Cari

Kampus Jurusan Desain Interior di Jepang



Jepang dikenal sebagai salah satu destinasi desain interior karena mereka berhasil memadukan keindahan alam dengan kemajuan teknologi. Selain itu ditambah dengan kehadiran desainer terkenal seperti Aoyama Nomura dan Arata Isozaki juga produk barang seperti MUJI juga membuat beberapa orang tertarik untuk mengetahui seperti apa rasanya kuliah desain interior di Jepang.


Pada artikel Kukche Languages ini akan dijelaskan beberapa universitas di Jepang yang memiliki jurusan desain interior. Berikut ini adalah daftar universitas yang menyediakan jurusan desain interior di Jepang yang bisa dimasukan kedalam daftar universitas tujuan kuliah.


Kyoto Seika University


Di universitas ini, desain interior masuk kedalam Design Faculty, lebih tepatnya ke dalam Design Product Departemen. Disini kamu akan belajar bagaimana memikirkan tentang desain dengan hubungannya dengan masyarakat dalam hal interior, furniture, pernak-pernik, atau editorial.


Di tahun pertama, mahasiswa mempelajari dasar-dasar bentuk dan desain dua dan tiga dimensi, selain itu mereka akan berkunjung ke pabrik kertas untuk mempelajari serta menggunakan kertas dengan baik.


Di tahun kedua, mahasiswa akan mempelajari bagaimana desain interior secara outdoor melalui keindahan di seluruh penjuru kota Kyoto yang memiliki perpaduan antara budaya tradisional dan modern.


Di tahun ketiga mahasiswa dapat mengeksplorasi kemampuan mereka memilih beberapa kelas tergantung pada minat dan keinginan mereka sendiri, selain itu mereka akan mempelajari editorial dan portofolio untuk karir mereka kedepannya.


Di tahun terakhir, mahasiswa akan menampilkan hasil pembelajaran mereka melalui seminar karya mereka sendiri.


Musashino Art University


Di universitas ini jurusan desain interior termasuk ke dalam departemen Desain Industri, Interior dan Kerajinan. Jurusan ini menawarkan studi mendalam tentang desain semua objek yang membentuk lingkungan kamu sehari-hari, dan dengan meneliti hubungan antara orang dan benda, mengeksplorasi visi baru untuk hidup. Departemen ini pun terpecah lagi menjadi tiga program jurusan yaitu Craft Design, Industrial Design dan Interior Design.


Craft Design lebih berfokus pada objek dan peralatan yang berhubungan dengan makanan, pakaian, dan tempat tinggal. Sedangkan Industrial Design lebih berfokus pada pengembangan berbagai produk industri dari peralatan rumah tangga hingga kendaraan bermotor dan gerbong kereta api. Interior Design berfokus pada ruang hidup dan komersial, elemen termasuk furnitur dan pencahayaan yang membentuknya, dan mendefinisikan serta menciptakan lingkungan manusia yang lebih baik lagi


Kobe Design University



Jurusan desain interior di universitas yang terletak di kota Kobe ini termasuk ke dalam departemen product dan interior design. Di dalam departemen ini juga memiliki tiga jurusan yang berfokus pada manufaktur maupun desain yang meningkatkan pengetahuan kamu pada jurusan desain yang kamu alami selama 4 tahun.

Di Universal Design Course kamu akan belajar bagaimana terciptanya masyarakat dapat menjalani kehidupan yang nyaman yaitu dengan mempelajari berbagai konsep desain yang dimiliki oleh semua bidang, dengan fokus utama pada desain universal yang mengambil pendekatan berorientasi pengguna.


Sedangkan di Interior, Furniture and Woodworks Course, kamu akan belajar tentang perencanaan interior untuk perumahan dan fasilitas komersial, serta kemungkinan desain furniture dan peralatan pencahayaan, dan desain tampilan suatu barang interior.


Kemudian di Product and Car Design Course, kamu mempelajari dan mengerjakan desain berbagai produk di sekamur kamu, termasuk alat tulis, mainan, peralatan makan, alat olahraga, dan produk industri seperti perawatan dan elektronik rumah tangga.


ICS College of Art



ICS College of art adalah universitas pertama di Jepang yang memiliki spesialisasi dalam desain interior. Terbagi jadi dua departemen yaitu interior architecture design dan interior decoration design. ICS didirikan pada tahun 1963 oleh arsitek yang dipimpin oleh Takeo Amito dan Junpei Nakamura sebagai 'Interior Center School', yaitu sekolah kejuruan pertama yang berspesialisasi dalam desain interior. Dan pada tahun 1994 mereka pun mengganti namanya menjadi nama saat ini yaitu 'ICS College of Arts', dan berkembang secara internasional melalui kemitraan dengan universitas di luar negeri seperti Inggris. Alhasil, seluruh mahasiswa dari seluruh dunia pun datang untuk belajar di ICS, dan menjadi salah satu ciri ICS karena memiliki keanekaragaman dari siswa internasional yang mereka miliki.


ICS dilengkapi dengan professional workshop yang mereka miliki. Disini mereka dapat melakukan pembuatan skala penuh desain interior yang dilakukan di lapangan sebenarnya. Selain itu juga terdapat pelatihan praktek meliputi pabrikasi furniture, konstruksi struktur rangka kayu, pekerjaan finishing lantai dan plesteran, serta pemasangan peralatan penerangan.


Workshop ini sangat penting bagi siswa yang bercita-cita menjadi pengrajin dan desainer karena menurut mereka sebuah desain bisa menjadi megah tetapi tidak akan berarti apa-apa jika tidak dapat direalisasikan menjadi bentuk yang dibangun. Kamu didorong untuk menggunakan tangan dan tubuh serta otak untuk menghasilkan proposal maupun hasil desain yang kreatif dan realistis.


Itulah beberapa universitas di Jepang yang memiliki jurusan desain interior. Bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di Jepang dalam bidang desain interior, bisa banget pilih salah satu universitas tersebut! Sudah menentukan mau pilih universitas mana?


Suka informasi tentang kampus-kampus di Jepang? Kepoin terus website www.kukchelanguages.com ya!


Follow media sosial kami

  • Kukche Languages
  • @kukchelanguages
  • Kukche Languages

Informasi Beasiswa:

  • Beasiswa_MEXT
  • Beasiswa_KGSP

Kukche Mitra Sukses CV.

Jl. Jend. A.Yani No.124 Kelurahan Tanah Sereal, Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor 16151 Indonesia

Telp. 0251-8574880

©2021 Kukche Languages. Hak Cipta Dilindungi Undang-Undang.