top of page
Cari

Rekomendasi S2 Fisika di Jepang


Fisika berfokus pada penelitian dan merupakan salah satu disiplin akademis tertua yang diajarkan di berbagai tahap pendidikan. Bidang ini terutama berfokus pada mekanika klasik, relativitas dan kuantum dan teori medan kuantum. Gelar fisika berfokus pada menjelaskan fenomena yang diamati dan dialami orang dan, melalui penemuannya, ia memiliki pengaruh kuat pada matematika, filsafat, geologi, dan teknik. Umat manusia berhutang beberapa penemuan terbesar masyarakat modern untuk perkembangan di bidang fisika, yang mengarah pada penciptaan laser, TV, radio, komputer, DNA, atau ilmu nuklir.


Juga dikenal sebagai "pengetahuan tentang alam",fisika membuat perbedaan yang signifikan melalui kontribusi dalam teknologi dan terobosan teoretis. Gelar Sarjana dalam fisika mencakup studi tentang atom, materi terkondensasi, optik, astrofisika, dan banyak lainnya. Gelar master dalam fisika, lebih berkonsentrasi pada penelitian dan eksperimen laboratorium, membantu siswa mengembangkan keterampilan analitis, pemecahan masalah, dan komunikasi yang penting. Sangat terkait dengan matematika, fisika adalah bidang yang membawa prospek karir yang menarik bagi mereka yang ingin menjadi dosen, ahli geofisika, ahli meteorologi, pengacara paten, peneliti atau bahkan bekerja untuk pemerintah.


Jepang adalah negara yang kontras, melestarikan tradisi lama yang terkait dengan budaya Jepang yang unik, seperti warisan budaya tradisionalnya yang kental, dan, pada saat yang sama, negara ini adalah pemimpin dalam penelitian ilmiah, sebagian besar teknologi, yang terkenal dengan pembuatan robot. Lebih dari 100.000 siswa internasional dari setiap sudut dunia mendaftar di universitas dan perguruan tinggi Jepang setiap tahun. Institusi pendidikan tinggi di sini fokus pada kinerja akademik berdasarkan ide-ide inovatif dan kreatif, tetapi mereka juga menempatkan banyak nilai dalam mengembangkan kualitas manusia. Sejak tahun 1949, telah ada dua puluh dua orang Jepang (atau kelahiran Jepang) pemenang Hadiah Nobel, terutama di bidang kedokteran, biologi, kimia dan fisika. Semua ini adalah alasan bagus untuk mempertimbangkan belajar di Jepang. Untuk membantu kita dengan itu, di artikel Kukche Languages ini, berikut adalah beberapa universitas pascasarjana fisika jika kita mempertimbangkan untuk belajar fisika di Jepang.


Tohoku University



Universitas Tohoku adalah salah satu yang tertua dan terbesar di Jepang, memiliki sejarah hampir 100 tahun sejak didirikan pada tahun 1911 dan sekarang memiliki fakultas lebih dari 160 profesor dan sekitar 250 siswa di sekolah pascasarjana. Tidak hanya dosen, tetapi juga dari lembaga penelitian dan laboratorium terlibat aktif dalam program sekolah. Penelitian di departemen mereka mencakup semua bidang fisika mulai dari fisika partikel dan nuklir hingga fisika benda terkondensasi, dan meluas lebih jauh ke biofisika dan fisika industri.


Mahasiswa universitas mereka melakukan penelitian kelas dunia pada tingkat tertinggi di bidang fisika di bawah bimbingan supervisor mereka yang berpengalaman. Fasilitas penelitian canggih dari universitas mereka membantu dalam kegiatan mereka. Universitas mereka menempati peringkat kedua di Jepang dan kesebelas di dunia dalam fisika pada tahun 2012 menurut laporan oleh ISI Web of Science. Dalam Program Pascasarjana Fisika, mahasiswa pascasarjana memiliki laboratorium penelitian individu, memungkinkan mereka untuk melakukan penelitian dan belajar dalam lingkungan di mana mereka dapat berkomunikasi dengan fakultas dan mahasiswa pascasarjana di bidang studi yang berdekatan. Ringkasan penelitian yang dilakukan di setiap laboratorium diuraikan di bawah ini.


Tokyo University



Departemen Fisika di Universitas Tokyo adalah salah satu yang berperingkat teratas di dunia. Departemen mencakup hampir semua bidang perbatasan fisika modern, termasuk fisika benda terkondensasi, astrofisika dan kosmologi, fisika partikel dasar, fisika nuklir, fisika atom dan molekul, informasi kuantum, biofisika, dan fisika plasma. Salah satu yang terbesar di dunia, Departemen memiliki lebih dari 130 anggota fakultas, banyak yang diakui secara internasional, terlibat dalam penelitian garis depan sementara juga berkomitmen untuk membimbing siswa mereka. Fakultas dan mahasiswa berbasis di kampus Hongo, di mana fakultas departemen inti berada, dan di lembaga penelitian yang berafiliasi.


