Cari

Kampus Jurusan Kedokteran Hewan di Jepang



Di zaman sekarang kedokteran hewan tetap menjadi incaran bagi mahasiswa yang sangat menginginkan masuk ke dalam kedokteran hewan. Di kedokteran hewan kamu akan mempelajari bagaimana menangani berbagai permasalahan terkait kesehatan hewan mulai dari hewan peliharaan, hewan ternak, hingga hewan liar. Peluang pekerjaan pun beragam karena kamu dapat menjadi dokter hewan, pemilik petshop atau klinik hewan maupun menjadi dosen, selain itu biaya yang dikeluarkan selama kuliah di kedokteran hewan juga membuat orang mulai melirik jurusan ini.


Kita tahu sendiri bahwa jumlah dokter hewan di Indonesia masih mengalami kekurangan akibat terbatasnya teknologi yang dimiliki padahal peranan mereka sangat dibutuhkan sekarang. Jepang sebagai negara yang memiliki teknologi di bidang kedokteran ternyata memiliki sejumlah universitas yang memiliki jurusan kedokteran hewan lho! Kalau begitu mari kita simak universitas mana saja yang menyediakan jurusan kedokteran hewan di artikel Kukche Languages ini!


Hokkaido University


Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Hokkaido bertujuan untuk membina dokter hewan yang dapat memenuhi beragam kebutuhan sosial untuk kedokteran hewan - kebutuhan yang melampaui diagnosis, pengobatan, dan pencegahan penyakit hewan hingga pasokan produk hewan yang aman, kontribusi untuk pengembangan obat dan biokimia, perlindungan dan pengelolaan satwa liar, dan pengendalian penyakit zoonosis - berbasis kedokteran hewan sebagai ilmu pengetahuan alam yang bertanggung jawab atas seluruh kehidupan hewan di muka bumi.


Disini kamu akan mempelajari pengetahuan yang komprehensif untuk menyelesaikan berbagai masalah global yang berkaitan dengan kedokteran hewan. Selain itu, siswa didorong untuk mengembangkan kemanusiaan yang kaya dan nilai-nilai moral yang tinggi yang dibutuhkan oleh dokter hewan dan peneliti, yang akan memainkan peran sentral dalam mempromosikan hubungan yang harmonis antara hewan dan manusia.

Program ini juga memungkinkan mahasiswa dari institusi untuk berpartisipasi dalam seminar dan pelatihan praktis yang ditawarkan di kampus yang berbeda dan untuk berpartisipasi dalam kelas jarak jauh interaktif menggunakan teknologi.


Selain itu mereka memiliki rumah sakit tersendiri yaitu The Veterinary Teaching Hospital didirikan sebagai Rumah Sakit Ternak pada tahun 1912, dan sejak itu memainkan peran utama dalam peternakan sapi perah dan perawatan medis ternak di Jepang. Sebagai rumah sakit utama di kawasan Hokkaido. Rumah Sakit Pendidikan Hewan telah dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan hewan. Sebagai rumah sakit pendidikan, tidak hanya digunakan untuk pendidikan klinis mahasiswa, tetapi juga sebagai tempat pendidikan lanjutan untuk praktek dokter hewan serta pelatihan dokter hewan dari luar negeri. Selain itu, juga sebagai pusat penelitian klinis di berbagai bidang, seperti pengembangan teknik diagnostik dengan modalitas pencitraan canggih, analisis genetik untuk gen penyakit, menjelaskan patogenesis penyakit, dan mengembangkan terapi baru bagi hewan.


Nippon Veterinary and Life Science University


Universitas ini merupakan universitas khususnya untuk pendidikan kedokteran hewan. Pendidikan di universitas ini ibagi dua yaitu veterinary medicine dan veterinary nursing dan technology. Jurusan Veterinary Medicine didirikan pada tahun 1881 sebagai sekolah kedokteran hewan swasta pertama di Jepang.


Pendidikan yang diberikan di sekolah ini tidak hanya mencakup pengetahuan dan teknologi, seperti perawatan medis dan pengendalian sanitasi hewan, pertahanan terhadap penyakit zoonosis, dan kesehatan masyarakat dalam masyarakat manusia seperti kebersihan makanan dan manajemen lingkungan, yang berguna di berbagai bidang kedokteran hewan, tetapi juga pelatihan dokter hewan yang dapat menjawab kebutuhan masyarakat dan beradaptasi dengan bidang kedokteran tingkat lanjut yang memerlukan spesialisasi tingkat tinggi, seperti biologi molekuler dan rekayasa genetika.


Melalui kurikulum yang mencakup segala hal mulai dari dasar-dasar hingga penerapan klinis, sekolah ini mengembangkan keterampilan praktis yang memungkinkan penggunaan tindakan yang tepat dalam situasi yang membutuhkan keterampilan kedokteran hewan secara umum.


