Cari

Kampus Jurusan Teknik Informatika di Jepang



Teknik informatika merupakan jurusan dimana kita dapat mempelajari serta menerapkan bagaimana prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisis matematis dalam perancangan, pengujian, pengembangan, dan evaluasi sistem operasi, perangkat lunak (software), dan kinerja komputer. Dalam kata lain, bidang studi ini akan melakukan pembahasan terkait pengolahan data dengan memanfaatkan teknik komputer yang menggunakan prinsip dan proses logika.


Jurusan ini pun mulai naik daun seiring perkembangan IPTEK yang terus meningkat akibat globalisasi. Jepang sendiri sudah dikenal lama sebagai salah tuan rumah bagi teknologi terbaru, hal ini membuat orang dari penjuru dunia berlomba lomba untuk dapat masuk kedalam universitas di Jepang yang memiliki jurusan teknik informatika untuk mempelajari teknologi dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari hari.


Di artikel Kukche Languages ini akan dijelaskan universitas di Jepang mana saja yang punya jurusan Teknik informatika untuk kamu yang mau melanjutkan pendidikan di bidang ini. Berikut ini adalah daftar universitas yang menyediakan jurusan teknik informatika yang bisa kita masukan kedalam daftar universitas tujuan.


Teikyo University


Jurusan ini berada di fakultas Faculty Science and Engineering, lebih tepatnya di departemen Information and Electronic Engineering Jurusan ini mempelajari tentang sistem informasi dan sistem elektronik seputar teknik komputer untuk menghasilkan insinyur informasi yang merancang sistem dan insinyur elektronika untuk membuat perangkat lunak dengan ide-ide inovatif dan keterampilan pemecahan masalah di bidang teknik informasi.


Tahun pertama berkonsentrasi pada mata pelajaran pengantar dalam matematika, fisika, teknologi informasi, ilmu informasi dan elektronik untuk memberikan dasar yang kuat untuk studi selanjutnya.


Di tahun kedua, mahasiswa mempelajari Sistem Informasi atau Sistem Elektronik sebagai fokus utama mereka, dan mengambil mata pelajaran lanjutan dalam aliran pilihan mereka.


Di tahun ketiga dihabiskan untuk mengejar studi yang lebih mendalam yang melibatkan berbagai latihan dan eksperimen lapangan. Studi lanjutan ditambah dengan latihan untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah untuk tantangan di dunia nyata.


Lalu di tahun terakhir, siswa dikelompokan ke dalam spesialisasi dan ditugaskan ke tim peneliti dengan supervisor penelitian khusus untuk proyek penelitian pilihan mereka, yang membantu untuk mengembangkan keterampilan analisis dan pemecahan masalah dalam teknik informatika.


Selain itu ada kelas spesial yaitu Experiments in Human Electronics dibuat pada tahun 2012 di bawah restrukturisasi kurikulum yang menggabungkan dua mata pelajaran, Exercises in Human Systems and Electronics Experiments. Disini kamu akan mempelajari hal mencakup prinsip-prinsip dasar semikonduktor, desain dan manufaktur sirkuit listrik dan elektronik, serta teknologi perangkat lunak dan perangkat keras di balik sistem tertanam. Melalui serangkaian eksperimen yang menantang, mahasiswa mempelajari keterampilan elektronik tingkat lanjut yang dapat digunakan dalam pengembangan produk di industri.


Shibaura Institute of Technology



Jurusan di institut teknologi Shibaura termasuk kedalam fakultas teknik dengan nama jurusan dalam bahasa Inggris yaitu Information and Communications. Adapun visi dan misi di jurusan ini adalah mengembangkan individu yang memiliki keterampilan dasar terkait dengan teknik informasi yang mampu mengatasi setiap masalah yang timbul dari teknik informasi dengan memanfaatkan pendekatan multi-tujuan, trade-offs, dan mempertimbangkan potensi dampaknya bagi masyarakat.


Studi di fakultas ini melibatkan keseimbangan yang baik antara perangkat keras dan perangkat lunak yang terkait dengan berbagai cara untuk menyampaikan informasi menggunakan teknologi jaringan komunikasi, elektronik, teknologi komunikasi nirkabel seluler, fotonik, dan teknologi pemrosesan informasi (teknologi yang terkait dengan komputer) sistem informasi dan komunikasi, komputasi di mana-mana, penambangan data, teori fuzzy, TIK untuk kehidupan yang aman dan terjamin, jaringan ad hoc nirkabel, jaringan area lokal nirkabel, jaringan nirkabel di mana-mana, rekayasa sensor, sensor bau dan aplikasinya, desain sirkuit gelombang mikro, transmisi daya nirkabel, masalah gelombang elektromagnetik, analisis antena dan desain, antarmuka otak-komputer, biocybernetics, kualitas layanan dalam jaringan, keamanan informasi, pemrosesan sinyal akustik, kontrol kebisingan aktif, komputasi dan jaringan seluler, dan komunikasi dalam bencana.


