top of page
Cari

Fakta Universitas Ritsumeikan yang Harus Kamu Tahu


Universitas Ritsumeikan (立命 館 大学, Ritsumeikan Daigaku, disingkat menjadi Rits dan 立命 Ritsumei) adalah universitas swasta di Kyoto, Jepang, yang berasal dari tahun 1869. Dengan Kampus Kinugasa (KIC) di Kyoto, dan Prefektur Kyoto, universitas juga memiliki sebuah satelit bernama Biwako-Kusatsu Campus (BKC) dan Osaka-Ibaraki Campus (OIC).


Sejarah Ritsumeikan dimulai pada tahun 1869 ketika Pangeran Kinmochi Saionji, seorang negarawan internasional terkemuka Jepang modern, mendirikan "Ritsumeikan" sebagai akademi swasta di situs Istana Kekaisaran Kyoto. Pada tahun 1900, Kojuro Nakagawa, mantan sekretaris Pangeran Saionji, mendirikan Sekolah Hukum dan Politik Kyoto, sekolah hukum malam yang terbuka untuk pekerja. Sekolah ini secara resmi mengadopsi nama Ritsumeikan pada tahun 1913 dan akhirnya diberi status universitas pada tahun 1922.

Ritsumeikan adalah salah satu institusi pendidikan komprehensif swasta di Jepang dengan sejarah dan tradisi yang kaya, dan mereka merayakan ulang tahun ke-150 berdirinya sekolah swasta Ritsumeikan dan tahun ke-120 berdirinya Akademi pada tahun 2020. Akademi tersebut sekarang telah menjadi lembaga pendidikan yang komprehensif dengan dua universitas, empat sekolah menengah atas, empat sekolah menengah pertama dan satu sekolah dasar. Tapi tahukah kamu bahwa universitas ini ada beberapa rahasia, mari kita cek satu persatu di artikel Kukche Languages ini!


Semangat yang berlandaskan internasionalisme


Semangat sekolah liberalisme dan internasionalisme yang didukung oleh Pangeran Saionji digabungkan dengan cita-cita kebebasan akademik dan inovasi yang dikejar oleh Nakagawa, dan menjadi tradisi universitas hingga sekarang. Saat ini, Ritsumeikan sangat dikagumi oleh masyarakat sebagai institusi pendidikan yang secara aktif mendorong reformasi universitas. Semangat inovasi dan inspirasi seperti itu hanya didasarkan pada semangat sekolah Akademi, "kebebasan dan inovasi".


Setelah Perang Dunia II, Ritsumeikan mengadopsi filosofi pendidikan perdamaian dan demokrasi, sesuai dengan semangat Konstitusi Jepang dan Hukum Dasar Pendidikan. Pada tahun 1948, Ritsumeikan menjadi salah satu universitas Jepang pertama yang ditata ulang di bawah sistem pendidikan baru. Ritsumeikan melakukan reformasi ekstensif untuk memastikan administrasi universitas yang demokratis untuk melayani masyarakat dengan lebih baik sebagai lembaga pendidikan yang terbuka untuk umum.


Ritsumeikan Charter


Sejarah Ritsumeikan bermula saat akademi swasta Pangeran Saionji dengan nama yang sama, didirikan pada tahun 1869. Secara resmi didirikan pada tahun 1900 oleh anak didiknya, Kojuro Nakagawa, sebagai Kyoto Hosei Gakko (Sekolah Hukum dan Politik Kyoto), kemudian nama "Ritsumeikan." Nama ini diambil dari sebuah bagian dalam Discourses of Mencius bab Jinxin, dan berarti "tempat untuk menetapkan takdir seseorang melalui pengembangan pikirannya". Cita-cita pendiri Ritsumeikan adalah "kebebasan dan inovasi" dan merefleksikan pengalaman masa perangnya, ia berkomitmen pada filosofi pendidikan inti "perdamaian dan demokrasi" setelah Perang Dunia II. Ritsumeikan telah menghadapi tantangan zaman dengan menempuh jalur independen untuk mengatasi kesulitan dan telah menjadi lembaga pendidikan swasta yang komprehensif seperti saat ini melalui kerjasama dan dukungan yang luas baik dari dalam maupun luar Jepang.


