Cari

Kampus Jurusan Teknik Elektro di Jepang


Teknik elektro merupakan ilmu teknik yang mempelajari sifat-sifat elektron yang kita kenal sebagai listrik. Disini mahasiswa dapat mempelajari aplikasi dan pemanfaatan listrik dalam kehidupan sehari-hari, serta teknologi yang terkait. Cakupan pembelajaran teknik elektro pun sangat luas, mulai dari sumber pembangkit tenaga listrik, sistem jaringan distribusi, sampai pada pemanfaatannya oleh pengguna akhir. Teknik Elektro pun dipecah menjadi beberapa konsentrasi, seperti teknik elektronika, teknik listrik, teknik instrumentasi, sampai teknik komputer dan telekomunikasi.


Jepang sebagai salah satu yang memiliki perkembangan teknologi elektro yang bagus, hal ini disebabkan perkembangan teknologinya yang bagus. Hal ini pun mengantarkan mahasiswa untuk belajar disana karena mereka mengetahui bahwa teknik elektro sendiri memiliki peluang pekerjaan yang luas terutama di masa kini.


Artikel Kukche Languages ini akan memberitahumu beberapa universitas yang memiliki jurusan teknik elektro. Berikut ini adalah daftar universitas Jepang yang menyediakan jurusan teknik elektro yang dapat kita masukkan ke daftar jurusan yang akan diambil.


Shibaura Institute of Technology



Teknik Elektro di universitas ini pun mempelajari dua bidang khusus -bahan dan perangkat dan sirkuit pemrosesan informasi cerdas- sesuai dengan program pelatihan Japan Accreditation Board for Engineering Education (JABEE) yang berperan untuk mengembangkan kemampuan untuk menanggapi kemajuan berkelanjutan dalam elektronik sebagai industri dan perubahan masyarakat.


Di universitas ini kita dapat mempelajari teknologi pengukuran, sirkuit terintegrasi, perangkat lunak, sel surya, ultrasound, sirkuit elektronik, biosensor, dioda pemancar cahaya, komunikasi optik, serat optik, jaringan di mana-mana, komunikasi nirkabel, semikonduktor, lingkungan elektromagnetik, perangkat medis, digital penyiaran terestrial, nanoteknologi, teknologi lingkungan, IT hijau.


Teknik Elektro sendiri sangat penting dalam mendukung masyarakat kita saat ini dan penting untuk teknologi. Oleh karena itu, para lulusan secara proaktif dipekerjakan tidak hanya di industri manufaktur seperti listrik dan elektronik, mobil, kimia, dan permesinan saja, tetapi juga bekerja di industri infrastruktur sosial termasuk kereta api, komunikasi informasi, media, energi, dan konstruksi serta makanan / bidang terkait pertanian.


Waseda University



Jurusan teknik elektro di universitas ini berasal dari departemen kelistrikan dan elektronik dari Departemen Sains dan Teknik, Universitas Waseda. Siswa tahun pertama akan mengikuti ujian masuk dan tidak akan ditugaskan ke departemen mana pun pada saat mereka masuk universitas. Mahasiswa tahun pertama akan mengambil mata pelajaran seni liberal dan akademik umum yang berkaitan dengan sains dan teknik. Kelas ini bertujuan untuk memberikan bimbingan kepada siswa untuk memasuki departemen masing masing di tahun kedua mereka.


Saat memasuki departemen ini, siswa akan memiliki kesempatan untuk belajar tentang ilmu material, nanoelectronics, nanophotonics, dan system engineering. Siswa akan mengambil kelas yang dirancang untuk membantu mereka mencapai pemahaman dasar tentang elektronika, fotonik, dan teknik sistem agar siswa dapat memperoleh pemahaman dasar tentang sains dan teknik di tahun pertama dan kedua mereka, dan kemudian melanjutkan untuk menguasai kursus yang lebih terspesialisasi saat mereka berada di jenjang selanjutnya.


Selain itu, universitas ini juga menyediakan laboratorium yang memadai untuk memberikan siswa perspektif yang luas dan pemahaman tentang manufaktur. Pada tahun ketiga, siswa akan mengambil kelas lebih lanjut dalam ilmu material, elektronik, fotonik, dan teknik sistem. Pada tahun terakhir, siswa akan bergabung dengan salah satu laboratorium profesor mereka dan berpartisipasi dalam penelitian di sana sambil mengerjakan tesis.


