Cari

Kampus Jurusan Kesejahteraan Sosial di Jepang


Jurusan Kesejahteraan Sosial adalah sebuah jurusan yang berada di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Ilmu Kesejahteraan Sosial sendiri merupakan ilmu terapan yang mengkaji dan mengembangkan pemikiran dan metode untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Lulusan Kesejahteraan Sosial dibutuhkan baik di instansi pemerintahan, perusahaan swasta, lembaga internasional, sampai organisasi nirlaba yang bergerak dalam bidang pemberdayaan masyarakat. Selain itu, kita juga bisa jadi konsultan dalam berbagai program pengembangan masyarakat.


Kesejahteraan Sosial mengajarkan tentang pengetahuan dasar pekerjaan sosial, nilai, prinsip, dan etikanya. Disini juga akan belajar kebijakan dan pelayanan sosial di tingkat lokal, nasional, dan internasional. Jurusan ini sangat ideal bagi mereka yang memiliki rasa tanggung jawab sosial yang tinggi dan ingin mendalami bidang tersebut, apalagi jika menyukai aktivitas outdoor untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat.


Namun universitas di Indonesia yang memiliki jurusan kesejahteraan sosial masih sedikit sehingga membuat persaingannya menjadi ketat. Namun jangan khawatir, Universitas di Jepang ternyata memiliki beberapa universitas yang menawarkan jurusan ini. Yuk scroll terus artikel Kukche Languages ini agar tahu beberapa jurusan yang menawarkan jurusan Kesejahteraan sosial yang patut dilihat sebagai daftar universitas idaman.


Kansai University


Fakultas Kesejahteraan Sosial di universitas ini bermaksud menyelenggarakan pendidikan dan penelitian yang bertujuan untuk mewujudkan hidup sehat didalam masyarakat dengan tetap menjaga apresiasi kehidupan secara menyeluruh. Setiap kurikulum fakultas ini berfokus pada bidang penelitian tertentu.

Kampus fakultas terletak di Sakai, sebuah kota yang dirancang oleh pemerintah di Prefektur Osaka. Bekerja sama dengan pemerintahan kota, fakultas bertujuan untuk mempromosikan proyek regional mengenai kesejahteraan masyarakat, sambil memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar tentang bagaimana menciptakan kesejahteraan masyarakat melalui kerja lapangan.


Pada tahun pertama, mahasiswa akan memperoleh pengetahuan dasar melalui perkuliahan seperti ceramah dan seminar pengantar yang dilakukan secara estafet oleh anggota fakultas dengan beberapa tema tentang kesejahteraan masyarakat. Siswa memilih kursus tergantung pada minat masing-masing. Di tahun kedua, siswa berpartisipasi dalam seminar dasar, dan kemudian melanjutkan ke seminar yang lebih terspesialisasi di tahun ketiga, diikuti dengan seminar yang diperlukan untuk kelulusan di tahun keempat. Semua seminar ini dirancang untuk memberikan siswa dengan pendidikan praktis dalam kelompok kecil maupun besar.


Hosei University


Fakultas Kesejahteraan Sosial di universitas ini menawarkan berbagai macam latihan dan kursus pengalaman praktis yang sesuai dengan masa depan berbagai siswa untuk menghadapi berbagai persoalan di dalam masyarakat. Siswa dapat dilatih tidak hanya dalam latihan dan pengalaman praktis untuk memperoleh kualifikasi pemerintah sebagai pekerja sosial dan profesional kesehatan mental, tetapi juga dapat melatih latihan dan pengalaman praktis untuk pekerjaan sosial sekolah, pekerja sosial medis, pegawai kota, pegawai NPO, dan swasta. bisnis di tempat kerja yang mengkhususkan diri untuk masing-masing bidang tersebut untuk lebih memperjelas jalur masa depan mereka.


Di fakultas ini mahasiswa tahun pertama selalu ditugaskan untuk latihan inti (seminar) dan mahasiswa tahun kedua ke atas untuk latihan khusus (seminar). Dengan melaksanakan instruksi kelompok kecil yang terdiri dari kurang dari 20 peserta dalam latihan inti dan sekitar 10 peserta dalam latihan khusus, instruksi rinci dapat dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan masing-masing siswa. Latihan khusus secara khusus memungkinkan siswa untuk memilih latihan berdasarkan minat khusus mereka. Dengan mengulangi diskusi dengan teman sekelas dan instruktur yang sama selama 3 tahun, siswa dapat meningkatkan kemampuan berpikir, diskusi, penelitian dan presentasi mereka.


