Cari

Kampus Jurusan Arsitektur di Jepang



Sejak lama, Jepang dikenal karena memiliki arsitektur yang mampu memadukan design traditional, alam dengan teknologi modern mereka, menciptakan daya tarik tersendiri yang memiliki daya tahan yang lama serta mampu menanggulangi dampak kerusakan akibat bencana yang kerap kali terjadi di Jepang.


Hal ini membuat calon mahasiswa baik dari Jepang maupun Internasional menjadikan Jepang menjadikan salah satu destinasi untuk menuntut ilmu, khususnya arsitektur yang terus berkembang sesuai perkembangan jaman.


Pada artikel Kukche Languages ini, kamu akan tahu beberapa universitas di Jepang yang memiliki jurusan arsitektur. Berikut ini adalah daftar universitas yang menyediakan jurusan arsitektur di Jepang yang bisa dimasukan kedalam daftar universitas tujuan kuliah.


Tokyo University of Arts


Departemen Arsitektur di universitas ini memiliki karakteristik unik yaitu penekanan pada perolehan "keterampilan desain arsitektur". Hal ini terjadi karena disini mereka menyelenggarakan sistem pendidikan yang memungkinkan mahasiswa untuk mengejar orisinalitas dan mempertajam kepekaan mereka sambil mengembangkan berbagai pengetahuan ilmiah dan kemampuan berpikir dalam ilmu arsitektur.


Tahun pertama kamu akan belajar mengenai berbagai topik kreatif dibahas dalam pengantar desain arsitektur, termasuk pelatihan dasar di berbagai bidang seperti norma struktural arsitektur dan mode ekspresi terkait.


Tahun kedua memiliki perbedaan yaitu semester pertama berfokus pada struktur tempat tinggal dan semester kedua membahas institusi pembelajaran mengenai bangunan. Di akhir tahun kedua, mahasiswa mempelajari desain struktural sebagai landasan untuk mewujudkan ruang dan bentuk dalam bangunan.


Tahun ketiga mempelajari tema penataan ruang dalam arsitektur, dan topik kajian bergeser ke arah struktur bangunan yang lebih kompleks. Arsitektur terpilih pun diundang selama di tahun ketiga untuk menambah wawasan.


Di tahun keempat mahasiswa beralih ke proyek senior sambil mempelajari cara mengidentifikasi bentuk ideal untuk ruang kota ruang skala besar yaitu pada skala blok kota dan sekamurnya. Mahasiswa juga kemudian diberikan tugas pendahuluan yang berfungsi sebagai titik awal untuk proyek tesis mereka.


Tohoku University


Berada di departemen Civil Engineering and Architecture, arsitektur di Universitas Tohoku menawarkan kesempatan untuk merancang bangunan yang tidak hanya memenuhi keindahan artistik tetapi juga keamanan, kenyamanan, dan sesuai dengan lingkungan, serta untuk memecahkan berbagai masalah yang ditimbulkan dalam proses perancangan ruang seperti perencanaan arsitektur, lingkungan dalam ruangan, dan struktur.


Di jurusan ini kamu akan belajar berkaitan dengan bangunan dan infrastruktur yang mendukung keamanan dan kenyamanan kehidupan modern. Mahasiswa juga dituntut untuk mengambil masalah nyata yang berkaitan dengan perencanaan kota, penyediaan infrastruktur publik, perlindungan lingkungan, kesiapan bencana, arsitektur dan desain perkotaan dan banyak lagi. Mereka terlibat dalam pembelajaran praktik di lima mata kuliah Teknik Infrastruktur, Studi Perairan dan Lingkungan, Transportasi dan Perencanaan Kota, Desain Arsitektur, dan Teknik Arsitektur.


Mahasiswa di sini dibina dengan tujuan untuk berkontribusi kepada masyarakat dengan menghasilkan insinyur, desainer, dan peneliti yang selaras dengan kemajuan dalam kehidupan dan masyarakat yang memiliki pengetahuan, kepekaan, dan perspektif luas yang diperlukan untuk menciptakan desain dan teknologi berikutnya yang akan menyelesaikan pembangunan yang terjadi di masyarakat.


