Cari

Kampus Jurusan Sastra Jepang di Jepang



Seiring dengan perkembangan zaman, banyak budaya Jepang yang masuk akibat globalisasi, tak terkecuali budaya Jepang serta karya sastra dari penulis Jepang juga tanpa disadari kamu bisa lihat dalam kehidupan sehari. Selain kekayaan dari segi bahasa dan sastra, negara ini juga memiliki beragam kebudayaan yang kita kenal baik seperti matsuri yaitu festival, ikebana yaitu seni merangkai bunga. Hal ini menarik perhatian sehingga ingin mempelajari budaya Jepang secara lebih mendalam.


Di dalam jurusan sastra jepang kamu dapat mempelajari secara garis besar tiga bidang peminatan, yaitu sastra, bahasa, dan juga budaya negara Jepang. Adapun mata kuliah yang akan dipelajari selama kuliah di jurusan ini adalah: Shokyuu Choukai (listening), Nihonjijo (budaya), Bijinesu Kaiwa (bisnis percakapan), Nihonshi (sejarah), Shokyuu Bunpou, Shokyuu Kanji, Shokyuu Kaiwa, Nihongogaku (sastra), Jitsuyou Tsuuyaku dan masih banyak lagi.


Nah ternyata di Jepang sendiri juga memiliki jurusan yang dapat kamu jadikan pilihan untuk melanjutkan Pendidikan ke dunia sastra Jepang. Pada artikel Kukche Languages ini, kamu bisa mengetahui universitas di Jepang mana saja yang memiliki jurusan sastra Jepang! Berikut ini adalah daftar universitas yang memiliki jurusan sastra Jepang.


Tsukuba University


Universitas Tsukuba didirikan pada tahun 1973, merupakan relokasi universitas pendahulunya yaitu Universitas Pendidikan Tokyo. Kampus utama universitas ini memiliki 258 hektar dan terletak di daerah Tsukuba, sebuah yang dikembangkan pada tahun 1960-an. Universitas Tsukuba juga memiliki kampus di Tokyo, yang menawarkan kursus malam untuk tingkat pascasarjana. Selain itu universitas ini memiliki slogan yaitu “Imagine the future”.


Sastra Jepang di Universitas ini terletak di Literature and Linguistics Departement, Disini kamu dapat belajar bagaimana studi dan pendidikan sastra Jepang baik klasik dan modern melalui analisis karya individu, studi banding sastra Jepang klasik dan modern, serta pemeriksaan pandangan interdisipliner. Selain itu disini kamu dapat mempelajari sastra Jepang dari berbagai yaitu Comparative Literature in Ancient China and Japan, Pre-Medieval Japanese Literature, Classical Japanese Literature dan Modern Japanese Literature.


Saat ini, Universitas Tsukuba juga memiliki perpustakaan yang sangat baik yang menyimpan banyak buku berharga sastra Jepang klasik, modern dan kontemporer termasuk buku sumber sastra Jepang klasik untuk menunjang belajar. Tak hanya itu, universitas ini juga penelitian yang diterbitkan setiap tahun di jurnal akademik dalam dan luar negeri serta buletin universitas yang menunjang kuliah maupun penelitian.


Doshisha University



Universitas Doshisha di Jepang didirikan pada tahun 1875 dan awalnya bernama Doshisha English School. Doshisha memiliki 14 fakultas dan beberapa sekolah pascasarjana yang menawarkan berbagai program.

Beberapa jurusan diajarkan dalam bahasa Inggris, dan juga program bahasa Jepang yang dimaksudkan untuk memudahkan siswa internasional untuk tertarik masuk ke universitas ini. Selain itu, Universitas Doshisha juga menyediakan sejumlah program penelitian yang menarik untuk diikuti oleh mahasiswa, dan selama bertahun-tahun telah menghasilkan banyak alumni yang berkualitas.


Jurusan sastra Jepang sendiri terletak di Faculty of Letters, Jurusan ini bertujuan untuk mengembangkan kesadaran dan perspektif internasional siswa melalui studi sastra dan bahasa Jepang. Untuk mencapai hal ini, mereka menggunakan metode studi empiris ortodoks, di mana menggali data informasi melalui bahasa dan sastra yang ditulis di zaman kuno hingga kontemporer, sambil menggunakan teknologi elektronik yang mereka miliki


Osaka University



Universitas Osaka didirikan pada tahun 1931 sebagai salah satu universitas Jepang yang didirikan melalui permintaan yang kuat dari kalangan politik dan bisnis di Osaka, serta masyarakat Kota dan Prefektur Osaka. Universitas ini menjadi universitas yang komprehensif dengan School of Foreign Studies-nya sendiri yang memiliki 11 sekolah sarjana, 16 sekolah pascasarjana, dan 6 lembaga penelitian terafiliasi yang unggul di bidang humaniora dan ilmu sosial, kedokteran, kedokteran gigi, farmasi, sains, dan teknik, Universitas ini memiliki motto yaitu “Live Locally, Grow Globally.”