Hal ini memungkinkan mereka untuk melakukan penelitian yang beragam dan maju. Institut ini juga menawarkan kesempatan kepada mahasiswa dan fakultas untuk menggunakan fasilitas berskala besar seperti akselerator partikel dan teleskop luar angkasa serta peralatan yang mensimulasikan kondisi ekstrem. Departemen ini memiliki sejarah terpanjang di antara universitas Jepang untuk pendidikan dan penelitian fisika, dan telah mendidik banyak fisikawan terkemuka, termasuk tiga penerima Hadiah Nobel, dua dalam dekade terakhir. Pengakuan puncak ini semakin memperkuat lingkungan belajar dan penelitian Departemen yang dinamis dan menarik. Dalam program pascasarjana, siswa ditugaskan ke salah satu laboratorium di berbagai bidang yang dikejar di Departemen untuk bergabung di garis depan penelitian, dan diharapkan untuk bertindak atas inisiatif mereka sendiri. Kami bertujuan agar siswa mengalami penelitian tingkat atas di mana upaya inovatif dan kreatif terus-menerus diperlukan, dan bahwa mereka memperoleh kemampuan untuk bertindak sebagai ilmuwan independen dalam penelitian dan pengembangan teknologi di berbagai bidang.


Osaka University



Departemen Fisika di Universitas Osaka menawarkan program pascasarjana dua tahun dalam Fisika yang mengarah ke Master of Science dalam Fisika, dan kursus tiga tahun dalam Fisika yang mengarah ke Ph.D. gelar dalam Fisika. Gelar diberikan setelah berhasil menyelesaikan kursus lanjutan yang diperlukan dalam Fisika, pengajuan tesis yang dapat diterima, dan keberhasilan dalam ujian lisan. Tempat tinggal minimal dua semester (sekitar satu tahun) diperlukan untuk mendapatkan gelar M.S. derajat. M.S. Kursus ini dirancang untuk memberikan studi lebih lanjut dan pelatihan dalam penelitian di Fisika. Ini termasuk kuliah dan kerja praktek yang relevan, menempati hingga setara dengan satu semester. Untuk sisanya, siswa mengejar program penelitian yang diawasi pada subjek yang disetujui dalam Fisika. Ujian terdiri dari tesis, dan ujian lisan dari tesis dan bidang umum Fisika.


Mahasiswa pascasarjana di Fisika secara aktif terlibat dalam penelitian di garis depan Fisika, bekerja sama dengan fakultas yang diakui sebagai pemimpin di bidangnya masing-masing. Pembelajaran berlangsung di kedua pengaturan formal dan informal dengan spektrum yang luas dari rekan-rekan, termasuk anggota fakultas, rekan postdoctoral, ilmuwan peneliti, dan rekan-rekan mahasiswa pascasarjana. Pekerjaan lulusan sebagian besar merupakan masalah penelitian independen dan lulusan yang sukses membutuhkan tingkat motivasi diri yang tinggi. Kuliah dan kelas diatur, dan mahasiswa diharapkan untuk menghadiri seminar (disampaikan secara teratur oleh anggota Universitas dan oleh sarjana tamu dan industrialis) dan konferensi eksternal. Ujian akhir melibatkan pengajuan tesis diikuti dengan ujian lisan yang dinilai oleh penguji internal dan eksternal.


Kuliah di semua fakultas Universitas terbuka untuk setiap anggota Universitas, dan mahasiswa pascasarjana Fisika memiliki kesempatan untuk menghadiri kuliah tidak hanya dalam program sarjana Fisika dan Fisika Teoritis, tetapi juga di bidang studi atau fakultas lainnya. Selain itu, mahasiswa pascasarjana melaksanakan supervisi sarjana fisika tahun pertama dan kedua dan membantu dengan kerja praktek dan kelas contoh teoritis di Departemen. Hal ini dapat memberikan sumber pendapatan tambahan dan kesempatan bagi mahasiswa pascasarjana untuk mengkonsolidasikan pengetahuannya tentang fisika.


Tokyo Institute of Technology



Di Program Magister, mereka membina individu yang memiliki kemampuan untuk menyelesaikan berbagai masalah di alam dan masyarakat berdasarkan pengetahuan fisika, dan yang mampu berhasil dalam masyarakat global. Jurusan Pascasarjana Fisika memiliki fakultas kelas dunia yang aktif dalam berbagai bidang teoritis dan eksperimental, melakukan penelitian mutakhir dan mengembangkan individu dengan tingkat profesionalisme dan kreativitas yang tinggi. Penelitian dan pendidikan tingkat tinggi kami sangat diakui dan kami telah dipilih sebagai basis penelitian dan pendidikan kelas dunia oleh program-program seperti Program COE Abad 21 dan Program COE Global.


Untuk melakukan penelitian, selain memperdalam pengetahuan dan pemahaman tentang bidang studi sendiri, juga penting untuk memiliki pkitangan yang luas dari berbagai bidang. Di Program Pascasarjana Fisika, peneliti terkemuka dari Jepang dan luar negeri sering diundang untuk mengadakan seminar Nanoscience dan Fisika Quantum yang memperkenalkan prestasi terbaru dari berbagai bidang. Melalui partisipasi dalam seminar, pemahaman berdasarkan perspektif yang sama sekali berbeda dari penelitian biasa ditumbuhkan.


Itulah beberapa universitas di Jepang yang menyediakan S2 jurusan fisika. Kalau kamu ingin melanjutkan pendidikan S2 fisika, bisa banget pilih salah satu dari universitas tersebut.

Mau tahu lebih banyak soal perkuliahan di Jepang? Terus jelajahi web www.kukchelanguages.com ya!



Postingan Terkait

Lihat Semua

Comments


bottom of page