Sedangkan jurusan Veterinary Nursing and Technology didirikan dengan tujuan untuk melatih dan membina spesialis tingkat lanjut di bidang kesehatan dan keperawatan veteriner.Jurusan ini tidak hanya membina sumber daya manusia yang signifikan sebagai asisten kedokteran hewan dan perawatan hewan, di mana kecenderungan ke arah globalisasi semakin kuat, tetapi juga memiliki tujuan untuk membina spesialis di berbagai bidang terkait hewan, termasuk mereka yang memiliki pengetahuan lanjutan tentang satwa liar, manajemen dan pemeliharaan lingkungan global, mereka yang memahami penyakit zoonosis dan dapat berkontribusi pada praktik kebersihan hewan dan kesehatan masyarakat.



Tokyo University



Kedokteran hewan di Universitas Tokyo mencakup bidang ilmu kehidupan yang luas, tidak hanya kedokteran untuk hewan tetapi juga biologi mamalia dan vertebrata yang lebih tinggi. Di Departemen Kedokteran Hewan, penelitian paling maju sedang dilakukan pada molekuler, seluler untuk memahami sepenuhnya proses vital hewan normal dan yang sakit. Ilmu kedokteran hewan memiliki dua aspek ilmu: ilmu dasar untuk memahami mekanisme yang mendasari fenomena biologi, dan ilmu terapan untuk memenuhi tuntutan sosial untuk pemeliharaan dan peningkatan kesejahteraan manusia dan produktivitas hewan peliharaan.


Departemen ini bekerja sama dengan pusat kesehatan hewan yang terletak di kampus Yayoi. Pusat ini difasilitasi dengan peralatan medis terkini dan tercanggih, serta berperan penting sebagai rumah sakit hewan terdepan di bidang ini.


Selain itu mereka memiliki klinik hewan yaitu Veterinary Medical Center(VMC: sebelumnya bernama Veterinary Hospital) yang didirikan pada tahun 1880 dan bergerak dalam bidang pendidikan dan penelitian tentang kedokteran hewan klinis. VMC memainkan peran penting dalam mendidik mahasiswa sarjana.


Mereka menerima berbagai praktik klinis oleh staf akademik VMC dan pendidikan di samping tempat tidur melalui rotasi klinis. Selain itu, penelitian mahasiswa pascasarjana milik laboratorium klinis memanfaatkan berbagai informasi penyakit sesuai bidangnya. Penelitian yang dilakukan di VMC saat ini adalah penyakit neoplastik, berbagai penyakit yang dimediasi oleh imun, penyakit saraf, penyakit keturunan, anestesi, analgesia, dan penyakit ortopedi yang dapat menghasilkan teknik dan obat baru yang berguna untuk kedokteran manusia dan hewan.


Iwate University


Universitas Iwate adalah universitas nasional di Morioka, Jepang. Ini memiliki yayasan yang berasal dari tahun 1876, Ada beberapa museum yang dimiliki kampus iniseperti Museum Sejarah Pendidikan Pertanian serta Museum Universitas yang lebih umum.


Ada sejumlah acara yang diadakan oleh universitas ini yang meliputi annual garden party, di mana siswa menyajikan hidangan khas etnis dari negara asal mereka masing masing, karya wisata internasional selama liburan musim panas serta kesempatan untuk mengikuti kursus ski selama liburan musim dingin. Universitas ini juga menyelenggarakan English Camp dan Global English Camp setiap tahun yang diselenggarakan melalui kemah bersama.


Di jurusan kedokteran hewan universitas ini kamu akan mempelajari segala pembelajaran yang bertujuan untuk membangun membina para profesional dan peneliti yang sangat terspesialisasi di bidang kedokteran hewan, dengan pendidikan progresif dan sistematis yang menghubungkan pendidikan sarjana dan pascasarjana, dan kurikulum kooperatif berdasarkan filosofi "Contributing to the health and welfare of humans and animals" -dari Iwate University yang bekerja sama dengan Departemen Koperasi Kedokteran Hewan Universitas Pertanian dan Teknologi Tokyo, dan untuk tumbuh sebagai pusat pendidikan dan penelitian tingkat tinggi kedokteran hewan.


Universitas ini membina dokter kedokteran hewan yang dapat menangani tuntutan sosial yang meliputi masalah dalam kesehatan hewan. Melalui adanya pendirian jurusan kedokteran hewan di universitas ini juga, diharapkan untuk memberikan lulusan yang dapat memberikan kontribusi kepada masyarakat lokal dalam hal keselamatan dan keamanan, serta kesehatan baik hewan maupun masyarakat.


Itulah beberapa universitas di Jepang yang memiliki jurusan kedokteran hewan. Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di Jepang dalam bidang kedokteran hewan, bisa banget pilih salah satu universitas tersebut! Sudah menentukan mau pilih universitas mana?


Suka informasi tentang kampus-kampus di Jepang? Kepoin terus website www.kukchelanguages.com ya!


Follow media sosial kami

  • Kukche Languages
  • @kukchelanguages
  • Kukche Languages

Informasi Beasiswa:

  • Beasiswa_MEXT
  • Beasiswa_KGSP

Kukche Mitra Sukses CV.

Jl. Jend. A.Yani No.124 Kelurahan Tanah Sereal, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor 16151 Indonesia

Telp. 0251-8574880

©2021 Kukche Languages. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.