Program Sastra Jepang di universitas ini menawarkan pendidikan yang mencakup semua dalam sastra Jepang, dari kuno hingga abad pertengahan dan modern awal serta modern dan kontemporer. Jurusan ini melibatkan penelitian rinci dari masing-masing karya penulis yang berbeda dan tren budaya yang berlaku di era yang berbeda. Selain itu, mereka juga secara rutin menerima dosen tamu dari luar.


Kemudian, disini kamu juga mempelajari pengetahuan mendalam tentang budaya dan bahasa (termasuk perkembangan sejarah) tentang Jepang. Mahasiswa di jurusan ini memiliki kesempatan untuk belajar bagaimana berpikir dengan cara yang akan memberi mereka landasan intelektual yang kuat untuk masa depan.


Tak hanya itu, universitas ini memiliki beberapa perkumpulan aktif: The Osaka University Society of Japanese Language and Literature,, yang merilis jurnal dua tahunan Gobun; the Osaka University Society of Ancient and Medieval Japanese Literature, yang mengadakan pertemuan presentasi penelitian bulanan dan menerbitkan jurnal Shirin dua kali setahun dan Osaka University Society of Modern Japanese Literature, yang menerbitkan jurnal Handai Kindai Bungaku Kenkyu. Sementara itu, Society of Kamigata Literature Research bekerja sama dengan peneliti di luar universitas untuk menerbitkan Kamigata Bungei Kenkyu.


Waseda University



Universitas Waseda adalah universitas yang awalnya didirikan sebagai Tokyo Senmon Gakko (Tokyo College) pada bulan Oktober 1882. Universitas ini secara resmi dikenal sebagai Waseda Daigaku (Universitas Waseda) pada tahun 1902. Ini dimulai sebagai perguruan tinggi bagi Ilmu Politik, Hukum, Bahasa Inggris dan Ilmu Fisika dan sejak itu berkembang menjadi 13 sekolah studi Sarjana dan 24 sekolah Pascasarjana. Universitas ini berlokasi di Shinjuku, Tokyo.


Jurusan Bahasa dan Sastra Jepang di universitas ini bertujuan untuk melatih siswa untuk memiliki pengetahuan bahasa dan sastra Jepang tingkat tinggi. Untuk mencapai tujuan ini, Jurusan menawarkan berbagai mata kuliah untuk bahasa dan sastra Jepang meliputi Periode Jodai, Periode Chuko, abad pertengahan, periode modern dan kontemporer dan kursus pengajaran bahasa Jepang bagi siswa internasional. Untuk melengkapi pembelajaran ini, universitas menawarkan mata kuliah sastra Tiongkok klasik yang merupakan dasar dari sastra Jepang.


Lulusan dari universitas ini bekerja dalam berbagai karir yang berbeda, termasuk sebagai guru, pustakawan dan kurator museum, serta berbagai peran berbeda dalam industri, termasuk media massa, seperti surat kabar, penyiar dan penerbitan. rumah. Mahasiswa juga banyak menjadi peneliti dan spesialis dan melanjutkan untuk belajar di sekolah pascasarjana Universitas Waseda.


Itulah beberapa universitas di Jepang yang memiliki jurusan sastra Jepang. Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di Jepang dalam bidang sastra Jepang, bisa banget pilih salah satu universitas tersebut! Kapan lagi bisa belajar sastra Jepang di negara asal Bahasa tersebut? Sudah menentukan mau pilih universitas mana?


Suka informasi tentang kampus-kampus di Jepang? Kepoin terus website www.kukchelanguages.com ya!



Follow media sosial kami

  • Kukche Languages
  • @kukchelanguages
  • Kukche Languages

Informasi Beasiswa:

  • Beasiswa_MEXT
  • Beasiswa_KGSP

Kukche Mitra Sukses CV.

Jl. Jend. A.Yani No.124 Kelurahan Tanah Sereal, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor 16151 Indonesia

Telp. 0251-8574880

©2021 Kukche Languages. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.