Cari

Kampus Jurusan HI di Jepang


Hubungan Internasional atau sering disingkat sebagai HI adalah cabang keilmuan yang secara spesifik mempelajari dinamika hubungan antar negara, serta organisasi, perusahaan, atau individu yang memiliki pengaruh lintas negara, dan seperti apa implikasinya. Mereka juga mempelajari hal hal yang berkaitan dengan negara seperti seperti ekonomi, politik, sejarah, hukum internasional, budaya, analisis konflik dan perdamaian, pertahanan keamanan, sosiologi, antropologi, kesejahteraan, globalisasi, lingkungan dan banyak bidang lainnya. HI memiliki peluang kerja dan gaji yang cukup tinggi. Misalnya sebagai international officers di organisasi-organisasi NGO terkemuka dunia. Selain itu dapat bekerja di organisasi seperti LSM non profit, lembaga penelitian serta menjadi diplomat, pegawai Departemen Luar Negeri, Kedutaan Besar, Konsulat, dan Atase.


Jepang sendiri sebagai salah satu negara yang tergabung di berbagai organisasi internasional serta merupakan salah satu negara maju pun ternyata memiliki jurusan HI di beberapa kampusnya, loh. Di universitas mereka juga mengajarkan hubungan internasional antar negara di dunia loh. Tak hanya itu, Jepang juga merupakan salah satu destinasi pendidikan khususnya bagi mahasiswa asing, hal itu jelas memberikan keragaman budaya di Jepang.


Pada artikel Kukche Languages ini, akan dijabarkan universitas mana saja yang memiliki jurusan HI. Berikut ini adalah daftar universitas Jepang yang menyediakan jurusan HI yang dapat kita masukkan ke daftar jurusan yang akan diambil.


Waseda University



Program HI di Universitas ini memiliki tiga spesialisasi yaitu “Area Studies”, “International Relations”, dan “International Development/ Policy Studies”. Siswa dapat fokus pada satu bidang spesialisasi, tetapi pada saat yang sama dapat mempelajari di ketiga bidang tersebut. Dengan menggunakan pendekatan multi-perspektif berbasis luas untuk memahami dan menganalisis perubahan penting yang terjadi di dunia terutama kawasan Asia-Pasifik, lulusan akan dipersiapkan dengan baik untuk menghadapi tantangan dan peluang kawasan dalam berbagai bidang kapasitas profesional.


Oleh karena itu, mahasiswa dapat merancang sendiri inti studinya sesuai dengan minat, pengalaman, dan spesialisasi masing-masing. Misalnya, seorang siswa yang sudah memiliki pengetahuan khusus tentang bahasa atau situasi politik / ekonomi di daerah atau negara tertentu disarankan untuk memperoleh berbagai alat analisis baru selain memperdalam pengetahuannya tentang daerah / negara tersebut. Sebaliknya, siswa yang terbiasa dengan alat analisis ekonomi, dll, dapat mempelajari situasi dan bahasa suatu daerah atau negara dengan menggunakan alat ini.


Tujuannya adalah untuk mengembangkan para profesional yang akan berperan aktif dalam masyarakat internasional terutama kawasan Asia-Pasifik. Oleh karena itu, universitas ini mencari lulusan baru yang memiliki kesadaran akan isu-isu tentang masa depan dunia, mereka juga menerima yang bertujuan untuk mencapai tingkat aktivitas yang lebih tinggi di masyarakat internasional.


Area Studies berkonsentrasi pada analisis masalah kompleks yang dihadapi dunia terutama kawasan Asia-Pasifik, dan mencari solusi untuk banyak masalah ini dengan mempelajari perubahan sejarah, ekonomi, politik, budaya, dan sosial yang sedang terjadi di kawasan tersebut. International Relations berupaya memahami dan menyelesaikan masalah yang dihadapi kawasan dari perspektif organisasi internasional, kerja sama ekonomi, pembangunan ekonomi, lingkungan, dan hukum internasional. International Development/ Policy Studies berfokus pada pengungkapan tema umum yang dihadapi dunia saat ini (dari perspektif LSM dan NGO, bantuan pembangunan luar negeri (ODA), teori gender, teori budaya, informasi dan telekomunikasi, dll.), Dan untuk mengeksplorasi cara-cara di mana hal ini tema umum dapat diatasi melalui pembangunan internasional yang lebih besar dan pembuatan kebijakan.


