top of page
Cari

Mengenal Huruf Hangeul yang Hilang Ditelan Waktu

Hangeul pertama kali diciptakan oleh raja Sejong dengan nama Hunminjeongeum yang berarti The Proper Sound for The Instruction of The People pada tahun 1443. Hangeul modern yang kini dikenal dan dipelajari oleh masyarakat luas terdiri dari 14 konsonan tunggal, 10 vokal tunggal, 5 konsonan ganda dan 11 vokal ganda. Namun tahukah kamu kalau hangeul yang sekarang kita kenal sebenarnya sudah berkurang dari jumlah asli yang diterbitkan dalam hunminjeongeum? Kira-kira huruf apa saja ya yang sudah hilang dan tidak digunakan lagi dalam bahasa Korea modern? Yuk simak di bawah ini!


아래아

Arae A, atau A bawah merupakan huruf yang terlihat seperti sebuah titik. Diperkirakan huruf ini mirip bunyinya dengan huruf 어 (eo) modern. Huruf ini secara khusus hanya sudah tidak digunakan lagi dalam bahasa Korea standar, huruf ini masih bisa ditemukan penggunaannya dalam dialek daerah seperti pada dialek Jeju.


반시옷

Ban siot adalah huruf yang sudah tidak digunakan lagi. Kata-kata yang menggunakan ban siot sebelumnya kini menggunakan (시옷, ㅅ) siot sebagai gantinya.


여린히읗

Yeorin hieut memiliki bunyi yang dideskripsikan lebih ringan dari huruf ㅎ (hieut) dan lebih kuat dari huruf ㅇ (ieung).


옛이응

Yesieung merupakan bentuk yang lebih panjang dari huruf ㅇ (ieung) kini penggunaan huruf ini digantikan sepenuhnya oleh huruf ieung.


가벼운비읍

Kabyeoun bieup merupakan penggabungan dari huruf ㅂ (bieup) dan ㅇ (ieung).


Huruf-huruf di atas menghilang karena perubahan dalam aturan penulisan huruf atau bunyi hurufnya sudah sama sekali tidak digunakan dalam bahasa Korea. Meskipun sudah tidak bisa ditemukan penggunaannya dalam bahasa standar, huruf-huruf ini masih bisa ditemukan pada arsip-arsip original hunminjeongeum. Kalau kamu mau tau informasi lainnya tentang Korea dan pengen belajar Bahasa Korea, pantengin terus website Kukche di www.kuchelanguages.com ya!


62 tampilan0 komentar

Postingan Terkait

Lihat Semua
bottom of page