top of page
Cari

Apa Saja Hal yang Dilakukan Saat Perayaan Hari Anak di Korea?

Sama seperti Indonesia, Korea Selatan juga memiliki Hari Anak Nasional. Bedanya, di Indonesia Hari Anak diperingati setiap tanggal 23 Juli. Sementara di Korea Selatan diperingati setiap tanggal 5 Mei. Di Korea Selatan, Hari Anak menjadi hari libur nasional atau tanggal merah.


Bagaimana sejarah dari Hari Anak di Korea?

Hari Anak di Korea berasal dari tahun 1920-an. Pada saat itu, para siswa ingin meningkatkan status sosial mereka. Salah satu pendukung utama dari gerakan tersebut adalah penulis anak-anak Dr. Bang Jung-Hwan, yang mulai menggunakan kata 어린이 (eorini) untuk anak-anak.

Hari Anak awalnya ditetapkan pada tanggal 1 Mei, tetapi karena bersamaan dengan Hari Buruh, maka dipindahkan ke 5 Mei. Hari itu menjadi hari libur resmi nasional pada tahun 1970-an. Warga Korea telah menikmati hari libur setiap tanggal 5 Mei sejak saat itu.

Tiga hari setelah Hari Anak, pada 8 Mei, adalah ‘Hari Orang Tua’. Namun, hari ini bukanlah hari libur nasional. Secara tradisi, anak-anak akan memberikan bunga atau hadiah kecil untuk orang tua mereka.


Apa saja hal yang dilakukan saat Hari Anak?


Walaupun pada hari biasa orang tua sangat sibuk dan sedikit waktu untuk anak, tetapi pada hari anak semua orang tua biasanya meluangkan waktunya untuk berkegiatan bersama anak-anak mereka. Karena Hari Anak jatuh pada bulan Mei, sehingga cuaca yang hangat akan mendukung untuk melakukan kegiatan di luar ruangan. Orang tua akan sering membawa anak-anak mereka ke suatu tempat yang istimewa seperti taman hiburan (Lotte World dan Everland) dan kebun binatang.



Kegiatan populer lainnya yang biasa dilakukan saat Hari Anak adalah piknik. Disepanjang Sungai Han akan ramai dengan keluarga saat tanggal 5 Mei. Mereka biasanya akan mendirikan tenda kecil sehingga dapat beristirahat dan menikmati makanan ringan sementara anak-anak dapat bermain layang-layang atau naik sepeda.


Di Korea, Hari Anak dianggap menjadi simbol rasa hormat kepada anak-anak untuk dicintai dan diperhatikan dan juga sebagai rasa hormat kepada orang tua yang telah membesarkan dan merawat anak mereka dengan baik.






28 tampilan0 komentar
bottom of page