top of page
Cari

Apps Dimana Kamu Bisa Mendapatkan Teman Orang Jepang



Pengen nggak sih punya teman orang Jepang? Mungkin karena kamu suka dengan budaya Jepang atau kamu ingin melatih kemampuan bahasa Jepangmu? Atau mungkin ada alasan lain?

Apapun itu alasannya, hari ini kita akan membahas apps/ platform online dimana kamu bisa mendapatkan teman orang Jepang.

Ini nih, poin-poin obrolan kita hari ini:

· Sebelum kamu mencari teman orang Jepang

· Sosmed a.k.a SNS yang paling banyak orang Jepang pakai

· Apps pertemanan di Jepang yang bisa kamu coba

· Games dimana kamu bisa berteman dengan orang Jepang

Sebelum kamu mencari teman orang Jepang Tunggu dulu! Sebelum kita bisa rekomendasi platform untuk berteman dengan orang Jepang, ada satu hal yang kalian harus ketahui.

Orang Jepang kebanyakan tidak bisa berbincang bahasa Inggris!

Kalau kalian tahu sedikit, atau mungkin banyak, maka kalian mungkin pernah mendengar bahwa orang Jepang paling sulit belajar bahasa Inggris. Jadi, sebelum kalian mencoba app apapun, ada baiknya kalian mempelajari sedikit bahasa Jepang, setidaknya untuk percakapan sehari-hari dan baca tulis. Kecuali kalian suka challenge dan ingin mencoba belajar sembari bersosialisasi!

Atau kalian bisa juga menggunakan google translate, banyak juga orang Jepang yang ingin berkomunikasi namun karena kesulitan akhirnya menggunakan google translate untuk membantu menyampaikan pesan mereka.

Apapun itu pilihan kalian, yang penting kalian mengingat satu hal ini.



Sosmed a.k.a SNS yang paling banyak orang Jepang pakai Sebelum kita masuk ke apps baru yang harus kalian install terlebih dahulu, kita bereskan dulu app yang hampir semua orang di dunia ini punya.


Twitter

Dibandingkan facebook, instagram dan platform mainstream lainnya, twitter bagaikan rumah terbesar yang menampung hampir semua orang Jepang baik dari kalangan muda hingga tua. Entah mengapa orang Jepang senang sekali menggunakan twitter, bahkan banyak sekali illustrator, animator, model, dll yang membangun portfolio mereka di twitter. Jadi kalau kalian penasaran dimana bisa mencari freelancer Jepang dalam industri seni, daripada instagram atau fiverr, lebih baik kalian cari di Twitter!


TikTok

Siapa sih yang nggak tahu TikTok? Jaman sekarang, banyak orang yang posting konten di TikTok karena popularitasnya dan bagaimana platform ini dapat menjadi iklan terbaik untuk mereka. Nah, remaja hingga young adult Jepang banyak sekali yang memakai platform satu ini untuk bersenang-senang. Walau memang kesempatan membuat teman mungkin tidak terlalu mudah disini karena fungsi platformnya, namun kalian bisa stay up to date dengan apa yang sedang terjadi atau trending di antara orang Jepang.



Apps pertemanan di Jepang yang bisa kamu coba Nah, ini nih yang mungkin kalian paling penasaran. Kalau bukan sosmed mainstream, di mana lagi nih bisa dapat teman orang Jepang?


Gravity

App satu ini mempromosikan yang namanya “やさしいSNS” atau “SNS yang baik”. Berbeda dengan SNS lain yang berisi banyak topik dan opini, app satu ini ditujukan bagi orang-orang yang sudah lelah dengan kehidupan sehari-harinya dan hanya ingin beristirahat sambil menikmati sesuatu tanpa harus menghadapi toxicnya dunia luar. Dan memang benar, bila kamu menggunakan app ini, banyak sekali orang-orang baik berkumpul dan saling berbagi kegalauan atau mendukung orang-orang yang membutuhkan sedikit energi positif. Jadi jangan takut untuk menggunakan app ini karena orang-orang di sini baik dan ramah, tentu kalian juga harus menjaga kenyamanan pengguna lain saat menggunakannya.


Shimagurashi

App ini akan sangat cocok bagi kalian yang ingin memiliki teman atau penpal. Kalian akan memiliki pulau sendiri dan bisa mengirimkan surat dalam botol untuk siapapun yang menemukan botol tersebut. Kalian juga bisa menemukan botol yang kalian suka dan membalas pesan di dalam botol itu. Keunggulan dari app ini adalah, kalian tidak perlu khawatir bila kalian tidak bisa bahasa Jepang karena app ini bilingual dan ada tombol translate bila kalian ingin membaca pesan-pesan yang ditulis dalam bahasa Jepang. Jadi kalian bisa merasakan keseruan memiliki penpal tanpa harus repot-repot ke kantor pos.



Games dimana kamu bisa berteman dengan orang Jepang Bagi kalian yang senang bermain game tapi ingin bisa menikmati permainan sembari bersosialisasi dengan user lainnya, games berikut cocok banget nih untuk kalian coba.


Sky, Children of the Light

Untuk yang senang bermain mmorpg, tapi lebih mengidamkan bersosialisasi sembari bermain ketimbang mengejar target dan quests, coba deh game ini. Disini begitu kamu baru masuk saja, pasti akan ada yang memberikan tangan mereka dan membawamu keliling-keliling agar kamu familiar dengan game tersebut. Terlebih lagi karakter yang imut dan cara berkomunikasi yang lucu bisa membuat kita entah mengapa tersenyum saat bermain. Banyak sekali pemain dari Jepang yang senang bermain disini, dan biasanya mereka menggunakan google translate saat berbincang jadi kamu tidak perlu khawatir mengenai masalah bahasa. Bila tujuan kalian adalah untuk bersosialisasi dan bersenang-senang dengan teman lain, kalian pasti akan ketagihan memainkan game ini.


Pocket Land

Untuk yang senang fashion ala anime/fantasy, dan juga senang bermain gacha, disinilah tempat terbaik untuk kalian. Bagi yang dulu mungkin pernah memainkan web game TinierMe, kalian akan nostalgia banget dengan game satu ini. Ini merupakan mobile version dari TinierMe Jepang yang juga berawal dari web game namun semenjak 2020 tidak bisa diakses lagi. Developer game tersebut sekarang lebih fokus dalam membangun mobile game dan walau yang bisa dilakukan tidak sebanyak web gamenya, app ini tetap worth dimainkan saat waktu luang. Karena ini mobile version untuk TinierMe Jepang, jelas, kalian akan lebih banyak menemukan karakter yang berbicara menggunakan bahasa Jepang. Dicoba juga ya! Kalian pasti akan jatuh cinta dengan karakter design game ini juga!


Sekian nih rekomendasi apps yang bisa kamu gunakan untuk mencari teman orang Jepang! Gimana? Adakah dari yang di atas yang kalian tertarik coba?


Kalau kalian tidak ingin ketinggalan info-info lain seputar Jepang, visit ke sini ya!

311 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page