Ritsumeikan, sebagai institusi Jepang yang berlokasi di kawasan Asia Pasifik, berkomitmen untuk secara tulus merefleksikan sejarah dan membangun sebuah institusi di mana banyak budaya hidup berdampingan dalam semangat saling pengertian internasional. Ritsumeikan akan berusaha mendorong pembelajaran dan pengembangan bakat individu untuk memelihara warga global yang adil dan etis. Ritsumeikan, sebagai lembaga pendidikan dan penelitian, berjanji untuk mempromosikan perdamaian, demokrasi, dan pembangunan berkelanjutan di Jepang dan di seluruh dunia, sesuai dengan semangat Piagam ini.


Visi dan misi yang berdasarkan kebebasan


Universitas Ritsumeikan berupaya untuk mempromosikan baik beasiswa yang ketat dan wawasan individu sambil membina warga global yang adil dan etis. Berdasarkan cita-cita pendiri universitas tentang kebebasan dan inovasi dan inti filosofi pendidikan perdamaian dan demokrasi, misi pendidikan ini semakin memperkuat komitmen inti kami, dalam kata-kata rektor besar Ritsumeikan pascaperang Hiroshi Suekawa, mendorong siswa untuk "percaya pada masa depan, hidup untuk masa depan. " Fakultas dan staf di berbagai kantor dan departemen di Universitas Ritsumeikan bekerja sama untuk mendukung pembelajaran individual dan pengembangan banyak mahasiswanya dari beragam latar belakang, memberdayakan para mahasiswa yang menjadi agen dalam proses “Creating a Future Beyond Borders.”


Salah satu universitas swasta terbaik di Jepang

Universitas Ritsumeikan dikenal sebagai salah satu dari empat universitas swasta terkemuka di Jepang bagian barat. "KAN-KAN-DO-RITS" 関関同立 (Universitas Kwansei Gakuin, Universitas Kansai, Universitas Doshisha, dan Universitas Ritsumeikan) adalah singkatan yang mengacu pada empat universitas swasta terkemuka di Jepang. Ritsumeikan University juga masuk dalam kategori 801-1000 dalam QS World Rankings seperti yang diumumkan pada Juni 2020. Dari semua universitas Jepang yang termasuk dalam QS World University Rankings, hanya enam universitas swasta yang masuk dalam pemeringkatan, dengan Ritsumeikan University satu-satunya Jepang bagian barat (wilayah Kinki, Chugoku, Shikoku, dan Kyushu).


Memiliki kerja sama dengan universitas luar negeri


Universitas Ritsumeikan terkenal dengan jurusan Hubungan Internasional dan Sains & Tekniknya. Ritsumeikan University memiliki program pertukaran dengan sekolah di seluruh dunia, termasuk The University of British Columbia, The University of Melbourne, The University of Sydney, University of Hong Kong, King's College London dan The University of Manchester. Ritsumeikan juga saat ini menawarkan program gelar sarjana ganda dan program gelar master ganda bekerja sama dengan American University.


Tim sepakbola yang terkenal

Program American Football Ritsumeikan Panthers, didirikan pada tahun 1953, mewakili Universitas Ritsumeikan dalam american football perguruan tinggi. Ritsumeikan adalah anggota Liga Sepak Bola Amerika Kansai Collegiate. Ritsumeikan University Panthers adalah tim sepak bola perguruan tinggi gaya Amerika peringkat teratas di Jepang dan telah memenangkan tiga kejuaraan nasional, tujuh kejuaraan perguruan tinggi, dan sembilan kejuaraan konferensi.


Itulah fakta-fakta tentang Universitas Ritsumeikan. Apakah universitas ini adalah universitas impianmu? Ceritakan di komentar ya!

Terus kepoin web www.kukchelanguages.com kalau ingin tahu lebih banyak soal universitas di Jepang!


Postingan Terkait

Lihat Semua
bottom of page