Doshisha University


Jurusan di universitas ini diluncurkan pada bulan April 2010 sebagai tanggapan atas munculnya masalah global baru-baru ini seperti masalah migrasi transnasional dan lingkungan. Dalam masyarakat saat ini di mana orang dan benda saling terkait secara rumit lintas batas, masalah apa pun yang mungkin muncul tidak boleh dipertimbangkan dalam konteks terbatas dari area tertentu. Dan "global" tidak hanya berarti perluasan geografis. Isu global saat ini melibatkan banyak lapisan konteks seperti masyarakat, ekonomi, budaya dan filosofi, yang sebelumnya telah dibahas secara terpisah. Isu-isu yang muncul di dunia saat ini secara drastis mengguncang kerangka tradisional humaniora dan ilmu sosial.


Pembelajaran disini mendekati masalah global ini dengan penekanan pada fitur unik dari masing-masing bidang keahlian dan perspektif lintas regional. Daripada mengejar universalitas dan generalisasi, mereka berfokus pada penyelidikan kasus individu untuk mencari koneksi. Oleh karena itu, siswa diharapkan menunjukkan antusiasmenya terhadap objek atau tempat yang diminati, dan keberanian untuk keluar dari konteks dalam mencari koneksi. Universitas ini bertujuan membuat siswa untuk menjelaskan minat penelitian mereka dan masalah apa yang ingin mereka tangani dalam studi mereka melalui 3 bidang mereka.


American Studies Cluster mendorong siswa untuk mengetahui lebih dekat negara Amerika Serikat dari perspektif global. Keahlian fakultas sangat luas, dari filsafat politik, studi perdamaian, studi gender dan seksualitas, hingga antropologi, studi agama, sejarah, studi Diaspora Afrika, dan studi film. Melalui kelas dan pengarahan fakultas, siswa mengembangkan pemahaman yang mendalam tentang sejarah, masyarakat, budaya dan pemikiran Amerika, serta beberapa persimpangan dan pertemuan transnasional yang telah membentuk Amerika Serikat.


Sedangkan Contemporary Asian Studies Cluster mempelajari budaya, kehidupan dan perasaan orang-orang yang tinggal di daerah yang bersangkutan juga perlu dicermati. Asia saat ini seperti masalah politik, ekonomi dan sosial, yang banyak di antaranya sulit dipecahkan. Global Society Studies Cluster membahas berbagai masalah mulai dari keamanan manusia, pencegahan konflik, pembangunan perdamaian, pembangunan dan kemiskinan hingga migrasi transnasional, pendidikan multikultural, gender, kewarganegaraan, rasisme, ketidaksetaraan kelas, dan tantangan lingkungan.


Tokyo University



Jurusan di universitas ini mempelajari hubungan internasional negara dalam dimensi politik, ekonomi, dan budaya, tidak terbatas pada ruang-ruang nasional. Dan juga organisasi kelembagaan hubungan internasional telah mengalami kemajuan, konflik kompleks yang membutuhkan penyelesaian terus terjadi di seluruh dunia. Tak hanya itu, kita akan mempelajari masalah domestik dan internasional yang diarahkan ke penelitian yang mempelajari hubungan internasional secara terintegrasi tinggi.