Aoyama Gakuin University


Jurusan di Universitas Aoyama Gakuin termasuk kedalam fakultas Science and Engineering dengan nama jurusan dalam bahasa Inggris yaitu of Integrated Information Technology. Di universitas ini, kami belajar tentang teknologi perangkat lunak, yang berfungsi sebagai dasar untuk menganalisis, merancang, dan memproduksi sistem informasi; teknologi mekatronika, yang mengintegrasikan material dan informasi; teknologi faktor manusia, yang mendefinisikan sistem yang ramah-manusia; dan teknologi jaringan, yang menghubungkan semua orang dan segalanya. Pelajaran menghargai kerja praktek, eksperimen, dan praktek.


Bersamaan dengan aspek teknologi tersebut, kita juga dapat memahami efek dan risiko sistem informasi agar memiliki rasa etika dalam pengambilan keputusan yang tepat. Selain itu, kami dapat melakukan penelitian dasar dan terapan dalam teknologi informasi mutakhir sehingga mahasiswa mampu menciptakan kecerdasan dan nilai baru.


Disini, mahasiswa dapat melakukan penelitian tentang teknologi yang bersahabat dengan manusia dengan menggabungkan dan menghimpun kearifan tentang informasi dan pengetahuan. Seperti yang bisa kita lihat dalam perkembangan World Wide Web, IT (teknologi informasi) umumnya dianggap sebagai alat untuk meningkatkan kenyamanan dan kecepatan. Departemen juga menyediakan tiga bidang akademik yaitu "Software Technology"untuk bidang-bidang termasuk kecerdasan buatan dan pemrosesan bahasa alami, "Mechatronics Technology,", yang dicirikan oleh robot; dan "Human Factor Technology," yang merupakan bidang studi dari perspektif faktor manusia dalam bidang teknik dan kesejahteraan.


Melalui bidang akademik ini, kamu bisa menemukan teori baru dalam teknik informatika. Selain itu mereka juga mengundang tokoh terkemuka dalam teknologi jaringan serta orang dengan pengalaman kerja di tempat, sehingga mahasiswa dapat belajar sambil menerima dan mempelajari instruksi praktis.


Waseda University



Di Universitas Waseda, fakultas ini dibagi menjadi dua jurusan yaitu Computer Science and Engineering dan Communications and Computer Engineering. Computer Science and Engineering adalah sebuah departemen unik untuk studi teknologi informasi yang melakukan pelatihan dan penelitian komprehensif dalam teknologi informasi inovatif seperti perangkat keras (desain VLSI sistem, arsitektur komputer kinerja super tinggi), perangkat lunak (bahasa pemrograman, penyusun, OS, perangkat lunak teknik, algoritma, kecerdasan buatan), jaringan (internet, penyiaran digital, komunikasi satelit, multimedia, selular, keamanan, GRID, jaringan di mana-mana), aplikasi jaringan komputer (humanoid, pengambilan informasi, musik komputer, bioinformatika) yang bertujuan untuk menghasilkan ahli yang berkontribusi pada evolusi sains dan teknik di seluruh dunia.


Sedangkan di Department of Communications and Computer Engineering yang berfokus pada jaringan informasi dan komunikasi menawarkan program pendidikan yang luas mulai dari teknik komputer hingga jaringan dan teknologi media / konten. Jurusan ini ini berfokus pada bagaimana kita menyampaikan informasi dengan lebih cepat dan lebih efisien, dan bagaimana kami menyediakan media dan jaringan komunikasi yang lebih baik. Para siswa dapat mempelajari jaringan komunikasi, teknik informasi dan perangkat keras komputer melalui pelatihan akademis dan praktis yang luas mengenai sistem informasi dan komunikasi jaringan adalah teknologi mutakhir, dan teknologi konten media dibangun di atas keduanya.


Mahasiswa juga dapat memanfaatkan pengetahuan berdasarkan keseimbangan optimal dari tiga teknologi utama ini dan menerima pelatihan yang akan memenuhi kebutuhan tuntutan masa depan.


Itulah beberapa universitas di Jepang yang memiliki jurusan Teknik informatika. Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di Jepang dalam bidang IT, bisa banget pilih salah satu universitas tersebut! Sudah menentukan mau pilih universitas mana?


Suka informasi tentang kampus-kampus di Jepang? Kepoin terus website www.kukchelanguages.com ya!


Follow media sosial kami

  • Kukche Languages
  • @kukchelanguages
  • Kukche Languages

Informasi Beasiswa:

  • Beasiswa_MEXT
  • Beasiswa_KGSP

Kukche Mitra Sukses CV.

Jl. Jend. A.Yani No.124 Kelurahan Tanah Sereal, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor 16151 Indonesia

Telp. 0251-8574880

©2021 Kukche Languages. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.