Cari

Kampus Jurusan Kedokteran Gigi


Gigi adalah salah satu anggota tubuh yang sangat penting pada manusia. Jika sampai rusak, akan sangat mempengaruhi kesehatan tubuh, bahkan membuat kehidupan sehari-hari menjadi sulit. Untuk menjaga kesehatan gigi, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah memeriksakan gigi ke dokter gigi.


Dokter gigi adalah ahli medis khusus dalam diagnosis, pencegahan, pengobatan gigi. Kamu mau menjadi dokter gigi? Sebelumnya kamu harus belajar di program studi kedokteran gigi.


Mau belajar di universitas di Jepang yang ada jurusan kedokteran giginya? Tidak masalah! Artikel Kukche Languages kali ini akan membahas universitas-universitas yang memiliki jurusan kedokteran gigi di Jepang!

Universitas di Jepang yang memiliki jurusan kedokteran gigi, antara lain:


1. Tokyo Medical and Dental University


Jurusan kedokteran gigi di Tokyo Medical and Dental University berada di bawah naungan Faculty of Dentistry. Jurusan kedokteran gigi ini memiliki tujuan untuk melatih pimpinan global yang bisa mengembangkan teknik perawatan gigi di zaman modern.


Kegiatan belajar mengajar di jurusan ini menerapkan The Medicine/Dentistry Integrated Undergraduate Curriculum untuk melatih calon dokter gigi agar bisa merespon terhadap perkembangan kompleks di dunia kedokteran.


Jurusan kedokteran gigi di universitas yang berlokasi di Tokyo ini dilengkapi dengan peralatan canggih dan lengkap serta pengajar professional yang pasti akan membantu kamu berlatih dan belajar. Setelah lulus, kamu akan bisa menjadi dokter gigi yang terlatih dan siap memberikan pelayanan kesehatan gigi dengan kualitas terbaik.


Jurusan kedokteran gigi di universitas yang mendapat ranking 300 besar terbaik di dunia ini merupakan salah satu tempat penelitian ilmu kedokteran gigi yang terbesar di Jepang. Kamu bisa memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam berbagai penelitian termasuk Long-term Research Project dan Clinical Practicum for Comprehensive Patients Care.


Selain memiliki fasilitas yang bagus untuk belajar ilmu kedokteran gigi, jurusan ini juga memiliki kerja sama dengan banyak universitas di luar Jepang. Mahasiswa bisa mengikuti program beasiswa TMDU dan mendalami ilmu kedokteran gigi di institusi di luar negeri. Asyik kan?


2. Nihon University


Jurusan kedokteran gigi di Nihon University memegang prinsip Medico-Dental Education yang memuat prinsip bahwa kedokteran gigi bukanlah ilmu yang hanya terpaku dalam kesehatan mulut, tetapi juga menyangkut ke seluruh tubuh manusia sejak jurusan ini didirikan.


Jurusan kedokteran gigi ini memiliki tujuan untuk melatih mahasiswanya agar menjadi dokter gigi yang tidak hanya mengikuti perkembangan teknologi gigi, tetapi juga harus bisa menjadi praktisi medis yang sadar akan perubahan sikap terhadap penyakit dan dapat berkontribusi kepada masyarakat luas.


Oleh karena itu, mata kuliah yang dipelajari di jurusan ini mencakup humaniora, basic-bio medicine (kedoteran biologis dasar), penelitian, dan kedokteran gigi klinis. Semua cakupan ini akan bisa melatihmu untuk meningkatkan pengembangan diri, motivasi belajar, dan pemecahan masalah.


Total lama waktu kuliah adalah 6 tahun. Pendidikan umum selama empat tahun pertama berfungsi untuk membentuk karakter mahasiswa sebagai praktisi medis yang berdedikasi, dan meningkatkan pemahaman tentang perawatan gigi yang berorientasi pada pasien.


3. Osaka University



Jurusan kedokteran gigi di Osaka University memiliki jangka waktu pendidikan terintegrasi selama 6 tahun. Selama 6 tahun, kamu akan belajar liberal arts dan pendidikan professional. Untuk apa belajar itu? Tujuannya supaya kamu bisa mendapatkan berbagai macam pengetahuan seperti ilmu alam, budaya, ilmu sosial, yang diperlukan untuk pembentukan karakter sebagai dokter gigi professional.


Mata kuliah liberal arts terdiri dari pendidikan umum dan mata pelajaran utama dasar. Kegiatan belajar akan diadakan di Institute for Higher Education Research and Practice (Kampus Toyonaka).