Bidang hubungan internasional yang akan dipelajari sendiri seperti politik internasional, hukum internasional, ekonomi internasional, sejarah hubungan internasional, atau studi berbasis wilayah. Dengan kata lain,hal ini bertujuan untuk menambahkan wawasan yang dihasilkan dengan menerapkan lensa kognitif berbeda dari berbagai bidang ini untuk melihat masalah agar bisa memiliki gambaran yang lebih lengkap dan lebih kompleks yang tidak dapat dianalisis secara bermakna dari perspektif yang berbeda Selain itu, mereka juga menampilkan beragam kuliah khusus, kursus seminar, penelitian topikal dan studi berbasis area, serta kursus pilihan termasuk "Sejarah Hubungan Internasional," "Lembaga Internasional," "Organisasi Internasional", "Keuangan Internasiona", "Kerjasama Internasional", "Hubungan Internasional Lingkungan", "Model Dunia". Mahasiswa diberi kesempatan untuk mengeksplorasi lebih jauh berbagai bidang terapan sesuai dengan minat dan mata pelajaran yang mereka pilih untuk pembelajaran mereka


Hal ini dikhususkan untuk melatih individu untuk berpengalaman secara intelektual dan internasional yang mampu mendekati berbagai masalah konkret yang dihadapi dunia kontemporer secara komprehensif, dilengkapi dengan metode ilmiah sosial yang tepat dan perspektif yang luas. Lulusan jurusan ini juga biasanya melanjutkan karir di perusahaan besar skala internasional (terutama di sektor keuangan, jasa dan manufaktur) atau lembaga pemerintah (seperti layanan luar negeri), serta di organisasi internasional dan jurnalisme.


Tsukuba University


Jurusan di Universitas ini memungkinkan siswa untuk mendapatkan gelar mereka melalui kelas yang diajarkan dalam bahasa Inggris. Pembelajarannya sendiri berfokus pada studi hubungan internasional yang komprehensif dan multidisiplin, termasuk studi bahasa selain bahasa Inggris, dan metode analisis yang diambil dari ilmu sosial dan bidang terkait dalam pembelajaran siswa. Selain itu juga mereka memberikan wawasan tentang topik utama dalam studi sosial Jepang dan internasional menggunakan pendekatan multidisiplin agar siswa dapat 'menavigasi' melalui berbagai bidang menarik seperti hubungan internasional, ilmu politik, ekonomi, sosiologi dan manajemen, dan berspesialisasi dalam bidang tertentu di tahun ketiga dan keempat studi mereka.


Ciri khas dari jurusan di universitas ini adalah bahwa jumlah murid kelas kecil, dengan masing-masing kurang dari 20 hingga 50 siswa, memungkinkan pengembangan diskusi mendalam tentang berbagai masalah utama dunia kontemporer, seperti migrasi internasional, pembangunan ekonomi, lingkungan isu dan masyarakat informasi. Manfaatkan diskusi dan presentasi dalam kelompok kecil untuk menjaga proses pendidikan tetap dinamis, dialektik, dan menarik.


Selain diajarkan dalam bahasa Inggris, siswa juga memiliki kesempatan untuk belajar bahasa Jepang sebagai bahasa asing. Bergantung pada kemahiran bahasa mereka, mereka juga dapat mengambil kelas reguler yang diajarkan dalam bahasa Jepang. Keragaman isi kursus disesuaikan dengan latar belakang siswa yang mengambilnya.dan mereka sendiri memiliki lingkungan dengan siswa yang beragam latar belakang di kelas, di mana mereka mengembangkan diskusi dari perspektif multisisi, multikultural dan global.


Itulah beberapa universitas di Jepang yang memiliki jurusan HI. Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di Jepang dalam bidang hubungan internasional, bisa banget pilih salah satu universitas tersebut! Sudah menentukan mau pilih universitas mana?


Suka informasi tentang kampus-kampus di Jepang? Kepoin terus website www.kukchelanguages.com ya!



Follow media sosial kami

  • Kukche Languages
  • @kukchelanguages
  • Kukche Languages

Informasi Beasiswa:

  • Beasiswa_MEXT
  • Beasiswa_KGSP

Kukche Mitra Sukses CV.

Jl. Jend. A.Yani No.124 Kelurahan Tanah Sereal, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor 16151 Indonesia

Telp. 0251-8574880

©2021 Kukche Languages. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.