Mahasiswa juga dapat memperoleh kualifikasi pemerintah sebagai pekerja sosial dan profesional kesehatan mental di fakultas ini. Namun keterampilan dan pengetahuan yang dipelajari di departemen pengembangan masyarakat tidak berakhir hanya dengan mendapatkan kualifikasi tersebut. Selain itu, pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh di Departemen Pengembangan Masyarakat sangat dihargai oleh pihak swasta. Kemampuan komunikasi dan kemampuan pemecahan masalah yang diperoleh melalui pelatihan pengalaman dan instruksi kelompok kecil sangat dicari oleh perusahaan sektor swasta yang merupakan mitra penting dalam penciptaan komunitas sosial.


Waseda University



Fakultas Kesejahteraan Sosial di universitas ini melakukan pendekatan terhadap kesejahteraan manusia dari berbagai sudut pandang yang berbeda untuk menyediakan landasan bagi kehidupan masyarakat. Fakultas ini memberikan kesempatan untuk studi komprehensif dan multilateral tentang sistem sosial. Secara khusus, Departemen memberikan kesempatan untuk belajar dengan memilih bidang dan metode penelitian tertentu sesuai dengan tujuan dan minat mereka, dan memperoleh pembelajaran komprehensif di bidang terkait dengan fokus pada spesialisasi pilihan mereka.


Dengan cara ini, siswa dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan dengan penerapan yang luas, sekaligus memiliki spesialisasi. Hal ini menciptakan peluang bagi mereka untuk bekerja di perusahaan atau di lembaga pemerintah setelah lulus, dan memungkinkan mereka untuk bekerja di berbagai bidang sebagai spesialis kesejahteraan atau sebagai peneliti.


Untuk memungkinkan mahasiswa mencapai pembelajaran ini,mereka telah menunjuk staf pengajar dari berbagai bidang. Selain guru yang berspesialisasi dalam berbagai bidang. Agar dapat memaksimalkan pembelajaran, mereka juga memiliki ahli dengan pengalaman di garis depan kesejahteraan masyarakat, serta di perusahaan maupun lembaga pemerintah. Dengan pembelajaran dengan cara yang beraneka ragam dari beragam guru, siswa dapat berkembang menjadi anggota masyarakat yang aktif dengan memiliki keterampilan khusus dan perspektif yang luas.


Niigata University of Health and Welfare


Misi Departemen Kesejahteraan Sosial adalah mendidik mahasiswa menjadi pekerja sosial profesional dengan kualifikasi nasional. Departemen ini membahas masalah pengayaan kualitas hidup (QOL) semua orang, terutama mereka yang membutuhkan dukungan karena berbagai bentuk kesulitan hidup. Mereka juga mendidik siswa sehingga mereka dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan teknis yang mereka perlukan di bidang pekerjaan sosial dan menumbuhkan rasa nilai yang sesuai. Mereka juga berusaha meningkatkan pendidikan karir termasuk berbagai kegiatan sosial sehingga dapat menemukan solusi dari permasalahan sosial.


Disini mahasiswa bertujuan untuk memenuhi syarat sebagai pekerja sosial bersertifikat, pekerja sosial, sekretaris kesejahteraan sosial, dan konselor. Lulusan universitas ini mendapatkan pekerjaan di pemerintah prefektur dan kota, dewan kesejahteraan sosial, fasilitas kesejahteraan anak, fasilitas kesejahteraan disabilitas, fasilitas perawatan lansia, institusi medis, di antara banyak tempat kerja lainnya.


Selain itu mereka melakukan penelitian tentang teori pekerjaan sosial dan contoh-contoh praktis dengan fokus utama pada praktik pekerjaan sosial generalis dan penelitian interdisipliner tentang pengembangan dan implementasi kebijakan kesejahteraan di tingkat lokal dan nasional. Dengan membekali siswa dengan keterampilan yang diperlukan, universitas ini mendidik mahasiswanya dengan keterampilan tingkat lanjut sebagai pembuat kebijakan, yang kompeten dalam pengembangan proyek, pelaksanaan dan evaluasinya. Mereka juga melatih administrator dengan kemampuan manajerial yang bertanggung jawab atas operasi administratif lembaga kesejahteraan masyarakat.


Itulah beberapa universitas di Jepang yang memiliki jurusan kesejahteraan sosial. Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di Jepang dalam bidang kesejahteraan sosial, bisa banget pilih salah satu universitas tersebut! Sudah menentukan mau pilih universitas mana?

Suka informasi tentang kampus-kampus di Jepang? Kepoin terus website www.kukchelanguages.com ya!



Follow media sosial kami

  • Kukche Languages
  • @kukchelanguages
  • Kukche Languages

Informasi Beasiswa:

  • Beasiswa_MEXT
  • Beasiswa_KGSP

Kukche Mitra Sukses CV.

Jl. Jend. A.Yani No.124 Kelurahan Tanah Sereal, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor 16151 Indonesia

Telp. 0251-8574880

©2021 Kukche Languages. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.