top of page
Cari

Rekomendasi Jurusan S2 Hukum di Jepang


Di Jurusan Hukum, siswa mempelajari segala sesuatu tentang hukum baik praktek maupun teori. Mereka juga mempelajari Undang-undang yang mengatur bagaimana manusia bertindak dan berperilaku sehingga mereka tidak membahayakan orang lain. Belajar tentang hukum sedang mengalami lebih banyak konsep dan teori, serta beberapa kasus hukum yang terjadi. Pada akhir masa kuliah biasanya para mahasiswa jurusan Ilmu Hukum mendapatkan kesempatan untuk praktek di berbagai firma hukum, kejaksaan, atau pengadilan, sehingga teori yang telah dipelajari selama ini bisa dipahami relevansinya.


Setelah lulus dari prodi Ilmu Hukum untuk S2, kita akan mendapatkan gelar Magister Hukum (M.H), setelah itu bisa memilih untuk berkarir sebagai hakim atau jaksa dan dapat memilih mau berkarir sebagai pengacara publik/swasta dan notaris. Untuk menjadi notaris, kita harus melalui pendidikan kenotariatan terlebih dahulu. Selain profesi-profesi klasik tersebut, sebagai lulusan Ilmu Hukum juga akan dibutuhkan di berbagai perusahaan sebagai legal staff atau di bagian personalia/HRD.


Jepang memiliki sistem hukum perdata dengan enam kode hukum, yang sangat dipengaruhi oleh Jerman, pada tingkat yang lebih rendah oleh Prancis, dan juga disesuaikan dengan keadaan Jepang. Konstitusi Jepang yang diberlakukan setelah Perang Dunia II merupakan hukum tertinggi di Jepang. Sistem hukum Jepang modern didasarkan pada sistem hukum perdata, mengikuti model sistem hukum Eropa abad ke-19, terutama kode hukum Jerman dan Prancis. Sistem hukum Jepang saat ini adalah campuran hukum kontinental dan Amerika. Baik konsep Hukum Perdata dan pengaruh Common Law yang lebih baru semuanya dipengaruhi oleh nilai-nilai tradisional Jepang. Hal ini pun menarik perhatian siswa internasional untuk belajar hukum di Jepang, di artikel Kukche Languages ini, berikut beberapa universitas yang menawarkan jurusan S2 hukum yang dapat kita pertimbangkan.


Chuo University



Penelitian dan pendidikan di Sekolah Pascasarjana Hukum terutama disampaikan dalam format kuliah dan seminar sesuai dengan kurikulum yang diberikan. Dalam kedua pengaturan, jumlah siswa kecil. Fitur utama dari kurikulum adalah ketersediaan, selain mata pelajaran khusus utama, banyak mata pelajaran umum, termasuk mata pelajaran penting yang membentuk dasar untuk penelitian ilmu hukum dan politik di setiap bidang utama.


Heisei International University



Dalam program magister Sekolah Pascasarjana Hukum, gelar adalah mendaftar untuk jangka waktu tertentu, mengambil mata kuliah yang ditetapkan oleh Sekolah Pascasarjana sesuai dengan filosofi dan tujuan pendidikan, dan memperoleh jumlah kredit standar. Hal ini adalah persyaratan untuk penghargaan. Selanjutnya, tesis master harus mampu memperoleh pengetahuan akademik yang mendalam dari perspektif yang luas dan menunjukkan kemampuan lanjutan yang diperlukan untuk kemampuan penelitian di bidang studi atau profesi yang memerlukan spesialisasi tingkat tinggi. Subyek penelitian harus mampu memperoleh berbagai pengetahuan akademik dan menunjukkan kemampuan lanjutan yang diperlukan untuk kemampuan penelitian di bidang studi atau profesi yang memerlukan spesialisasi tingkat tinggi. Sangat penting untuk lulus ujian hasil dan ujian akhir.


Aoyama Gakuin University (AGU)



Departemen Hukum Perdata mencakup berbagai bidang, dari dasar-dasar teori hukum di dalam dan di luar Jepang hingga perkembangan terkini di bidang spesialis, dan dirancang untuk membina spesialis hukum dengan kemampuan untuk bekerja di jantung masyarakat masa depan, seperti peneliti dengan kemampuan penelitian superlatif; pegawai negeri yang mampu memberikan kontribusi kepada masyarakat internasional, spesialis hukum perusahaan dengan kemampuan untuk menyelesaikan perselisihan dengan cepat dan efisien; lulusan dengan landasan yang luas dalam teori hukum yang ingin melanjutkan ke Sekolah Hukum; dan pengacara spesialis internasional yang sangat berpengalaman dan rajin. Di Departemen,mereka memberikan instruksi umum tentang tema luas melalui seminar yang dipimpin oleh anggota fakultas yang berspesialisasi dalam hukum, serta instruksi pribadi kepada setiap mahasiswa pascasarjana tentang cara melakukan penelitian berdasarkan tema penelitian tertentu. Kira-kira 50 kuliah diberikan sehubungan dengan penelitian di seminar yang dikenal sebagai "Seminar Umum Hukum Perdata", di mana beberapa anggota fakultas memberikan kuliah dengan tema topikal (termasuk mengunjungi fakultas dari luar negeri) dalam format omnibus. Berdasarkan ilmu yang dipelajari di sana, mahasiswa melakukan penelitian tentang preseden pengadilan dan diajarkan bagaimana menulis tesis dalam seminar berjudul "Metodologi Penelitian," yang berfokus terutama pada metode penelitian referensi dari Jepang, Inggris, AS, Prancis, Jerman, dan Asia, serta komentar tentang penulisan makalah akademis. Setelah itu, anggota fakultas memberikan instruksi penelitian kepada siswa dan membantu mereka menyelesaikan tesis mereka.


Osaka City University



Sekolah Pascasarjana Hukum memiliki dua program pendidikan. Satu untuk mahasiswa yang ingin meningkatkan kemampuannya dalam menganalisis masalah hukum dan politik (Kursus Akademik), dan satu lagi untuk mereka yang ingin berpraktik hukum di masa depan (Sekolah Hukum). Dalam kursus Akademik, siswa biasanya terlibat dalam pekerjaan penelitian pada tema tertentu, dan dengan demikian meningkatkan kapasitas mereka untuk analisis hukum dan politik. Pelatihan dilakukan atas dasar tiga siswa per guru. Kursus Sekolah Hukum memberi siswa tingkat pengetahuan dan keterampilan yang lebih tinggi yang dibutuhkan untuk berlatih pengacara. Untuk tujuan ini, mereka memiliki, selain banyak profesor dengan karir akademis yang panjang, profesor yang berpraktik hukum dan memberikan pelatihan kerja di kantor hukum.


Itulah beberapa universitas yang menyediakan jurusan hukum S2. Apakah kamu mau melanjutkan Pendidikan ke S2 Hukum di Jepang? Bisa banget pilih salah satu universitas tersebut! Mau tahu tentang perkuliahan di Jepang? Terus jelajahi website www.kukchelanguages.com ya!

Postingan Terkait

Lihat Semua

Commentaires


bottom of page