Cari

Belajar Tentang Robotik? Belajar Aja di Kampus-Kampus di Jepang Ini!



Perkembangan teknologi semakin berkembang pesat. Bahkan, manusia berhasil menciptakan mesin berteknologi tinggi yang disebut robot yang bisa membantu kegiatan manusia sehari-hari.


Jepang merupakan negara yang terkenal akan teknologinya. Negara bunga sakura ini sudah menciptakan robot-robot unik yang berguna bagi kehidupan. Kalau kamu tertarik untuk mengembangkan robot, kamu bisa belajar di kampus di Jepang. Di postingan Kukche Languages ini akan membahas kampus di Jepang yang memiliki jurusan robotik. Inilah kampus-kampus yang bisa kamu pilih untuk mempelajari tentang robotik!


1. Osaka Institute of Technology



Mahasiswa yang belajar di departemen ini bisa memperoleh pengetahuan dan keterampilan dasar-dasar dan masa depan robotika. Jurusan di universitas ini memfokuskan pendidikan dan penelitian pada subjek teknik dan ilmiah, antara lain:

a. Teknik Mesin

b. Elektronika

c. Teknik Kontrol

d. Teknik Informasi

e. Neuroscience

f. Brain Machine Interface

g. Biomedical Engineering


Jurusan di kampus yang berada di Osaka ini memiliki tujuan untuk mengembangkan ilmuwan kreatif yang dapat berkontribusi pada penelitian dan pengembangan, atau produksi yang terkait dengan teknik mesin, elektronik, robot industri, robot rumah, dan bidang terkait lainnya.


Mahasiswa akan belajar dalam kelompok-kelompok kecil, bersama-sama melakukan praktik memproduksi dan mengoperasikan robot. Selain itu, mahasiswa juga ditantang untuk medesain robot dan melakukan penelitian supaya bisa menciptakan robot-robot yang memiliki fitur baru.


Ada beberapa tema penelitian robot, misalnya bagaimana cara memproduksi robot otomatis yang bisa melakukan operasi terhadap pasien di rumah sakit dan bisa dikendalikan melalui remote control, atau robot yang bisa membantu para orang tua di panti jompo, dan lain-lain.


2. Waseda University



Kamu bisa belajar tentang robotik di Department of Modern Mechanical Engineering.


Di departemen ini, kamu bisa melakukan proyek penelitian yang melampaui sains, berusaha mengembangkan prinsip-prinsip desain peralatan, serta peralatan yang diperlukan untuk mengevaluasi secara sosial dan menyelesaikan masalah yang harus ditangani oleh masyarakat modern dalam berbagai bidang, seperti lingkungan, energi, kesejahteraan medis, robot dan humanoids, pengembangan ruang, dan pembangunan komunitas.


Tujuannya adalah untuk memperluas pendidikan di luar teknologi yang dibutuhkan untuk membangun sesuatu hingga pengembangan sumber daya manusia dengan kemampuan melakukan dan mengkoordinasikan pengembangan perangkat dari perspektif konsumen.


Pembelajaran di departemen ini terdiri dari penelitian kelas dunia yang melampaui studi Departemen melalui ORT (On-Site Research Training) di laboratorium proyek dan pusat penelitian (termasuk Institut Penelitian Waseda untuk Sains dan Teknik dan Institut Penelitian Lingkungan) dan laboratorium satelit.


Jurusan ini memberikan mata kuliah laboratorium dan penelitian untuk kelulusan di bidang teknik mesin serta arsitektur dan teknik sistem manajemen.


Departemen ini juga menyediakan kelas yang bahasa pengantarnya adalah Bahasa Inggris untuk mahasiswa asing. Namun, disarankan mahasiswa juga mengambil mata kuliah yang bahasa pengantarnya adalah Bahasa Jepang agar bisa mempelajari hubungan antara pendidikan dan dunia industri Jepang.


3. Teikyo University




Kalau ingin belajar tentang robotik di Teikyo University, kamu bisa belajar di Department of Information and Electronic Engineering. Departemen ini memadukan sistem informasi dan sistem elektronik di sekitar teknik komputer untuk menghasilkan insinyur informasi untuk merancang sistem dan teknik elektronik untuk membuat perangkat lunak dengan ide-ide inovatif dan keterampilan pemecahan masalah.


