top of page
Cari

Kenalan Yuk sama Tingkat Gelar Kebangsawanan di Kerajaan Inggris!


Britania Raya merupakan salah satu wilayah di Eropa yang masih menggunakan sistem monarki konstitusional. Sistem ini mengakui bahwa kekuasaan tertinggi dipegang oleh Raja, Ratu, atau Kaisar yang bertindak sebagai kepala negara. Selain Raja, Ratu, dan Kaisar, ada beberapa gelar lain yang dimiliki oleh kerajaan Inggris sesuai dengan strata dan hukum yang berlaku. Penasaran apa saja ya gelar gelar yang ada di sebuah kerajaan?


Ini dia urutan lima gelar kebangsawanan berdasarkan tingkatannya masing-masing.


1. Duke/Duchess

Gelar ini merupakan gelar yang tertinggi setelah raja dan ratu. Seorang pangeran yang sudah cukup umur dipanggil dengan sebutan duke yang dimana ia akan diberikan hak untuk memerintah sebuah wilayah yang disebut dengan "dukedom". Saat mereka menikah, pasangan mereka juga akan mendapatkan gelar "duchess" dan mereka akan memerintah pada wilayah yang sama.

Contohnya : Pangeran William dan istrinya, Kate Middleton, bergelar Duke and Duchess of Sussex.


2. Marquess/Marchioness


Setelah Duke dan Duchess ada Marquess dan Marchioness yang bertugas untuk menjaga teritorial negara inggris dari pihak eksternal. Salah seorang Marquess yang terkenal bernama NIgel George Paulet, Marquess of Winchester ke-18, yang mendapatkan gelarnya pada tahun 1551.

3. Count/Countess


Lalu yang ketiga adalah Countr/ Earl dan Countess. Gelar ini sudah ada sejak zaman Raja Canute (abad ke-10) dan semakin populer dengan adanya kisah tentang Drakula.

Hingga saat ini tercatat ada 191 Earl dan 4 Countesses. Mengapa jumlahnya begitu banyak? karena sejak pemerintahan Raja Richard II hingga sekarang, seorang Earl dan Countess bisa diturunkan dari ahli waris pria maupun wanita.


4. Viscount/Viscountess


Di posisi keempat ada Viscount dan Viscountess yang biasanya merupakan gelar yang dinobatkan untuk seorang sheriff atau penjaga keamanan yang ada di wilayah tersebut.

Gelar Viscount pertama kali tercatat di Inggris pada tahun 1440, saat Perang Seratus Tahun setelah Raja Henry VI dinobatkan sebagai Raja Inggris dan Perancis. Saat itu, Raja ingin mengonsolidasikan gelar di kedua negara tersebut. Akhirnya beliau memberi gelar pada John Lord Beaumont sebagai Viscount Beaumont di Inggris dan Viscount Beaumont di Perancis.


5. Baron/Baroness


Baron dan Baroness menempati posisi terendah dalam strata kerajaan Inggris. Kata Baron dan Baroness berasal dari bahasa Prancis kuno yang artinya "orang bebas". Pada awalnya gelar ini diperuntukkan kepada bangsawan pemilik tanah.

Pada abad ke-13, para Baron dipanggil oleh raja untuk menghadiri sidang Penasehat atau Parlemen. Baron pertama bernama John Beauchamp de Holt. Ia dinobatkan menjadi Baron Kidderminster yang diberikan oleh Raja Richard II pada tahun 1387. Sapaan bagi seorang baron adalah Lord, sedangkan baroness adalah Lady. Gelar baron atau baroness hanya digunakan untuk dokumen-dokumen formal saja.


Nah sobat kukche, itu dia gelar gelar yang ada di kerajaan Inggris. Apakah kamu berminat menjadi bagian dari keluarga kerajaan juga? Tulis tanggapanmu di kolom komentar ya.

213 tampilan0 komentar

Postingan Terkait

Lihat Semua
bottom of page