Sedangkan mata kuliah pengetahuan dan keahlian khusus diberikan sebagai mata kuliah pendidikan khusus oleh Fakultas Kedokteran Gigi di Kampus Suita.


Mata kuliah umum untuk semester satu hingga semester 3 terdiri dari mata kuliah Liberal Arts, Bahasa dan Informasi, seminar tahun pertama, dan mata kuliah Kesehatan dan Olahraga.


Untuk membantumu mempersiapkan diri sebelum belajar ilmu kedokteran gigi secara lebih intens, bersamaan dengan mata pelajaran pendidikan umum, kamu akan mengikuti kelas Pengantar Ilmu Kedokteran Gigi I dan II sejak tahun pertama.


Mata kuliah Fundamental Life Science dimulai pada paruh kedua tahun pertama. Latihan dan praktikum laboratorium Anatomi Umum, Fisiologi, dan Biokimia dimulai pada tahun kedua.


Bimbingan praktikum laboratorium akan dimulai saat tahun ketiga setelah semua mata kuliah dasar selesai. Ini berbeda dengan perkuliahan dan latihan laboratorium yang dibahas sejauh ini. Semua siswa dibagi menjadi 9 kelas mata kuliah kedokteran gigi dasar. Lalu mahasiswa akan melakukan penelitian di bawah bimbingan instruktur terlatih. Melalui latihan-latihan tersebut, mahasiswa menjadi sadar akan arti dan pentingnya penelitian di bidang kedokteran gigi, serta menimba ilmu tentang ilmu lisan sebagai bagian dari ilmu hayat.


Tes Prestasi umum diberikan selama tahun kelima, dan Praktik Umum dipelajari selama tahun kelima dan keenam.


4. Hiroshima University


Jurusan kedokteran gigi Hiroshima University berupaya untuk membina para profesional gigi yang dapat memainkan peran utama dalam perawatan kesehatan abad ke-21 dengan meningkatkan kemampuan mahasiswanya untuk bisa memiliki pengetahuan tingkat lanjut, keterampilan medis, rasa ingin tahu dalam sains, dan rasa kemanusiaan. Pendidikan selanjutnya diarahkan untuk meningkatkan personel yang mampu berkontribusi bagi masyarakat daerah dan menjadi pimpinan global dalam dunia kedokteran gigi, perawatan gigi, dan kesehatan/kesejahteraan mulut.


Fakultas kedokteran gigi di universitas ini berfokus pada pengembangan personel yang dapat melakukan perawatan gigi komprehensif yang berpusat pada pasien melalui tim perawatan yang terorganisir oleh berbagai profesional kesehatan, bukan metode konvensional (bor gigi dan tambal gigi).


5. Aichi Gakuin University


Aichi Gakuin University merupakan universitas yang berlokasi di Nagoya, Jepang. Universitas ini memiliki banyak hubungan kerjasama dengan universitas lain di luar negeri seperti, Canterbury Christ Church University di Inggris, Bond University di Australia, University of Victoria di Kanada, University of Arkansas-Fort Smith di Amerika Serikat, University Tunku Abdul Rahman du Malaysia, dan Dongguk University di Korea Selatan.


Fakultas kedokteran gigi di Aichi Gakuin University didirikan pada tahun 1961 di Jepang sebagai institusi pertama di antara universitas swasta setelah Perang Dunia II.


Menggabungkan tradisi yang dibangun selama bertahun-tahun dengan program pendidikan terkini serta peralatan dan fasilitas mutakhir, jurusan ini berupaya mengembangkan dokter gigi yang sesuai dengan kebutuhan zaman modern.


Itulah beberapa universitas di Jepang yang memiliki jurusan kedokteran gigi. Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di Jepang dalam bidang kedokteran gigi, bisa banget pilih salah satu universitas tersebut! Sudah menentukan mau pilih universitas mana?


Suka informasi tentang kampus-kampus di Jepang? Kepoin terus website www.kukchelanguages.com ya!


Follow media sosial kami

  • Kukche Languages
  • @kukchelanguages
  • Kukche Languages

Informasi Beasiswa:

  • Beasiswa_MEXT
  • Beasiswa_KGSP

Kukche Mitra Sukses CV.

Jl. Jend. A.Yani No.124 Kelurahan Tanah Sereal, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor 16151 Indonesia

Telp. 0251-8574880

©2021 Kukche Languages. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.