Tokyo Institute of Technology


Jurusan arsitektur di universitas ini termasuk ke dalam School of Environment and Society. Pembelajaran di jurusan ini pun mencakup topik tentang desain interior perencanaan, struktur, bahan, pelaksanaan, dan topik teknik lainnya; humaniora, seperti sejarah arsitektur; teknik perkotaan dan lingkungan; dan lingkungan hidup. Selain itu kamu dapat belajar bagaimana menjadi individu yang kreatif, intelektual, dan bersikap etis dengan keterampilan untuk menghasilkan arsitektur inovatif dan pola pikir global untuk berkontribusi dalam memecahkan tantangan lingkungan dan sosial dunia mengenai desain interior yang semakin naik daun.


Dalam Arsitektur, kamu dapat mempelajari pengetahuan dan keterampilan, yang dipelajari secara sistematis sesuai dengan tingkat pembelajaran dan kemahiran setiap individu. Kamu pun dituntut untuk bekerja memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang lebih maju berdasarkan penelitian terbaru dalam sejarah dan desain arsitektur, perencanaan, struktur dan bahan, lingkungan, dan fasilitas. Selain itu, pembelajaran disini pun dirancang untuk memungkinkan kamu memperdalam keahlian dalam mendesain dan meningkatkan kreativitas melalui mata kuliah seperti Common course, History of Architecture and Architectural Design, Architectural Planning, Structural Engineering dan Materials and Environmental Engineering and Building Services selama empat tahun selama di universitas.


Musashino Art University


Jurusan arsitektur di universitas yang berada di Tokyo ini memiliki departemen arsitektur. Di departemen Arsitektur kamu tidak hanya mempelajari hal berhubungan dengan teknologi dan desain yang terlibat dalam pembangunan gedung, sebaliknya, setiap elemen dari setiap lingkungan yang dialami seseorang selama hidupnya dari "alat" hingga "kota", dari objek terkecil hingga proyek skala besar adalah subjek pembelajaran dalam jurusan arsitektur.


Desain bangunan, bentangan jalan sesungguhnya melibatkan pembentukan keharmonisan lingkungan dan hal itu adalah tindakan arsitektural yang seharusnya diterapkan sedari dulu. Dan tujuan dari jurusan ini adalah untuk menciptakan lulusan dengan kemampuan merancang dan menghasilkan semua arsitektur dengan memperhatikan semua hal itu.


Pembelajaran di jurusan ini menitikberatkan pada bagaimana masalah yang terjadi pada lingkungan akibat pembangunan yang mencemari lingkungan. Selain itu kamu dituntut untuk berpikir bagaimana mengatasi semua masalah yang diakibatkan oleh bangunan yang mencemari lingkungan. Untuk memahami lingkungan yang ideal kamu tinggali, lingkungan yang ingin kamu lindungi, lingkungan yang ingin kamu ciptakan, adalah langkah pertama untuk menjadi "seorang arsitek yang cinta lingkungan".


Di tahun ketiga, kamu dapat mengeksplorasi bagaimana arsitektur yang berkaitan dengan perspektif yang berbeda dari tiga bidang yaitu Living Design, di mana mereka berpikir tentang rumah dan tempat tinggal; Living Design, yang berfokus pada objek dan ruang; dan Environmental Design dengan fokus pada kota dan lingkungan. Pembelajaran ini menandai awal dari studi Departemen yang lebih terspesialisasi untuk mendukung langkah karier kamu kedepannya.


Itulah beberapa universitas di Jepang yang memiliki jurusan arsitektur. Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di Jepang dalam bidang arsitektur, bisa banget pilih salah satu universitas tersebut! Sudah menentukan mau pilih universitas mana?


Suka informasi tentang kampus-kampus di Jepang? Kepoin terus website www.kukchelanguages.com ya!


Follow media sosial kami

  • Kukche Languages
  • @kukchelanguages
  • Kukche Languages

Informasi Beasiswa:

  • Beasiswa_MEXT
  • Beasiswa_KGSP

Kukche Mitra Sukses CV.

Jl. Jend. A.Yani No.124 Kelurahan Tanah Sereal, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor 16151 Indonesia

Telp. 0251-8574880

©2021 Kukche Languages. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.