Osaka University



Jurusan Teknik Elektro di universitas ini membina personel yang dapat menemukan tantangan sendiri dan menyelesaikannya, dengan memperkuat pengetahuan mereka melalui penciptaan kooperatif. Untuk tujuan ini, lima kursus berikut telah disiapkan untuk pendidikan dan penelitian seperti kelas Teknik Energi Listrik, Mikro dan Nano-elektronik, Desain Sirkuit, Sistem Komunikasi dan Robot Cerdas.


Disini juga, tidak hanya untuk lebih memperluas aplikasi maju teknologi elektronika tetapi juga untuk menciptakan teknologi masa depan melalui inovasi dalam teknologi yang diselenggarakan oleh tiga area reguler yang terdiri dari sepuluh laboratorium dan dua area kerja sama yang terdiri dari lima laboratorium, mengembangkan berbagai penelitian di atas yang mencakup dari skala atom hingga skala makroskopik menggunakan peralatan canggih dan menawarkan program pendidikan terkait dengan kurikulum yang dioptimalkan untuk bertujuan untuk menghasilkan peneliti atau insinyur yang memiliki pengetahuan akademis dasar dan keterampilan praktis yang umumnya dibutuhkan di bidang elektronik.


Adapun tujuan mereka sendiri adalah melahirkan ahli dalam penelitian elektronik, nanoteknologi, dan tenaga / energi listrik. Jurusan ini juga secara aktif berpartisipasi dalam kolaborasi industri-pemerintah-akademisi, dengan tujuan menyalurkan ke industri elektrik dan berusaha untuk membangun masyarakat yang aman dan terjamin, dan dunia yang makmur, sejahtera, berkelanjutan, dan ramah manusia serta menemukan solusi masalah lingkungan seperti pemanasan global, masalah pertumbuhan sosial yang berkelanjutan termasuk sumber daya energi, dan membangun masyarakat yang dapat menanggulangi masalah elektronik di bencana alam.


Kyoto University


Di Jurusan Teknik Elektro, pendidikan dan penelitian di bidang teknik kelistrikan difokuskan pada konsep dasar dan aplikasi teori elektromagnetik, teori rangkaian listrik, dan teori sistem. Bidang aplikasi meliputi pembangkitan, transmisi, dan transformasi energi listrik, fenomena super konduktor, simulasi skala besar, kontrol dan pengukuran otomatis, dan sistem biologis.


Pembelajaran di universitas ini bertujuan untuk mengintegrasikan dan menggabungkan pencapaian akademis berdasarkan pandangan luas tentang masa depan disiplin ilmu yang berhubungan dengan listrik dan elektronik. Selain itu, universitas ini bekerja untuk menciptakan pusat penelitian dan pendidikan untuk teknologi listrik dan elektronik dasar dengan secara aktif menampung peneliti asing berbakat dan berinvestasi dalam upaya untuk melatih para peneliti dan insinyur berkemampuan tinggi dengan perspektif internasional yang luar biasa.


Selain itu, Teknik Elektro melakukan penelitian teori tentang teori medan elektromagnetik, teori rangkaian listrik, dan teori sistem dan kendali, serta penelitian eksperimental yang berkaitan dengan prinsip dasar dan aplikasi disiplin ilmu tersebut. Lebih khusus lagi, jurusan ini terlibat dalam studi berikut seperti simulasi medan elektromagnetik yang cepat dan akurat dan analisis fenomena lonjakan petir menggunakan komputasi paralel, rekayasa tegangan tinggi dan masalah lingkungan elektromagnetik; desain sirkuit mikroelektronika; pembangkitan, transmisi, dan konversi energi listrik serta pemanfaatannya secara efektif; berbagai aplikasi fenomena superkonduktivitas; komputasi dan simulasi skala besar; kontrol otomatis; pengukuran; sistem manusia-mesin. Mereka juga terlibat dalam pendidikan dan penelitian tentang teknologi rekayasa canggih untuk membuat perangkat keras yang berfungsi sebagai dasar elektronik.


Itulah beberapa universitas di Jepang yang memiliki jurusan Teknik Elektro. Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di Jepang dalam bidang teknik elektro, bisa banget pilih salah satu universitas tersebut! Sudah menentukan mau pilih universitas mana?


Suka informasi tentang kampus-kampus di Jepang? Kepoin terus website www.kukchelanguages.com ya!



Follow media sosial kami

  • Kukche Languages
  • @kukchelanguages
  • Kukche Languages

Informasi Beasiswa:

  • Beasiswa_MEXT
  • Beasiswa_KGSP

Kukche Mitra Sukses CV.

Jl. Jend. A.Yani No.124 Kelurahan Tanah Sereal, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor 16151 Indonesia

Telp. 0251-8574880

©2021 Kukche Languages. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.