Salah satu kelas yang bisa diikuti di departemen ini adalah penelitian dan percobaan tentang Human Electronic. Human Electronic dibuat pada tahun 2012 di bawah restrukturisasi kurikulum yang menggabungkan dua mata pelajaran yaitu, Exercises in Human Systems dan Electronics Experiments. Mata kuliah baru ini mencakup prinsip-prinsip dasar semikonduktor, desain dan manufaktur sirkuit listrik dan elektronik, dan perangkat lunak dan teknologi perangkat keras di balik embedded system. Di akhir kelas ini, mahasiswa bisa membuat robot humanoid yang bisa dikontrol.


Setelah lulus, mahasiswa bisa melajutkan karir di berbagai perusahaan teknik di Jepang atau melanjutkan pendidikan di pascasarjana Teikyo University.


4. Kyoto University of Advanced Science



Kamu bisa belajar tentang robotik di Fakultas Teknik Kyoto University of Advanced Science. Sama seperti universitas lainnya, lamanya waktu pendidikan yang ditempuh adalah selama 4 tahun. Untuk memperoleh gelar Sarjana Teknik dari KUAS kamu harus kuliah di Kyoto University of Advanced Science untuk periode empat tahun (delapan semester), memperoleh 128 kredit atau lebih dari mata kuliah yang terdiri dari setidaknya 30 kredit dari mata kuliah umum dan 98 kredit dari mata kuliah khusus, dan menyelesaikan Cap-Stone Project atau proyek laboratorium (tergantung pada tujuan karir masa depan).


Di tahun pertama, kamu akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang mendasar sebagai insinyur modern. Mata kuliah berfokus pada teori dan praktik matematika dan fisika yang merupakan dasar untuk berbagai aplikasi yang lebih lanjut.


Di tahun kedua, kamu akan melanjutkan pengembangan pengetahuan fundamental dalam disiplin ilmu matematika dan pengolahan informasi. Topik-topik ini semakin banyak diajarkan dengan pendekatan dunia teknik. Komponen praktis secara progresif diintegrasikan ke dalam mata kuliah, menantang kemampuanmu dan membantu mengembangkan keingintahuan dan bakat alami untuk pemecahan masalah.


Selanjutnya, kamu akan memulai pelatihan teknik dengan mengambil mata kuliah yang lebih terspesialisasi termasuk kursus mekanik material, teori elektromagnetik, teknik motorik, dan mata kuliah berbasis praktik workshop. Pendidikan bahasa Jepang untuk siswa internasional juga terus berlanjut, mempelajari kosa kata yang berhubungan dengan dunia teknik.


Di tahun ketiga mulai masuk ke praktikum pengaplikasian. Sambil melanjutkan pengembangan pengetahuan matematika yang lebih dalam, kamu bisa menikmati kurikulum yang lebih fleksibel. Kamu bisa memilih mata kuliah berdasarkan minat, termasuk mata kuliah yang berfokus pada sistem mekatronika (di mana kamu akan menangani masalah seperti membangun robot pendulum terbalik) dan mata kuliah yang berfokus pada sistem perangkat lunak.


Di tahun terakhir, kamu akan berkonsentrasi pada penguatan hubungan antara pengetahuan yang sudah diperoleh dan penerapan praktis dari pengetahuan itu. Hal utama yang dilakukan di tahun keempat adalah Cap-Stone Project.


Di Cap-Stone Project 2, kamu akan memecahkan masalah dunia nyata yang diusulkan oleh mitra industri universitas, membangun pengalaman yang diperoleh selama Program Pra-capstone di tahun sebelumnya dalam kelompok kecil. Dibandingkan dengan Program Pra-capstone, masalah lebih besar cakupannya dan akan dievaluasi berdasarkan kemampuan untuk merancang solusi kreatif tanpa bantuan dosen pembimbing.


Itulah contoh-contoh kampus yang bisa kamu pilih kalau ingin belajar tentang robotik. Sudah menentukan mau pilih kampus mana?

Suka dengan artikel tentang jurusan di Jepang? Terus kepoin web www.kukchelanguages.com ya! Sampai ketemu di jurusan berikutnya!

Follow media sosial kami

  • Kukche Languages
  • @kukchelanguages
  • Kukche Languages

Informasi Beasiswa:

  • Beasiswa_MEXT
  • Beasiswa_KGSP

Kukche Mitra Sukses CV.

Jl. Jend. A.Yani No.124 Kelurahan Tanah Sereal, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor 16151 Indonesia

Telp. 0251-8574880

©2021 Kukche Languages. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.