khusus untuk sekolah menengah pertama dan atas di Jepang.


Demikian pula, Program Doktor dibagi menjadi tiga program khusus: Sastra Inggris, Sastra Amerika dan Bahasa Inggris. Di sini, siswa berusaha untuk memanfaatkan pengetahuan yang diperoleh selama studi gelar master mereka untuk mengejar penelitian yang lebih khusus, mendapatkan gelar doktor dan mengukir karir sebagai peneliti yang terampil dan berpikiran independen.


Tsuda University



Tsuda University adalah lembaga pendidikan tinggi swasta untuk wanita dengan sejarah lebih dari 120 tahun sejak didirikan. Dua perguruan tinggi Tsuda dan Sekolah Pascasarjana sekarang terletak di dua kampus. Sekolah Tinggi Seni Liberal dan Sekolah Pascasarjana berada di Kampus Kodaira, yang dikelilingi oleh alam sementara di pinggir kota Tokyo.


Di Universitas Tsuda menawarkan program magister dan doktoral dalam Studi Bahasa Inggris dan Budaya, Studi Internasional dan Budaya, serta Matematika dan Ilmu Komputer. Oleh karena itu, setelah menyelesaikan program sarjana di Universitas Tsuda, dimungkinkan untuk melanjutkan studi di tingkat pascasarjana. Universitas Tsuda terkenal dengan pendidikan dan penelitian tingkat tinggi, dan kurikulumnya ditingkatkan melalui perjanjian pertukaran kredit dengan program pascasarjana di universitas lain. Program pascasarjana kami sekarang memiliki banyak siswa yang telah lulus dari universitas lain.


Program ini bertujuan untuk menumbuhkan spesialis dan peneliti di bidang-bidang berikut: Sastra Inggris, Sastra Amerika, Studi Inggris, Studi Amerika, Linguistik, dan Ilmu Komunikasi (termasuk Pendidikan Bahasa Inggris). Mahasiswa pascasarjana dapat memilih di antara berbagai seminar — dari yang ditawarkan dalam setiap bidang spesialisasi hingga yang lintas disiplin ilmu. Mereka mendorong mahasiswa pascasarjana untuk memperluas minat dan keahlian mereka serta mempelajari secara mendalam bidang penelitian pilihan mereka. Fakultas ini memberikan bimbingan dan saran kepada mahasiswa yang berniat untuk belajar atau melakukan penelitian di luar negeri, terutama di AS atau Inggris. Beberapa dari mereka memperoleh gelar akademik di sana. Selain itu, program ini memiliki asosiasi yang terdiri dari 12 universitas swasta; dalam asosiasi, kredit dapat saling dipindahtangankan. Program ini sangat mudah diakses oleh siswa dari berbagai usia dan latar belakang, termasuk mereka yang berkeluarga atau sudah bekerja. Badan siswa yang beragam seperti itu memperluas cakupan penyelidikan akademis dan membuat diskusi lebih hidup di dalam kelas.


Kyoto Women University



Universitas Wanita Kyoto (京都女子大学, Kyōto joshi daigaku) adalah perguruan tinggi wanita swasta di Higashiyama-ku, Kyoto, Kyoto, Jepang. Pendahulu sekolah ini didirikan pada tahun 1899, dan diresmikan sebagai universitas pada tahun 1949. Fakultas sastra menawarkan siswa kesempatan untuk menjelajahi budaya Jepang yang kaya melalui bahasa dan studi tentang orang-orang melalui berbagai kursus di departemen bahasa dan sastra Jepang. Siswa juga dapat menjelajahi sastra Inggris dan Amerika melalui studi bahasa Inggris. Departemen lain di fakultas sastra termasuk sejarah, pendidikan, studi anak dan psikologi.


Di bawah bimbingan profesor mereka, mahasiswa pascasarjana memperoleh pengetahuan terkini di bidang-bidang seperti sastra Inggris dan Amerika, linguistik Inggris, dan pendidikan bahasa Inggris. Mereka juga membaca dokumen berbahasa Inggris dengan tujuan agar dapat memahami, membandingkan, dan menghargainya dengan baik. Siswa mengambil tutorial untuk bimbingan dalam menulis tesis master mereka dalam bahasa Inggris. Lulusan dapat melanjutkan ke program doktoral, atau mulai bekerja sebagai guru sekolah menengah atau sebagai spesialis bahasa Inggris di industri swasta.


Seiring dengan penerapan sistematis pendidikan khusus di bidang sastra Inggris dan studi bahasa Inggris, mereka telah menyiapkan kurikulum kelas yang berhubungan secara luas dengan negara-negara berbahasa Inggris serta melayani untuk membiasakan siswa dengan interpretasi literatur spesialis dan produksi tesis di Bahasa Inggris. Pada saat yang sama ketika mereka mempelajari dasar-dasar menjadi seorang peneliti yang bertujuan untuk menumbuhkan kemampuan bahasa dan keterampilan analitis yang memadai untuk menghadapi masyarakat informasi global sebagai guru sekolah menengah pertama dan atas dan profesional yang terlibat dalam pertukaran internasional.


Itulah beberapa rekomendasi universitas di Jepang yang menyediakan jurusan Sastra Inggris S2. Ada kampus incaranmu? Tulis di komentar ya!

Mau tahu lebih banyak tentang universitas di Jepang? Terus telusuri web www.kukchelanguages.com ya.


Postingan Terkait

Lihat Semua

Komentarze


bottom of page